Pesona Pantai Pulau Merah - Wisata Indah di Banyuwangi

Advertisement
Pesona Pantai Pulau Merah - Wisata Indah di Banyuwangi | Mungkin pantai Pulau Merah di Banyuwangi terdengar asing di telinga sebagian wisatawan domestik. Mungkin saja popularitasnya tidak terkenal seperti pada kawasan wisata Batu Malang atau wisata Kawah Putih Ciwidey di Bandung. Tapi, salah satu pantai yang unik di Banyuwangi ini cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang disukai wisatawan asing terutama mereka pecinta olahraga selancar atau surfing.

Masyarakat lokal sering menyebut Pantai Pulau Merah ini sebagai Pulo Merah, berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Meskipun dinamakan dengan "Pulau Merah", sebenarnya tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini memiliki hamparan pasir dengan warna putih agak kecoklatan. Akan tetapi sewaktu musim kemarau, hamparan pasir kawasan pantai ini akan terlihat kemerahan.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi mempunyai keunikan tersendiri yaitu adanya sebuah bukit kecil yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Pemandangan latar bukit setinggi 200 meter dan memiliki warna kemerahan inilah yang membuat pantai ini dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Anda akan melihat bukit ini diselimuti oleh tumbuhan hijau yang menutupi warna merahnya. Untuk dapat menaiki bukit ini, anda bisa menunggu saat air laut sedang surut. Tak hanya itu, terdapat juga bebatuan karang yang berada di sekitar bukit kecil yang indah ini.

Saat ini kawasan wisata Pantai Pulau Merah dikelola oleh Perum Perhutani II propinsi Jawa Timur. Berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, di sekitar kawaaan pantai ini terdapat tempat ibadah untuk umat Hindu dalam melangsungkan ritual Mekiyis.
Pemandangan Bukit Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Kepopuleran pantai ini juga tidak lepas dari kisah mistis dan mitos yang beredar. Pantai Pulau Merah ini diyakini oleh beberapa pihak memiliki kandungan emas. Ada juga yang mengisahkan bahwa terdapat sebuah paku bumi yang bisa ditemukan dalam gunung yang terletak di seberang pantai.

Ada juga kisah mitos lainnya seperti bahwa siapapun yang bisa memasuki sebuah goa yang ada di Pulau Merah, maka akan mendapat rezeki yang berlimpah. Mitos lainnya terdapat pancaran cahaya yang berwarna merah sehingga menyebabkan pantai ini memiliki warna merah dan akhirnya dinamakan Pantai Pulau Merah.

Aktifitas Menarik di Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Timur. Pantai ini banyak disukai sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk keluarga, juga merupakan tempat favorit menikmati matahari senja dan angin sepoi-sepoi khas pantai, berfoto, bermain pasir, berjemur, dan lain sebagainya. Untuk bisa memasuki kawasan pantai ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk ke Pantai Pulau Merah yakni Rp 2.500 tiap orang.
Wisata Keluarga yang Menarik di Pantai Pulau Merah
Wisata Keluarga yang Menarik di Pantai Pulau Merah
Cukup banyak turis mancanegara dan tidak kurang juga kalangan wisatawan domestik mengunjungi Pantai Pulau Merah untuk berselancar. Banyak yang mengatakan ombak yang ada di Pantai Pulau Merah ini salah satu yang terbaik di Jawa Timur dan Indonesia sehingga sangat cocok untuk kegiatan surfing. Disini pernah terdapat beberapa event selancar internasional yang diselenggarakan di pantai ini.

Periode waktu ombak laut yang tinggi bisa ditemui pada bulan April – Mei hingga bulan September – Desember. Anda bisa mempelajari cara-cara berselancar di Pantai Pulau Merah dengan ketinggian ombak yang mencapai 2 sampai 5 meter.
Kegiatan Berselancar di Pantai Pulau Merah
Kegiatan Berselancar di Pantai Pulau Merah
Tak hanya itu, di kawasan pantai Pulau Merah juga didukung dengan fasilitas yang baik, diantaranya seperti payung dan tempat berjemur yang disewakan oleh pihak pengelola pantai ini. Terdapat juga sejumlah hotel dan fasilitas akomodasi berada di kawasan pantai Banyuwangi ini. Lokasi Pantai Pulau Merah ini juga dekat dengan Gunung Tumpang Pitu dan berada segaris dengan Pantai Plengkung. Disini Anda bisa bersantai di pantai ini sambil menikmati angin pantai yang sejuk dan menyaksikan panorama yang indah dan memikat hati. Pantai Pulau Merah memiliki garis pantai sekitar 3 km, adanya bebatuan karang di pantai ini semakin menambah daya tariknya yang begitu eksotik selain adnya bebukitan hijau yang asri.
Indahnya Sunset Pantai Pulau Merah
Indahnya Sunset Pantai Pulau Merah
Pada waktu malam hari, Anda bisa menyaksikan keindahan sunset (matahari terbenam) di Pantai Pulau Merah. Sungguh indah pesona sunset di pantai ini. Di area sekitar pantai juga bersih dengan tekstur pasirnya yang lembut. Hal inilah yang membuat beberapa kalangan penikmat perjalanan menganggap Pantai Pulau Merah ini sebagai sebuah kombinasi indah dari Pantai Kuta, Seminyak dan Legian di Bali.

Hotel di Pantai Pulau Merah
Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Banyuwangi, tentunya Anda bisa dengan mudah menjumpai sejumlah hotel di dekat Pantai Pulau Merah. Selain dapat menjumpai hotel, ada pula guest house hingga dengan homestay yang bisa Anda pilih. Adapun beberapa penginapan di area Pantai Pulau Merah yang jaraknya dekat dan populer, di antaranya adalah Gelora Atlit Banyuwangi Guest House, Kumala Hotel, Hotel Ketapang Indah dan Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Pantai Pulau Merah
Apabila Anda berangkat dari kota Banyuwangi, maka Anda akan menempuh jarak sekitar 80 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam untuk bisa sampai ke pantai Pulau Merah ini. Nantinya di sepanjang perjalanan, akan tersedia rambu-rambu penunjuk yang akan mengarahkan Anda untuk dapat menuju kawasan wisata Pantai Pulau Merah ini. Berjarak sekitar 2,5 jam dari kota Banyuwangi. bila Anda menggunakan angkutan umum, sebaiknya Anda pilih jurusan ke Pesanggaran. Setibanya di pasar Pesanggaran, Anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek menuju ke lokasi pantai.

Jika Anda memulai rute perjalanannya dari Jember, maka turunlah di terminal Jajag. Kemudian setelah sampai di terminal Jajag, Anda bisa menaiki bus jurusan Pesanggaran.

Advertisement.
Pesona Pantai Pulau Merah - Wisata Indah di Banyuwangi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar