5 Tempat Wisata di Klaten yang Paling Menarik

Advertisement
5 Tempat Wisata di Klaten yang Paling Menarik - Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mempunyai beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pesona alam di daerah Klaten yang subur dan indah dengan berbagai situs bersejarah membuat kawasan di daerah ini memiliki banyak destinasi wisata yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Tempat Wisata di Klaten yang Paling Menarik
Umbul Ponggok
Terdapat beberapa objek wisata yang dapat menjadi tujuan wisata edukatif untuk konservatif alam, sejarah dan lingkungan. Tempat ini sangatlah menarik dan indah untuk mengisi waktu liburan Anda.
Salah satu tempat wisata di Klaten adalah Candi Prambanan. Tempat ini menjadi tempat wisata paling favorit yang banyak didatangi para wisatawan. Candi Prambanan ini termasuk bagian dari kawasan destinasi wisata kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Ingin tahu tempat wisata lainnya yang ada di Klaten, Jawa Tengah? Berikut 5 Tempat Wisata di Klaten yang menarik dan wajib dikunjungi.

 Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

1. Umbul Ponggok
Anda ingin latihan menyelam sebelum benar-benar mencoba menyelam di laut? Tempat wisata di Klaten inilah salah satu tempat yang cocok. Kolam alami dengan kedalaman antara 1 - 3 meter ini sering dikunjungi wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling dan berfoto dibawah air. Sangat disayangkan jika Anda tidak mendokumentasikan tempat ini melalui foto. Disini menawarkan pemandangan bawah air berupa bebatuan alami yang dipadukan dengan warna-warni dari berbagai jenis ikan. Lokasi Umbul Ponggok ini terletak di Desa Ponggol, Kecamatan Polanharjo. Untuk menjangkau tempat ini lebih mudah dari Solo atau Salatiga. Harga tiket masuk ke wisata Umbul Ponggok 5.000 Rupiah.

 Baca juga: 11 Tempat Wisata di Solo yang Terkenal Bagus

2. River Boarding di Kali Pusur
Jika Anda pecinta river boarding, tempat wisata River Boarding di Kali Pusur ini wajib Anda coba. Di sungai ini, Anda akan melintasi tiga desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo, Klaten yang panjangnya bisa sekitar 10 km.

Andaakan merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, kadang arusnya deras, jeram dan pelan. Namun jangan khawatir, setiap pengarungan boarding akan didampingi dua orang operator. Nah, untuk bisa menikmati keseruan di river boarding ini, Anda harus membayar 150.000 Rupiah per orang. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari wisata air Cokro Tulung.

3. Warung Apung Rowo Jombor
Jika di Banjarmasin ada yang namanya Pasar Apung Kuin, di Klaten ada warung apung yang tidak biasa dijumpai di tempat lain di Indonesia. Warung apung ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 km dari kota Klaten. Di tempat ini berderet warung-warung apung yang menjajakan makanan dengan bahan dasar ikan tawar, Anda bisa menikmati semua masakan di sini sambil terapung di atas air. Tentu hal ini akan memberikan sebuah pengalaman yang mengesankan.

Baca juga: 11 Tempat Wisata Terkenal di Banjarmasin

4. Cokro Tulung
Objek wisata air yang memiliki luas 10 ha ini sebenarnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra (OMAC). Tetapi, lebih dikenal dengan sebutan Cokro Tulung karena terletak di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten. Air di sini sangat jernih dan segar karena langsung bersumber dari mata air Cakra. Tidak hanya itu, di sini juga menyuguhkan wahana wisata lainnya, seperti flying fox, jembatan goyang, waterboom, kolam arus dan kolam silinder. Adanya pepohonan besar yang terdapat di sana, menjadikan tempat wisata Cokro Tulung menjadi alternatif tempat wisata yang ramah lingkungan karena udara sejuknya. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar 10.500 Rupiah per orang.

5. Umbul Jatalunda
Pernah terbayang bisa berenang di kolam pemandian yang luas sambil ditemani ikan-ikan kecil? Anda bisa mencobanya di Umbul Jalatunda. Tempat ini konon dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan, yaitu terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan setiap kolam dipisahkan dengan dinding batu.

Kolam pemandian ini berlokasi di Kecamatan Jatinom, tepatnya sekitar 10 km dari utara Kota Klaten. Disini Anda bisa menikmati kesegaran air yang terus mengalir. Untuk harga tiketnya sebesar 3000 Rupiah.
Advertisement.
5 Tempat Wisata di Klaten yang Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Poskan Komentar