5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik

Advertisement
5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik - Karanganyar yang terletak di provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai beragam tempat wisata menarik. Sebagian besar wilayah kabupaten Karanganyar ini berada di lereng gunung Lawu sehingga udaranya relatif sejuk. Karanganyar mempunyai banyak tempat wisata dengan nuansa pegunungan. Hampir keseluruhan objek wisata yang ada di Karanganyar berada di lereng gunung Lawu

Letak Kabupaten Karanganyar ini berada di sebelah timur kota Solo. Di bagian timur kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Magetan, Jawa Timur. Salah satu objek wisata yang cukup terkenal sekaligus menjadi ikon dari kabupaten Karanganyar adalah Grojogan Sewu yang berlokasi di kecamatan Tawangmangu. Ingin tahu, apa saja tempat wisata di Karanganyar yang menarik? Berikut rangkumannya.

1. Grojogan Sewu
Grojogan Sewu
Grojogan Sewu
Grojogan sewu adalah sebuah objek wisata air terjun yang paling terkenal di Karanganyar. Air terjun ini terletak di lereng gunung Lawu tepatnya di kecamatan Tawangmangu. Air terjun atau Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun ini berada di kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu. Untuk bisa mencapai lokasi Grojogan Sewu, Anda harus melewati anak tangga yang jumlahnya mencapai 1.250.

Udara di sekitar air terjun ini sejuk. Anda bisa menikmati gemuruh suara air terjun sambil menikmati kuliner khas Tawangmangu yaitu sate kelinci yang banyak dijual disana. Di sekitar area air terjun juga banyak terdapat warung-warung lesehan untuk tempat bersantai. Memang warung disana kebanyakan menawarkan sate kelinci sebagai menu unggulan.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Solo yang Terkenal Bagus

2. Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog terletak di lereng gunung Lawu. Air terjun ini berasal dari salah satu aliran sungai lereng gunung Lawu yang jatuh dari ketinggian. Berlokasi di kecamatan Ngargoyoso tepatnya di desa Berjo, udara di sekitar air terjun ini sangat sejuk. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati hawa sejuk di sekitar air terjun. Untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Jumog, Anda akan melewati 116 anak tangga.

3. Candi Cetho
Candi Cetho
Candi Cetho
Candi Cetho adalah sebuah candi Hindu yang ada di Karanganyar. Candi Cetho ini masih aktif digunakan untuk tempat peribadatan umat Hindu. Berada di lereng gunung Lawu membuat udara disini sangat sejuk. Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec. Jenawi. Perjalanan menuju candi ini tidak akan membosankan karena melewati hamparan hijau perkebunan teh yang begitu menyejukkan mata.

4. Candi Sukuh
Candi Sukuh
Candi Sukuh
Sama seperti candi Cetho, Candi Sukuh juga merupakan candi memiliki corak Hindu. Candi ini berlokasi di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Karena terletak di lereng gunung Lawu, suasana di daerah candi ini terasa sejuk. Candi ini juga seringkali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding.

5. Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro
Tempat wisata di Karanganyar yang satu ini lebih cocok untuk rekreasi keluarga. Disini banyak tersedia wahana permainan untuk anak-anak seperti waterboom, kolam renang, flying fox dan aneka wahana permainan lainnya.Anda juga bisa berkeliling area wisata menggunakan kereta tua yang terdapat di Agrowisata Sondokoro. Agrowisata Sondokoro ini terletak di area pabrik tebu Tasik Madu daerah Karanganyar.
Advertisement.
5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar