10 Tempat Wisata di Semarang Jawa Tengah yang Terkenal

10 Tempat Wisata di Semarang Jawa Tengah yang Terkenal - Salah satu tujuan tempat wisata menarik di belahan tengah Pulau Jawa yaitu tempat wisata Semarang. Wisata Semarang memiliki ragam budata sedemikian indah yang harus anda kunjungi dengan sejumlah tempat wisata yang menarik.

Dengan mudah anda dapat menjelajahi tempat - tempat wisata Semarang dengan infrastruktur yang memadai seperti, Bus angkutan kota sampai becak yang siap untuk anda ke tempat wisata yang anda tuju. Berikut adalah tempat wisata di Semarang yang menarik untuk anda dikunjungi.

1. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah ini dirancang dengan gaya arsitektural campuran Islam, Jawa, dan Romawi. Gaya Romawi dapat dilihat dari 25 bangunan pilar di pelataran masjid. Pilar dengan gaya koloseum Athena di Romawi yang dihiasi dengan kaligrafi yang sangat indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. tertulis dua kalimat syahadat yang terletak di depan gerbang. Juga tertulis Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti” yang terletak pada bidang datar.

Masjid Agung Semarang dilengkapi juga dengan wisma penginapan, terdapat 23 kamar dengan berbagai kelas. Anda bisa mempergunakan fasilitas ini jika anda suka. Yang paling mengagumkan pada Masjid Agung Jawa Tengah adalah terletak pada Menara Al Husna (Al Husna Tower) dengan tinggi 99 m. Terdapat kafe muslim yang dapat berputar 360 derajat di lantai 18. Dan dilantai 19 ada 5 teropong yang dapat digunakan untuk menikmati indahnya kota semarang.

2. Masjid Agung Demak, Semarang
Masjid Agung Demak, Semarang
Masjid Agung Demak, Semarang
Masjid Agung Demak ialah salah satu masjid tertua di Indonesia dari sejumlah tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, dan merupakan tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi setelah Candi Borobudur.

Sesuai dengan keyakinan masyarakat lokal, masjid Agung Demak pernah menjadi tempat berkumpul para wali yang menyebarkan agama Islam. Terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak dan para abdinya di areal kompleks Masjid Agung Demak.

3. Gereja Katedral Semarang
Gereja Katedral Semarang
Gereja Katedral Semarang
Gereja Katedral Semarang merupakan gereja dengan bangunan kuno dan terletak di Jln. Pandanaran No 9 Semarang. Gereja Katedral berada di sisi tenggara Tugu Muda, di mana Anda dapat menjumpai berbagai objek wisata Semarang lainnya,yaitu Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti.

4. Museum Ronggowarsito Semarang
Museum Ronggowarsito Semarang
Museum Ronggowarsito Semarang
Museum Ronggowarsito berlokasi di bundaran Kalibanteng. Dapat anda jumpai museum provinsi ini di Jl. Abdulrahman Saleh, Semarang. Museum Ronggowarsito mempunyai 59.814 buah koleksi dari berbagai zaman dan kebudayaan. Jika ingin masuk museum ini, harga tiket masuk museum adalah sebesar Rp 4 ribu/orang (dewasa) dan Rp 2 ribu (anak-anak).

5. Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Dulu gedung ini digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.
Pintu bangunan Lawang Sewu ini sangat banyak, untuk jumlah lubang pintu terhitung sebanyak 429 buah, dengan memiliki daun pintu lebih dari 1.200.

Itulah sebabnya masyarakat Semarang menamakannya dengan sebutan Lawang (pintu) – Sewu (seribu). Salah satu tempat wisata Semarang unik ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat untuk pre-wedding bagi sebagian pasangan.

6. Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Kota Lama adalah salah satu dari sekian tempat wisata di Semarang yang di mana Anda bisa menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa ditempat tersebut. Di tempat ini, Anda dapat melihat kanal-kanal air yang masih ada hingga sekarang. Oleh karena itu, kawasan Kota Lama ini mendapat julukan “Little Netherland”.

Di kawasan kota lama ini, terdapat landmark paling menarik yaitu Gereja Blenduq. Gereja Blenduq adalah sebuah bangunan dengan usia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq diambil atau berasal dari bahasa Jawa, yang artinya kubah, merujuk pada kubah gereja ini.
Gereja Blendug adalah ikon kota Semarang dan juga merupakan destinasi wisata favorit di Semarang bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi di Indonesia.

7. Komplek Pecinan Semarang
 Komplek Pecinan Semarang
Komplek Pecinan Semarang
Di Komplek Pecinan ini, Anda dapat merasakan suasana khas Tiongkok yang hidup di tengah kota Semarang. Ada banyak klenteng di dalam kompleks ini yakni 11 klenteng besar di Semarang dan 10 di antaranya terdapat di kawasan Pecinan. Masing-masing dari klenteng ini memiliki nilai historis tersendiri. Dengan adanya komplek Pecinan ini keberadaan wisata kota Semarang menjadi semakin semarak.

8. Jalan Pahlawan Semarang
Jalan Pahlawan Semarang
Jalan Pahlawan Semarang
Jalan Pahlawan merupakan salah satu jalan terbesar yang ada di Semarang. Jalan ini juga merupakan salah satu penghubung menuju Simpang Lima. Pada waktu malam hari, jalan pahlawan ini menjadi kawasan wisata baru yang ramai dikunjungi banyak orang, terutama di akhir pekan. Ditempat ini, Anda dapat menemukan banyak jajanan di sepanjang jalan pahlawan.

9. Pantai Marina Semarang
Pantai Marina Semarang
Pantai Marina Semarang
Pantai Marina merupakan obyek wisata Semarang yang sering dikunjungi.
Untuk masuk ke kawasan pantai ini, Anda harus merogoh kocek untuk tiket masuk Pantai Marina sebesar Rp 3 ribu /orang. Di Pantai Marina,terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. seperti balapan mobil mainan, berenang, atau sekedar  duduk-duduk untuk bersantai sambil menyaksikan panorama pantai.

10. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang
Klenteng Sam Poo Kong, Semarang
Klenteng Sam Poo Kong, Semarang
Klenteng Sam Poo Kong yaitu legacy dari Laksamana Cheng Ho, Penjelajah Islam asal Tiongkok, Ornamen Tiongkok dominan menghiasi klenteng pada abad ke - 14. Untuk dapat menjelajahi klenteng ini, Anda harus membeli tiket Klenteng Sam Poo Kong sebesar Rp 3 ribu/orang, dan Rp 15 ribu untuk turis mancanegara.

Di siang hari klenteng terasa panas, alangkah baiknya anda membawa topi atau payung agar terhindar dari panas matahari yang menyengat.