10 Tempat Wisata Terfavorit di Malang 2023

Tempat Wisata Terfavorit di Malang - Apa yang ada dipikiran anda jika kita membahas tentang Kota Malang. Mungkin Sejuk? Malang terletak di daerah pegunungan, sehingga udaranya relatif terasa sejuk dan menjadikan satu dari beberapa tempat wisata favorit di Jawa Timur. Apel? Ya. Apel adalah ikon kabupaten Malang yang bisa kita temukan dengan mudah di Kota Malang, mulai dari pekarangan milik warga setempat, hingga perkebunan dan agrowisata besar. Berikut rangkuman 10 tempat wisata Malang :

1. Jatim Park I
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Jawa Timur Park I atau Jatim Park I merupakan tempat wisata Malang yang menjadi favorit para pengunjung baik lokal atau luar kota. Selain konsep taman rekreasi dan edukasi, Jatim Park I juga menawarkan puluhan wahana yang siap menghibur Anda beserta keluarga. Ciri khas dari Jatim Park I adalah kolam renang dengan latar relief wajah Ken Arok. Kolam renang ini digunakan oleh semua usia sesuai dengan kedalaman yang disesuaikan. Selain itu, kolam renang juga dilengkapi dengan berbagai macam papan seluncur air.

Pada wahana edukasi, terdapat Science Stadium merupakan laboratorium outdoor dan indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai dari fisika, biologi, kimia sampai matematika. Banyak pihak yang mendukung wahana ini yaitu PLN, Telkom dan universitas di Jawa Timur. juga Papua and East Java Ethnic Gallery yang menunjukkan koleksi miniatur rumah adat Jawa Timur, wayang dan banyak lagi kerajinan khas lainnya.

Tempat wisata Malang masih punya banyak wahana permainan lain misal: Flying Tornado, Mini Jet, Spinning Coaster, gicart, Drop Zone, midi skater dan Bioskop 3D. Fasilitas pendukung lain adalah mushola, gazebo dan kafetaria.

Tempat wisata yang luasnya sekitar 11 hektar ini berada di kawasan Batu atau sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Buka setiap hari pukul 08:00 - 14:00. Untuk masuk, Anda akan dikenakan biaya Rp. 55.000 pada hari Senin – Kamis, dan Rp. 75.000 pada hari Jumat – Minggu.

2. Jatim Park II
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Jika Jatim Park I menyediakan tempat wisata terpadu untuk rekreasi dan edukasi, Jatim Park II juga memiliki konsep wisata alam yang berada di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, yang juga menawarkan dua zona wisata yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Di Museum Satwa, Kita bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan ditempatkan di lokasi yang dibuat mirip dengan habitat aslinya. Tak perlu anda khawatir, binatang yang diawetkan ini bukan hasil buruan, tetapi binatang yang sudah mati secara alami kemudian diawetkan. Juga ada replika kerangka dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit para wisatawan. Anda juga dapat menikmati beragam jenis serangga yang telah diawetkan.

Puas dengan berbagai jenis binatang yang telah diawetkan, kita melihat binatang yang masih hidup di Kebun Binatang Secret Zoo.  Yaitu satu-satunya kebun binatang dengan konsep modern di Indonesia. Terdapat banyak tempat yang dapat Anda jelajahi mulai dari akuarium, kolam kuda nil , tiger land sampai padang rumput. Terdapat juga sungai arus buatan yang dapat Anda arungi dengan menggunakan perahu yang telah disediakan.

Jika belum puas menjelajahi tempat wisata di Malang, Anda masih bisa menginap di Hotel Pohon Ini yang merupakan penginapan resmi di Jatim Park II. Hotel dengan konsep yang sangat unik, bangunan yang menyerupai batang pohon raksasa dan dikelilingi oleh pegunungan.


3. Eco Green Park
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat wisata di Malang ini banyak dikunjungi anak-anak untuk mengenalkan kepada mereka tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Eco Green Park juga menawarkan taman rekreasi edukasi yang berisi tentang kebun binatang mini dan informasi pemeliharaan lingkungan.

Memasuki kawasan wisata, kita akan disambut oleh sebuah patung gajah besar terbuat dari televisi bekas. Jungle Adventure adalah wahana yang menarik. Anda dapat berkeliling hutan buatan menggunakan kereta terbuka. Tak cuma berkeliling saja, Anda juga akan diajak menangkap para  pemburu binatang liar di hutan. Anda harus menembak setiap pemburu yang Anda lihat dengan menggunakan senapan mainan. Kejelian dan kecepatan menembak sangat dibutuhkan karena Anda harus dapat menembak dari kereta yang sedang berjalan. seru kan?

Ada lagi, rumah terbalik yang tak kalah menariknya. Bangunan rumah yang terbalik, atap di bawah dan lantai di atas. Tak hanya luarnya yang terbalik, segala perabotan di dalamnya juga di desain terbalik. seolah berjalan di atapnya seperti spiderman sebab dalam posisi terjungkir. Jika Anda pusing berada di Rumah Terbalik ini, segeralah keluar dan carilah wahana lain.

Untuk masuk ke tempat wisata Eco Green Park ini, Anda cukup membayar sebesar Rp 40.000 pada hari Senin- Kamis dan Rp 60.000 untuk hari Jumat – Minggu.

4. Museum Angkut
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Di Museum Angkut, Anda dapat memperoleh informasi tentang sejarah dan perkembangan transportasi di dunia. Di museun angkut ini, terdapat banyak koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda onthel sampai mobil balap F1

Tersedia 10 zona yang dapat Anda jelajahi di tempat wisata seluas 3,7 hektar ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Las Vegas, Jerman, Perancis, Hollywood, Gangster , Jepng & Broadway. Setiap zona di desain semirip mungkin seperti aslinya, mulai dari jalanan hingga landmark khasnya. Hal ini menjadikan zona-zona ini seperti tempat favorit untuk berfoto. seusai berkeliling, jangan lupa nikmati kuliner di Pasar Apung dengan aneka hidangan lezatnya.

Untuk menikmati tempat wisata yang unik ini, Anda cukup membayar sebesar Rp 50.000 unuk hari Senin – Kamis, dan Rp 75.000 Rupiah pada hari Jumat – Minggu.

5. Batu Night Spectacular
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Berwisata siang hari itu sudah biasa, datanglah ke Batu Night Spectacular atau yang disingkat dengan BNS. Yang buka mulai pukul 15:00 sampai 24:00. Suasana yang mirip dengan pasar malam ditanbah dengan adanya komedi putar dan kuda-kuda buatan yang bisa Anda mainkan.

Ada yang lebih menarik, Yaitu air mancur yang dapat menari dan berubah warna sesuai dengan musik yang sedang dimainkan. Anda dapat melihat indahnya lampion dengan berbagai macam warna dan bentuk yang cantik untuk dijadikan latar foto. ada beberapa wahana yang sayang jika Anda lewatkan antara lain Rumah Hantu, Mouse Coaster, Baby wheel, Art Trick, Gravitron dan juga Avatar.

6. Pulau Sempu
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Pulau Sempu yang disebut salah satu surga dunia. Terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang memiliki keindahan yang luar biasa. Tempat wisata alam ini merupakan salah satu kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah. Vegetasi di sini sangat beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis hingga hutan bakau. Yang paling menarik adalah Segara Anakan yaitu sebuah danau yang terdapat di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan mempunyai daya tarik utama di tempat wisata di Malang. Air dari telaga yang berasal dari ombak laut selatan dan masuk melalui lubang tebing di sisi danau. Air danau terasa dingin dan sangat jernih. Anda dapat melihat dasar danau dengan gampang. Di tempat ini, Anda bis berenang sesuka hati, memancing dan bermain di pasir putih yang landai.

Jalan menuju pulau ini tidak mudah. Terlebih dahulu anda harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. simpan nomor telepon nelayan pemilik perahu agar mudah dihubungi jika Anda akan pulang. setelah turun dari perahu, perjalanan Anda masih panjang. harus trekking cukup panjang yang melewati hutan konservasi. Rasa lelah akan terbayar  saat Anda melihat keindahan Segara Anakan yang sangat alami. Pulau ini tidak berpenghuni, jika anda ingin menginap, salah satu cara adalah berkemah.

7. Pantai Balekambang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Pantai Balekambang memiliki pura yang terdapat di atas pulau karang seperti Tanah Lot di Bali. Yang membedakan hanya ukuran yang lebih kecil dan sengaja dibangun tahun 1985 oleh bupati Malang dengan mengikuti desain Pura Tanah Lot Bali. Pura yang terhubung  dengan jembatan beton sepanjang 100 m ini terlihat sangat indah terutama pada saat senja.

Tidak hanya pura yang menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata Malang ini. Pantai Baleambang juga tak kalah cantik. Hamparan pasir dan ombak kecil menjadi pemandangan yang sangat menarik. Anda dapat berenang atau sekadar bermain air di pantai ini. Anda juga bisa bersantai di pendopo, menikmati kuliner di warung atau berburu suvenir di toko sekitar.

8. Wendit Water Park
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Dulu Wendit Water Park dikenal dengan Taman Pemandian Wendit yang terletak di Kecamatan Pakis. Wendit menawarkan dua macam pemandian yaitu telaga alami dan kolam renang buatan.

Kedalaman Telaga Alami mencapai 2 meter dan suhu air antara 18-25 derajat Celcius. Waraga setempat percaya, air di telaga ini dapat membuat awet muda serta panjang umur. Selain telaga ini, juga ada kolam renang buatan yang disebut dengan water park yang relatif lebih menarik  untuk anak-anak karena tersedia bermacam papan seluncur air dan ember tumpah raksasa yang di gantung di tengah kolam.

Tempat wisata di Malang ini juga mempunyai danau buatan yang dapat dikelilingi menggunakan perahu atau sepeda air. juga ada kolam untuk memancing dan wahana permainan misal worm coaster dan flying fox.

9. Coban Pelangi
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Mungkin yang anda ketahui adalah pelangi hanya muncul sa'at hujan saja, tapi ternyata tidak. Datanglah ke Coban Pelangi di Kecamatan Tumpang sekitar 132 km dari kota Malang. Disana anda dapat menyaksikan pelangi di antara aliran air terjun dengan tinggi 30 m. Sambil menunggu munculnya pelangi, Anda dapat bermain air di pinggiran air terjun, sambil menikmati kuliner yang terdapat di warung atau duduk-duduk di pendopo yang tersedia. Tempat wisata malang ini berada pada ketinggian sekitar 1.299 m di atas permukaan laut, sehingga membuat udaranya menjadi sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Anda harus melewati hutan pinus untuk dapat amencapai lokasi, melewati bukit-bukit hingga menyeberangi sungai. walaupun terkesan melelahkan, pemandangan yang indah selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat.

10. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Tempat Wisata Terfavorit di Malang
Buah tangan seperti camilan sudah biasa, Cobalah untuk mengunjungi Jalan MT Haryono XI, Anda dapat menemukan berbagai keramik yang unik untuk dijadikan oleh-oleh. Di sepanjang jalan, terdapat 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis seperti keramik mulai dari mug, piring,vas bunga, guci, asbak sampai hiasan meja juga dinding. Ciri khas dari keramik Dinoyo adalah motif yang berupa flora dan fauna. Selain oleh-oleh, Anda dapat memesan dalam jumlah banyak untuk suvenir pernikahan atau acara lain.

Mau liburan ke Malang bersama rombongan? Anda bisa menggunakan layanan sewa bus Malang yang paling banyak direkomendasikan, yaitu Lidya Trans Holiday. Berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang pariwisata, dan sudah pasti tidak akan mengecewakan Anda.