8 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
8 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi - Sleman merupakan sebuah kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibukota dari kabupaten ini adalah Sleman. Sleman juga dikenal sebagai asal buah salak pondoh yang terkenal. Sebenarnya, berbagai perguruan tinggi yang ada di daerah Yogyakarta secara administratif terletak di wilayah kabupaten ini, di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Di sebelah utara kabupaten ini, Anda akan melihat puncak Gunung Merapi di perbatasan provinsi Jawa Tengah yaitu salah satu gunung berapi aktif yang paling berbahaya di Pulau Jawa. Sementara di bagian selatan merupakan dataran rendah yang subur. Aapun diantaranya sungai-sungai besar yang melintasi kabupaten Sleman ini adalah Kali Progo yang membatasi kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulon Progo, kali Code, kali Kuning, kali Opak dan Kali Tapus. Nah, apa saja tempat wisata menarik yang patut untuk Anda kunjungi. Berikut beberapa pilihan tempat wisata di Sleman.

1. Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan atau juga dikenal dengan Candi Loro Jonggrang dibangun pada sekitar abad ke-9 masehi dan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Lokasi Kompleks candi ini berada di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, jaraknya sekitar 17 KM timur laut Yogyakarta, 50 KM arah barat daya Surakarta dan 120 KM selatan Semarang, tepat di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain merupakan candi Hindu terbesar di indonesia, candi ini juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu candi paling indah di kawasan Asia Tenggara. Tentunya sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara membuat Candi Prambanan banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

2. Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko
Pintu Masuk Candi Ratu Boko
Situs Ratu Baka atau Candi Boko merupakan situs purbakala yang di dalamnya terdapat sejumlah sisa bangunan yang berada sekitar 3 kilometer di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan. Candi Ratu Bako terletak di perbukitan dengan ketinggian 196 mdpl. Kompleks candi ini memiliki luas sekitar 25 hektar.

Secara administratif, situs ini terletak di wilayah 2 Dukuh yaitu Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. Kaliurang
Kaliurang yang memiliki arti "Sungai Udang" adalah sebuah tempat wisata yang ada di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman dan di perbatasan dengan Jawa Tengah.

Kaliurang berada di daerah dataran tinggi yang memiliki banyak resor atau tempat peristirahatan karena udaranya yang sejuk. Disini juga terdapat banyak vila-vila penginapan. Tlaga putri adalah salah satu tempat wisata di sleman yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer

4. Monumen Yogya Kembali
Monumen Yogya Kembali
Monumen Yogya Kembali
Museum sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang terdapat di kota Yogyakarta ini dikelola baik oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum ini seringkali dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.

Museum Monumen dibangun dengan berbentuk kerucut yang terdiri dari tiga lantai dan dilengkapi pula dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Klaten yang Paling Menarik

5. Museum Dapur Tradisional
Museum Dapur Tradisional Sleman ini adalah sebuah museum yang memamerkan semua jenis peralatan memasak tradisional tempo dulu. Museum ini berada di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Yogyakarta. Peralatan dapur yang dipamerkan seperti parut, irik, tambir dan alat dapur tradisional lainnya yang berbahan bambu.

6. Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi adalah museum bersejarah yang terletak di Yogyakarta tepatnya di Jl. Boyong, Dsn Banteng, Desa Harjobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekitar 5 KM dari kawasan objek wisata Kaliurang.

Museum Gunung api ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, ataupun sosial-budaya dan lain-lain yang ada kaitannya dengan gunung api dan sumber geologi lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

7. Candi Gebang
Candi Gebang
Candi Gebang
Candi Gebang adalah candi Hindu yang letaknya berada di dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY. Diperkirakan, candi ini sudah dibangun sekitar abad ke-8 Masehi yakni pada saat wangsa Sanjaya berkuasa pada jaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi ini berukuran kurang lebih 5,25 × 5,25 meter dengan memiliki tinggi 8 meter. Candi Gebang menghadap ke timur dan puncaknya berbentuk lingga.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Menarik

8. Candi Ijo
Candi Ijo
Candi Ijo
Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian yang memiliki corak Hindu, jaraknya sekitar 4 KM arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau sekitar 18 KM di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini juga diperkirakan dibangun antara abad ke-10 hingga dengan abad ke-11 Masehi pada saat jaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Candi Ijo berlokasi di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada di lereng barat perbukitan Batur Agung yakni sekitar 4 KM arah tenggara Candi Ratu Boko. Candi ini dinamakan "Ijo" karena letaknya yang berada di atas bukit yang disebut dengan Gumuk Ijo.
8 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar