10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Banyuwangi

Advertisement
10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Banyuwangi - Wisata Banyuwangi dikenal luas dengan keindahan wisata alamnya yang sangat menawan. Alam pegunungan serta pantai yang berkarakter menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit di Jawa Timur.

Banyuwangi terletak di ujung pulau Jawa paling Timur, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di bagian utara, selat Bali di bagian Timur, Samudra Hindia di bagian Selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso bagian di Barat. Pelabuhan Ketapang merupakan pelabuhan yang ada di Banyuwangi dan menghubungkan antara Jawa dengan Bali.  Berikut adalah sejumlah tempat wisata Banyuwangi yang paling menarik.

1. Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Masyarakat Banyuwangi menyebutnya Pulau Merah, karena tanahnya yang berwarna merah. Bentuknya yang menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tidak jauh dari bibir pantai dengan pasir putihnya sepanjang 3 km. Jika air sedang surut, anda bisa menginjakkan kaki di Pulau Merah ini, cukup dengan berjalan kaki saja karena jaraknya hanya 100 meter dari bibir pantai. Dahulu pantai ini bernama pantai ringin pitu, tetapi sekarang disebut dengan pantaiPulau Merah.

2. Kawah Ijen (Blue Fire) Banyuwangi
Kawah Ijen (Blue Fire) Banyuwangi
Kawah Ijen (Blue Fire) Banyuwangi
Kawah Ijen merupakan kawah danau paling besar di pulau Jawa, terletak di 3 kabupaten, yakni Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo. Kawah ini berlokasi dengan ketinggian 2.443 m dpl, dengan kedalaman kawah sekitar 200m. Asap belerang yang menyelimuti Kawah Ijen membuatnya mempunyai daya tarik luar biasa, yaitu adanya danau belerang dengan warna tosca dan api biru (blue fire). Disini anda bisa menyaksikan panorama yang memikat pada saat malam hari sampai menjelang subuh.

3. Teluk Hijau “Green Bay”
Teluk Hijau “Green Bay”
Teluk Hijau “Green Bay”
Di Teluk Hijau ini, Anda bisa merasakan udara segar pantai bercampur dengan udara hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Lama waktu perjalanan dari kota Banyuwangi sekitar 3-4 jam.

Perjalanan menuju Teluk Hijau cukup melelahkan, tetapi sebagai obat pengganti rasa lelah anda, anda akan disuguhi panorama laut yang begitu menarik. Perlu anda ketahui, teluk ini merupakan tempat wisata Banyuwangi yang kemurniannya masih sangat terjaga. belum banyak para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

4. Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan
Pulau tabuhan merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi anda yang ingin scuba diving. Air laut Pulau Tabuhan sangat jernih, Disini anda akan menemukan kebun laut yang indah. Dari kota Banyuwangi menuju Pulau Tabuhan hanya berjarak lebih kurang 20 km.

5. Air Terjun Lider Banyuwangi
Air Terjun Lider Banyuwangi
Air Terjun Lider Banyuwangi
Air Terjun Lider mempunyai terjunan air setinggi 60 meter dari ketinggian sekitar 1.300 meter dpl. Pesona obyek wisata Banyuwangi yang satu ini terletak pada dinding tebing 2 jurang yang menghimpit air terjun.
Untuk sampai di Air Terjun Lider, terlebih dahulu anda harus menempuh perjalanan sejauh 45 Km dari kota Banyuwangi.

6. Watu Dodol Banyuwangi
Watu Dodol Banyuwangi
Watu Dodol Banyuwangi
Watu dodol berlokasi di Desa ketapang, lokasinya tak jauh dari pelabuhan Ketapang, dekat dengan jalan utama menuju Taman Nasional Baluran. Nuansa pemandangan di Watu Dodol sangatlah indah, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah di sepanjang jalan bebukitan yang ada di seberangnya. Tahukah Anda, anda bahkan dapat melihat Pulau Bali dari sini.

7. Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung merupakan pantai di Banyuwangi, pantai yang dikenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Tempat wisata Banyuwangi satu ini mempunyai reputasi pantai yang begitu baik hingga mancanegara sebagai tempat surfing. Jika Anda ingin mencoba surfing di pantai ini, bulan Mei sampai Oktober adalah media terbaik untuk surfing.

8. Pantai Rajeg Wesi
Pantai Rajeg Wesi
Pantai Rajeg Wesi
Pantai ini terletak di Desa Sarongan kecamatan Pesanggaran. Jaraknya cukup jauh dari kota Banyuwangi. untuk menuju pantai Rajeg Wesi kita harus melewati daerah perkebunan. Penduduk di sini akan siap menyambut kedatangan para pengunjung. Pantainya Bersih dan pasir putih yang indah membentang yang di batasi oleh bukit hijau yang sangat indah. Siapapun yang berkunjung ke tempat ini pasti tak akan merasa bosan. sebab pantai ini dekat dengan pegunungan, tentunya udara disini juga sejuk seperti pantai pada umumnya.

9. Agrowisata Kalibendo
Agrowisata Kalibendo
Agrowisata Kalibendo
Wisata perkebunan Kalibendo berlokasi di sebelah barat Banyuwangi, kira - kira 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Perjalanan menuju Agrowisata Kalibendo juga sejalur dengan Kawah Ijen, mungkin anda bisa sekalian mampir ke kawah ijen. Wisata Kalibendo berlokasi di dataran tinggi menjadikan udaranya sejuk dan masih alami sebagaimana di Songgoriti Malang. Pemandangan khasnya yaitu karet,  cengkeh, dan kopi.

10. Pantai Bama
Pantai Bama
Pantai Bama
Pantai Bama masuk di kawasan TN Baluran, sebab masih wilayah taman nasional, kondisi di Pantai Bama Banyuwangi alami dan sangat eksotis. Sebagai sarana penunjang ekosistem pantai, anda dapat menemui hutan bakau yang rimbun yang terdapat di beberapa bagian pantai Bama. Pantai Bama cocok untuk berwisata keluarga karena airnya jernih, bersih dan dangkal.
10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Banyuwangi | Doni rochmat | 5