10 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Menarik

Advertisement
10 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Menarik - Kulon Progo adalah sebuah nama kabupaten yang berada di daerah Yogyakarta. Letak Kabupaten ini berada di sebelah barat Kota Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta beribu kota di Wates. Kabupaten ini mempunyai batas dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di bagian timur, Samudera Hindia di bagian selatan, Kabupaten Purworejo di bagian barat, serta Kabupaten Magelang di bagian utara.

Terdapat beberapa destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo yang menarik. Ingin tahu, apa saja tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang Wajib dikunjungi, berikut ulasannya.

1. Pantai Glagah
Pantai Glagah
Pantai Glagah
Objek wisata di Kabupaten Kulon Progo yang terkenal adalah Pantai Glagah. Pantai Glagah ini merupakan salah satu pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang ada di Kulon Progo. Letak pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau bila Anda dari Kota Wates sekitar 15 km. Obyek wisata pantai di Kulon Progo ini memang sangat potensial jika dikembangkan lebih lanjut. Pantai Glagah di Kulon Progo selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal terlebih pada saat musim liburan tiba.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yag Terkenal dan Populer

2. Pantai Trisik
Pantai Trisik
Pantai Trisik
Pantai Trisik di Kulon Progo adalah salah satu pantai yang terkenal dengan menawarkan pemandangan alam berupa hamparan pantai yang luas dengan pasir berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo yang merupakan salah satu sungai besar yang terdapat di Yogyakarta. Di Pantai ini ada banyak perahu milik nelayan, karena sejak dahulu di pantai ini dijadikan sebagai transit perahu nelayan warga sekitar. Pada waktu tertentu anda bisa menyaksikan secara langsung aktivitas para nelayan ini.

3. Pantai Congot
Pantai Congot
Pantai Congot
Pantai Congot ini lokasinya berdampingan dengan Pantai Glagah, sehingga jika Anda tiba di Pantai Glagah sekalian mampir ke Pantai Congot ini. Pantai Congot berada di Desa Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Jogjakarta. Selain sebagai objek wisata, Pantai Congot ini juga merupakan pusat kegiatan para nelayan dari warga sekitar. Maka dari itu, Anda bisa dengan mudah menjumpai nelayan yang sedang membenahi perahu, menjahit jaring dan lain-lain. Selain itu, nuansa perkampungan nelayan ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini.

4. Waduk Sermo
Waduk Sermo
Waduk Sermo
Waduk Sermo merupakan salah satu tujuan wisata favorit warga Kulon Progo Yogyakarta. Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo ini berada di atas sebuah perbukitan yang tepatya di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Pemandangan di Waduk ini sangat indah serta berhawa sejuk sehingga sangat menarik wisatawan untuk datang kesini. Sebenarnya, Waduk Sermo ini dibangaun dengan tujuan utama untuk mendukung usaha pertanian di Kabupaten Kulon Progo. Objek wisata Waduk di Kulon Progo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto yakni pada tanggal 20 November 1996. Saat ini Waduk Sermo terus dikembangkan sebagai objek pariwisata yang menarik.

5. Air terjun Grojogan Sewu
Air terjun Grojogan Sewu
Air terjun Grojogan Sewu
Nama Air Terjun Grojogan Sewu rupanya tidak hanya ada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, di Kulon Progo pun juga terdapat air terjun dengan nama yang sama. Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Memang wisata Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini masih terbilang sepi pengunjung, karena juga baru dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013. Tentunya destinasi wisata air terjun juga cocok untuk mengisi liburan akhir pekan Anda.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik

6. Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo merupakan puncak paling tinggi di Perbukitan Menoreh yang ada di Kulon Progo Yogyakarta. Ya, tempat ini terkenal memiliki pemandangan yang indah serta adanya beberapa pertapaan yang bersejarah. Anda bisa melihat Candi Borobudur dari atas bukit puncak Suroloyo. Terdapat tiga tempat pertapaan yakni Pertapaan Suroloyo, Pertapaan Sariloyo dan Pertapaan Kaendran. Keberadaan Puncak Suroloyo ini tidak lepas dari sebuah kisah yang menceritakannya.

Kisah ini berasal dari tulisan Ngabehi Yosodipuro yang ada dalam kitab Cabolek. Di dalamnya mengisahkan Mas Rangsang yang merupakan putra dari mahkota Kerajaan Mataram Islam yang menerima wangsit bila ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya harus mau menempuh perjalanan dari Keraton Mataram ke arah barat sepanjang 40 km.

Dalam perjalanannya tersebut Raden as Rangsang sampai di Perbukitan Menoreh. dikarenakan kelelahan beliau akhirnya pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Di dalam pingsannya Raden Mas Rangsang menerima wangsit agar melakukan pertapaan atau semedi di tempat pingsannya tersebut. Tempat pingsan Raden Mas Rangsang ini berada di Puncak Suralaya yang lalu dibangun pertapaan ini. Kemudian hari, Raden Mas Rangsang menjadi Raja Mataram dan mendapat gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaannya.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

7. Hutan Wisata Kalibiru
Hutan Wisata Kalibiru
Hutan Wisata Kalibiru
Hutan Wisata Kalibiru adalah salah satu tempat wisata unggulan Kulon Progo yang merupakan sebuah wisata alam di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo. Disini Anda bisa menikmati pemandangan yang indah atau bisa melakukan kegiatan outbound yang menyenangkan.

Pemandangan yang paling menarik tentunya ada di salah satu spot yang dimana bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Wisata Kalibiru mulai dibuka sekitar tahun 2008 yang lalu dan konon katanya awal dibuka dilakukan secara swadaya oleh penduduk desa setempat.

8. Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo
Bukan hanya Puncak Bogor saja yang mempunyai kebun teh, di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta pun juga terdapat kebun teh dengan pemandangan alam yang tidak kalah menawan. Ya, kebun teh di Kulon Progo ini namanya kebun teh Nglinggo. Lokasinya berada di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kec. Samigaluh Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Ketika musim liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini untuk menikmati pemandangan indah dari perkebunan teh.

9. Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo adalah salah satu tempat wisata alam di Kulon Progo yang tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun ini terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Air Terjun Sidoharjo mempunyai tinggi sekitar 75 meter. Adanya pemandangan bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun semakin menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Pada waktu tertentu anda juga bisa melihat adanya kera berekor panjang yang sedang berkunjung di sekitar air terjun.

10. Goa Kiskendo
Goa Kiskendo
Goa Kiskendo
Wisata Goa Kiskendo di Kabupaten Kulon Progo ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam goa yang membentuk gugusan sangat indah. Lokasi Goa Kiskendo berada di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Terdapat cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini yakni menurut mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini dahulunya merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali. Kisah pertempuran ini tertulis dalam dinding goa berupa relief.
10 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar