10 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur

Advertisement
10 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur - Probolinggo adalah sebuah daerah yang mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda ngga' bakal kecewa tetapi anda akan senang dan ketagihan, Berikut Tempat Wisata Di Probolinggo yang harus anda kunjungi.

Tempat Wisata Di Probolinggo

1. Pantai Bentar
Pantai Bentar
Pantai Bentar
Wisata Pantai Bentar merupakan salah satu wisata unggulan Probolinggo. Yang menarik di pantai ini adalah penampakan Hiu Tutul atau whale shark. Biasanya mereka muncul dan tampak pada bulan Januari - Maret. Cukup melihat dari pantai saja, bisa kelihatan kok, atau mungkin anda bisa menggunakan keker. Jaraknya sekitar 1 kilo dari bibir pantai. Konon hiu ini sedang bermigrasi dari Laut Australia sebab kalender cuaca.

2. Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo adalah gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif, dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukan laut dan merupakan gunung paling terkenal sebagai obyek wisata Jawa Timur. Gunung Bromo berada di 4 wilayah yaitu wilayah kabupaten Probolinggo, kabupaten Malang Pasuruan dan Lumajang. Bentuk Gunung Bromo bertautan antara ngarai dan lembah dengan lautan pasir luas sekitar 10 km persegi.

Gunung Bromo mempunyai kawah bergaris tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Menurut masyarakat suku Tengger yang ada di sekitar gunung bromo, gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Dan setiap setahun sekali diadakan upacara Yadnya Kasada.

3. Gunung Argopuro
 Gunung Argopuro
 Gunung Argopuro
Gunung Argopuro merupakan bekas dari gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.088 Meter dan merupakan bagian dari gunung Iyang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Gunung Argopuro mempunyai beberapa puncak, salah satunya puncaknya adalah puncak Rengganis. Selain daya tarik khas puncak gunung, terdapat juga situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang terdapatv di dalamanya.

4. Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang merupakan pulau di Selat Madura, jaraknya ± 8 km dari bibir pantai Probolinggo, dan mayoritas dihuni oleh Suku Madura. Gili yang berarti mengalir dan Ketapang adalah nama tempat tersebut. Pulau Gili Ketapang memiliki luas sekitar 68 hektar, dan dapat diakses melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga. Disini anda bisa snorkeling, menikmati indahnya pemandangan laut, ataupun melihat terumbu karang yang cantik. Dulu Pulau Gili Ketapang menyatu dengan Pulau Jawa, dan memisah setelah Gunung Semeru meletus dahsyat. Gili artinya mengalir, Ketapang adalah nama tempat tersebut.

5.  Ranu Segaran
Ranu Segaran
Ranu Segaran
Ranu Segaran atau yang biasa disebut Danau Segaran terletak di Desa Segaran, Kec. Tiris. Lama waktu yang ditempuh menuju Ranu Segaran sekitar 30 menit dari pusat kota Probolinggo. Disepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan pepohonan dan pegunungan. Air di Ranu Segaran sangat jernih dan alam sekitarnyapun masih asri.

6. Candi Jabung
Candi Jabung
Candi Jabung
Candi Jabung merupakan Candi Hindu peninggalan dari kerajaan Majapahit, yang terletak di Jabung, Paiton. Meski dari bata merah, candi Jabung mampu bertahan selama ratusan tahun. Aritektur Candi Jabung ini hampir serupa dengan Candi Bahal, Sumatra Utara. Candi Jabung berjarak  ± 5km dari Kraksan.

7. Air Panas Desa Tiris
Air Panas Desa Tiris
Air Panas Desa Tiris
Tempat wisata di probolinggo lainnya yaitu pemandian air panas di Desa Tiris yang masih termasuk kompleks Ranu Segaran, sekitar 200 meter. Wisata Air Panas Desa Tiris ini masih alami, hanya tembok pemisah yang sangat sederhana. Terdapat air sungai jernih di sampingnya yang dangkal sekali. Di sekitar sungai ada pepohonan yang cukup rimbun dan pemandangan alam yang asri.

8. Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura berada di Kecamatan Lumbang. Air terjun ini masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura ini berbentuk ceruk dengan perbukitan yang mengelilinginya, pada seluruh bidang tebingnya meneteskan air. Air Terjun Mandakaripura bisa di tuju dari kota Probolinggo atau dari Malang. Madakaripura bisa dicapai dari Probolinggo dengan menggunakan bus ke arah Tongas.

9. Arung Jeram Sungai Pekalen
Arung Jeram Sungai Pekalen
Arung Jeram Sungai Pekalen
Sungai Pekalen hanya sejauh 25 kilometer dari Probolinggo. Sungai ini memiliki pemandangan yang indah, di sungai pekalen ini Anda juga bisa bermain arung jeram. Sungai Pekalen ini mengalir di 3 kecamatan, yaitu Tiris, Maron dan kecamatan Gading.

Biasanya lokasi arung jeram yang menjadi arena olahraga rafting ini memanjang sejauh 29 km dan terbagi menjadi tiga zona yaitu sungai Pekalen Atas sejauh 12 km, sungai Pekalen Tengah sejauh 7 km, dan sungai Pekalen Bawah sejauh 10 km. Setiap masing-masing zona memiliki keistimewaan tersendiri. Di Pekalen Bawah mempunyai 32 jeram yang cukup menantang, Sementara Pekalen Atas memiliki 10 air terjun yang menguras adrenalin. Disini juga ada goa-goa kelelawar dan satwa liar di sepanjang perjalanan.

10. Danau Ronggojalu
Danau Ronggojalu
Danau Ronggojalu
Danau Ronggojalu ini selain dijadikan sebagai obyek wisata juga digunakan sebagai sarana air bersih dan industri untuk masyarakat Probolinggo. Danau Ronggojalu berada di kecamatan Tegalsiwalan. Mata air Danau Ronggojalu terbentuk dari bentukan alam dan mempunyai kapasitas 3000 liter per harinya. Dari volume air yang banyak dan jernih inilah, masyarakat Probolinggo memanfaatkan danau ini.

Ronggojalu juga digunakan sebagai sarana irigasi untuk sawah dan untuk kebutuhan air minum kota. Di Danau Ronggojalu ini terdapat kolam anak-anak, penyewaan ban dan beberapa warung makanan. Suasana yang sejuk dan hijau dengan udara yang bersih tentu akan sangat cocok jika danau Ronggojalu ini dijadikan area rekreasi keluarga.
10 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur | Doni rochmat | 5