10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer

Advertisement
10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer - Jawa Timur adalah provinsi terluas yang ada di pulau Jawa, yang didalamnya menyimpan banyak kekayaan alam menarik. Tak jarang provinsi Jawa Timur ini sering dijadikan lokasi untuk berlibur setelah Yogyakarta. Terdapat banyak objek wisata alam dan juga buatan di provinsi ini yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ulasan yang membahas tentang beberapa obyek wisata paling populer di Jawa Timur.

1. Gunung Bromo di Malang
Gunung Bromo di Malang
Gunung Bromo di Malang
Tempat wisata yang satu ini tentu tak asing bagi Anda, terlebih bagi Anda yang gemar traveling. Ya, Gunung Bromo. Apabila berkunjung ke beberapa obyek wisata Jawa timur tetapi wisata Bromo tak Anda kunjungi rasanya kurang lengkap. Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten, yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Keeksotikan Gunung Bromo sudah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk bisa mencapai Gunung Bromo rute yang Anda ambil bisa dari Malang, Pasuruan ataupun Probolinggo. Di lokasi wisata ini Anda bisa menghabiskan waktu Anda untuk menikmati sunrise, keindahan kawah Bromo serta menjelajah pasir berbisik.

Baca juga: 14 Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur dan Sekitarnya

2. Kawah Ijen di Bondowoso
Kawah Ijen di Bondowoso
Kawah Ijen di Bondowoso
Kawah Ijen berada di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yakni tepatnya di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Wisata alam di Jawa Timur ini merupakan kawah asam yang paling besar di dunia dengan memiliki dinding kaldera setinggi 500 meter dan luas kawah mencapai 5,466 ha. Kawah Ijen ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting untuk salah satu film layar lebar Indonesia.

Keindahan Kawah Ijen tersohor hingga ke mancanegara. Pada waktu pagi hari, pemandangan di tempat ini sangat menakjubkan. Anda bisa melihat paduan antara sinar matahari berwarna orange dan warna kawah yang berwarna hijau toska nan teduh. Sedangkan saat dini hari, Anda bisa menyaksikan fenomena alam blue fire yang sangat menakjubkan. Tapi untuk menikmati keindahan dari kawah Ijen ini, terlebih dahulu Anda harus melakukan pendakian ke Gunung Ijen jadi jangan lupa untuk mempersiapkan bekal dan stamina.

Baca juga: Kawah Ijen - Wisata Jawa Timur yang Terkenal

3. Pantai Papuma di Jember
Pantai Papuma di Jember
Pantai Papuma di Jember
Pantai Papuma dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma dikarenakan posisi daratannya menjorok ke arah laut yang menyerupai tanjung. Pantai ini terletak di Ds. Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

Pantai Papuma juga mempunyai pemandangan yang begitu indah. Perpaduan pasir putih dan batu karang yang menyebar di tepian pantai menambah keindahan pantai ini, yang merupakan ciri khas Pantai Papuma sendiri adalah 7 karang berukuran besar menjulang di pantai. Ukuran yang cukup besar dari karang ini membuat tampilannya menyerupai sebuah pulau.

Baca juga: Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat

4. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura berada di kabupaten Probolinggo dan termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Jadi jika Anda memutuskan untuk pergi ke Gunung Bromo, sebaiknya mampir dahulu untuk melihat keindahan air terjun yang satu ini.

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa dan sekaligus air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura. Anda akan melihat dinding yang luar biasa tinggi (200 meter) dengan lumut-lumut hijau yang mengelilingi air terjun ini sehingga membuatnya semakin memukau. Terdapat sebuah gua yang ada di sekitar air terjun ini. Konon katanya. gua ini dahulunya dijadikan tempat meditasi Patih Gajahmada.

5. Ranu Kumbolo di Malang
Ranu Kumbolo di Malang
Ranu Kumbolo di Malang
Ranu Kumbolo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yakni tepatnya di antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Nah, bagi Anda yang ingin melihat keindahan Ranu Kumbolo, Anda harus menyiapkan kondisi fisik yang prima. Setidaknya melakukan jogging dan olahraga ringan satu minggu sebelum keberangkatan, karena untuk mencapai danau ini, Anda harus trekking selama 4-5 jam.

Tidak perlu kuatir akan bosan selama perjalanan karena saat perjalanan menuju Ranu Kumbolo akan disuguhi pemandangan batuan terjal, bukit yang banyak ditumbuhi pohon pinus dan cemara, juga pemandangan kepulan asap tebal Gunung Semeru. Di danau ini, Anda dilarang mandi, berenang, ataupun buang air karena airnya super jernih dan bisa langsung diminum.

6. Taman Nasional Baluran di Situbondo
Taman Nasional Baluran di Situbondo
Taman Nasional Baluran di Situbondo
Taman Nasional Baluran berada di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo yakni tepatnya di Banyuwangi sebelah utara. Taman Nasional Baluran ini aalah padang savana terluas yang ada di pulau Jawa dengan memiliki beragam spesies hewan dan tumbuhan. Ya, berkunjung ke tempat ini membuat Anda seoalah sedang berada di Afrika. Oleh karena itu, Taman Nasional ini juga sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.

Di tempat wisata alam di Jawa Timur yang satu ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan kawanan hewan yang hidup secara lepas seperti di Afrika dan pemandangan tumbuhan yakni sekitar 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Menarik

7. Pulau Sempu di Malang
Pulau Sempu di Malang
Pulau Sempu di Malang
Pulau Sempu merupakan sebuah pulau kecil yang keberadaannya masih dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru yaitu terletak di Desa Tambakrejo, Kab. Malang. Pulau Sempu ini juga merupakan cagar alam yang mempunyai beragam ekosistem seperti hutan bakau, hutan pantai dan hutan tropis di dataran rendah. Pulau Sempu ini semakin istimewa karena adanya Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau tersebut.

Untuk bisa mencapai Segara Anakan ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan trekking selama 2 jam yang akan melewati hutan dan jalan yang curam. Air di sini sangatlah tenang, jadi Anda bisa melakukan berenang atau camping bersama teman-teman. Yang perlu diingat karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, sebaiknya selalu menjaga dan melestarikan dengan tidak mencemari lingkungan disini dengan membuang sampah sembarangan atau merusak ekosistemnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Terfavorit di Malang

8. Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Ciri-ciri Pantai Pulau Merah ini seperti kebanyakan yang ada di pantai Brazil. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, sehingga cocok untuk kegiatan berselancar.

Selain bisa melihat pemandangan sunset yang indah, Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar kelas dunia di Pulau Jawa. Ombak yang mencapai 4 sampai 5 meter tentu sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Selain berselancar di atas gulungan ombak, Anda juga bisa bersantai menikimati indahnya pemandangan alam pegunungan yang hijau dan hawa yang sejuk.

Baca juga: Pesona Pantai Pulau Merah Banyuwangi

9. Pantai Klayar di Pacitan
Pantai Klayar di Pacitan
Pantai Klayar di Pacitan
Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo. Salah satu tempat wisata alam di Jawa Timur ini terbilang masih alami, sehingga jalanan untuk menuju pantai ini cukup sulit. Ya, Pantai Klayar ini adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keistimewaan yang ada pada Pantai Klayar selain pasirnya yang seputih susu juga terdapat batu karang yang berbentuk mirip Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian sekitar 10 meter. Bebatuan karang yang terdapat di Pantai Klayar ini juga seringkali disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.

Baca juga: Pantai Klayar di Pacitan yang Eksotik

10. Songa Rafting di Probolinggo
Songa Rafting di Probolinggo
Songa Rafting di Probolinggo
Suka dengan kegiatan yang memicu adrenalin? Anda bisa mengunjungi Songa Rafting di Probolinggo, Jawa Timur tepatnya di Jln Krajan Condong, Wangkal, Gending.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Probolinggo yang Terkenal

Sungai yang digunakan untuk kegiatan rafting adalah Sungai Pekalen. Disana akan ada 2 paket wisata rafting yang bisa Anda pilih, yaitu rafting di Songa Atas dan rafting di Songa Bawah. Selama mengikuti trip Songa Atas, selama kurang lebih 2 jam Anda akan menikmati keindahan hutan tropis, dengan udara yang sejuk dan juga beberapa fenomena alam seperti air terjun dan goa kelelawar. Sedangkan pada trip Songa Bawah, Anda akan diajak mengarungi 34 jeram dengan berbagai level selama kurang lebih 2 jam.
10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Paling Populer | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar