7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer

Advertisement
7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer - Tempat wisata Yogjakarta telah dikenal baik para wisatawan domestik ataupun mancanegara. Terdapat berbagai objek wisata yang ada di Jogja diantaranya adalah salah satu kebanggaan negara Indonesia. Di artikel ini akan kami berikan beberapa daftar nama tempat wisata di jogja.

Candi Borobudur merupakan salah satu dari keajaiban dunia juga terletak di dearah ini. Jogja merupakan salah satu tempat wisata Indonesia yang menjadi idaman para penikmat obyek wisata.
Berikut disusun secara kategorial sesuai jenis tempat wisata di jogja. Seperti pantai Parangtritis, Candi Borobudur, Jalan Malioboro, dan masih banyak lagi. Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Jogja:

Tempat Wisata di Jogja

1. Wisata Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur
Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terdapat di Borobudur,Jawa Tengah, Indonesia. Candi yang berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana pada tahun 800-an Masehi dan pada masa pemerintahan Syailendra. Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia, juga salah satu monumen Buddha yang terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri dari enam teras yang berbentuk bujur sangkar dan diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dinding monumen dihiasi 2.672 panel relief, aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur mempunyai banyak koleksi relief Buddha paling lengkap dan terbanyak di dunia. Stupa terbesar utama teletak di tengah sekaligus memahkotai candi ini, dikelilingi tiga barisan yang melingkar dengan 72 stupa berlubang dan di dalamnya terdapat arca buddha duduk bersila dengan posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma.

Monumen ini merupakan salah satu model alam semesta yang dibangun sebagai tempat suci memuliakan Buddha sekaligus sebagai tempat ziarah menuntun umat manusia dan beralih dari alam nafsu duniawi menjadi pencerahan juga kebijaksanaan sesuai ajaran agama Buddha.

2. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Parangtritis adalah pantai terpopuler di Yogyakarta. Terdapat dua hal yang memnjadikan Parangtritis ramai dibicarakan: yaitu pemandangan matahari terbenam yang indah di kala senja dan mitos Nyai Rara Kidulnya.  Parangtritis dikenal dengan ombak besarnya dan bukit pasirnya yang biasa disebut gumuk. Sa'at musim kemarau angin bertiup kencang, dan tinggi ombaknya rata-rata sekitar 2 - 3 m. Sebagai daerah wisata, Parangtritis dikelola dengan sangat baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul setempat. Mulai dari fasilitas penginapan hingga pasar yang menawarkan souvernir khas di Parangtritis.

Pantai parang tritis hanya 27 km dari Kota Jogja. Untuk dapat mencapai Parangtritis, anda bisa menggunakan mobil pribadi atau juga angkutan umum, seperti bus kota. Untuk angkutan umum, anda bisa naik dari terminal Umbulharjo.Jika ingin lebih cepat sampai ke Parangtritis, anda dapat memilih rute Kretek.
Hanya Rp. 3.000,-  anda bisa masuk dan ada banyak hal mungkin bisa anda lakukan di Pantai Parangtritis. menyaksikan terbenamnya matahari adalah hal yang sangat di sukai para wisatawan, jadi anda bisa datang saat menjelang senja jika ingin melihat matahari terbenam. senja Parangtritis seringkali dimanfaatkan sebagai latar foto pranikah.

3. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
adalah salah satu nama kawasan jalan dari tiga jalan yang ada di Kota Yogyakarta, membentang dari Tugu Yogyakarta sampai ke perempatan Kantor Pos kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Yogyakarta terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jend. A.Yani. Jalan ini adalah poros Garis Imajiner di Kraton Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengkubuwono X mengembalikan dua ratus nama asli jalan Malioboro pada tanggal 20 Desember 2013. Jalan Pangeran Mangkubumi kembali menjadi jalan Margoutomo, Jalan Jend. A. Yani kembali menjadi jalan Margomulyo.

Ada beberapa obyek wisata jogja bersejarah yang berada di kawasan tiga jalan ini yaitu Tugu Yogyakarta, Gedung Agung, Setasiun Tugu , Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan Malioboro dikenal dengan pedagang kaki lima yang menjual kerajinan khas jogjakarta dan warung lesehan di malam hari yang menjajakan makanan gudeg khas kota jogja serta banyak para seniman yang berkumpul mengekpresikan kemampuan mereka dengan bermain musik, hapening art, melukis, pantomim sepanjang jalan ini.

4. Wisata Candi Prambanan
Candi Prambanan
Merupakan salah satu obyek wisata religi yang dimiliki Indonesia. Lokasi yang terletak pada perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah, kurang lebih 17 km timur Yogyakarta di Jalan Solo.

Candi Prambanan merupakan suatu mahakarya kebudayaan Hindu pada abad ke-10. Bangunannya yang menjulang tinggi, setinggi 47 meter menjadikan keindahan arsitekturnya tak tertandingi.
Candi Prambanan mempunyai 3 candi utama yang terletak di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan juga Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan lambang Trimurti kepercayaan Hindu.

Ketiga candi menghadap ke timur. Setiap candi mempunyai satu candi pendamping menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Garuda untuk Wisnu , dan Angsa untuk Brahma. Masih terdapat 2 candi apit, 4 candi sudut, dan 4 candi kelir. dan halaman kedua memiliki 224 candi.

5. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta,DIY , Indonesia. Sebagian kompleks di keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk pemberian dari raja Eropa, gamelan, dan replika pusaka keraton. di lihat dari segi bangunan, keraton Yogyakarta merupakan salah satu arsitektur istana Jawa yang paling baik, memiliki balairung-balairung yang mewah dan lapangan juga paviliun yang luas.

6. Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali, adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang terletak di bagian utara kota jogja ini biasanya banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.

7. Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo merupakan salah satu wisata arung jeram yang terdapat di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo ini sangat cocok bagi keluarga atau pemula yang ingin mencoba arung jeram karena arusnya yang tidak berbahaya jika dibandingkan dengan sungai lainnya yang ada di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo ini juga dapat Anda mainkan kapan saja Anda mau, tidak seperti pada sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi ketika musim hujan saja.

Demikian beberapa daftar tempat wisata di jogja yang terkenal yang bisa dijadikan destinasi wisata pilihan Anda.
7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer | Doni rochmat | 5