10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi - Objek wisata Magelang yang paling terkenal adalah Candi Borobudur. Ya sebuah landmark paling mengagumkan yang sejak dari abad ke-9 dan telah menjadi warisan dunia yang sangat berharga. Keadaan wilayah Magelang yang dikelilingi gunung-gunung menjadikan Magelang memiliki pesona alam yang memikat.

Magelang adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan memiliki hawa udara yang dingin. Infrastruktur kepariwisataan yang semakin baik dan juga fasilitas serta akomodasi publik yang beragam membuat wisata di Magelang semakin menarik. Bila Anda sedang melakukan perjalanan wisata ke Jogja, maka berkunjung ke Magelang adalah salah satu pilihan yang tepat, karena jarak Jogja ke Magelang sekitar 45 km. Setibanya di sana, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan wisata Magelang.

Berikut ini ada 10 tempat wisata di Magelang terfavorit di kalangan para penikmat perjalanan yang diambil dari berbagai sumber.

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan sebuah wisata yang sangat unik karena memiliki keindahan panorama, struktur bangunan, serta adanya nilai seni yang tinggi. Candi Borobudur ini adalah salah satu landmark populer di dunia internasional, yang dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan sekaligus menjadi destinasi wisata di Indonesia yang terkenal. Anda bisa dengan mudah mencapai lokasi Candi Borobudur ini, baik dengan kendaraan kecil atau besar.

2. Ketep Pass
Ketep Pass
Ketep Pass
Ketep Pass terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Ketep Pass ini berada di jalur SSB (Solo Selo Borobudur), Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang banyak disukai wisatawan. Objek wisata di Magelang ini menawarkan Anda pemandangan gunung dan bukit yang sangat indah dan tidak kalah pula adanya hamparan pertanian yang menarik. Ketep Pass mempunyai sejumlah fasilitas wisata menarik, di antaranya seperti Bioskop Mini, Museum Vulkanologi, Teropong, Pelataran Panca Arga dan Gardu Pandang

3. Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng
Taman yang berluaskan 28 hektar ini mempunyai aneka koleksi tanaman langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran yang asli, prototipe pesawat terbang, hingga dengan berbagai fasilitas permainan. Suasana udaranya yang segar dengan pepohonan hijau menjadikan taman ini banyak disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga. Letaknya yang sekitar 1 km dari arah selatan pusat kota Magelang, Taman Kyai Langgeng juga merupakan tempat bermain anak di Magelang dengan permainan kolam renang, jetcoster dan lain-lainnya.

4. Alun-Alun Kota Magelang
Alun-Alun Kota Magelang
Alun-Alun Kota Magelang
Ini dia landmark yang menjadi kebanggaan masyarakat di Magelang. Adanya patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda dengan gagah perkasa seolah-olah menyambut kedatangan Anda untuk menuju ke tempat ini. Alun-Alun Kota Magelang adalah sebuah kawasan yang populer. Alun-Alun Kota Magelang menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Magelang hingga mencoba wisata belanja di sekitar kawasan alun-alun.

5. Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang
Jika dari Gardu Pandang Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang ini hanya berjarak sekitar 3 km. Air terjun ini ketinggiannya mencapai 40 meter dan terletak di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Air Terjun Kedung Kayang cukup dingin dan memiliki aliran yang deras. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang adalah Rp 2.500 per orang.

6. Arung Jeram di Sungai Progo Atas
Arung Jeram di Sungai Progo Atas
Arung Jeram di Sungai Progo Atas
Disinilah Anda bisa melakukan kegiatan arung jeram yang sangat menarik di Magelang. Sungai Progo Atas ini terletak di Perumahan Griya Tok Songo, Kota Magelang. Aliran Sungai Progo atas sepanjang 12 km, durasi waktu melakukan arung jeram di sungai ini sekitar 2,5 jam hingga 3 jam.

Arung jeram sungai Progo terbagi menjadi beberapa rute, yaitu arung jeram sungai Progo bagian Hulu, arung jeram sungai Progo bagian Atas dan arung jeram Sungai Progo bagian Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas letaknya di wilayah Magelang, sedangkan Sungai Progo Bawah ada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Bagi Anda yang suka akan tantangan air, Anda bisa mencoba Sungai Progo ini dan menaklukkannya.

7. Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit
Bagi Anda yang suka dengan wisata alam, air terjun sekar langit ini wajib Anda kunjungi. Suasana pegunungan yang sejuk, air yang jernih serta pemandangan alam yang menawan  menjadi daya tarik tersendiri di Air Terjun Sekar Langit. Ketinggian Air Terjun Sekar Langit sekitar 30 meter, tentunya ukuran ini cukup tinggi untuk sebuah air terjun. Harga tiket masuk ke Air Terjun Sekar Langit terbilang sangat murah. Untuk pemakai kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000, sedangkan untuk pengguna kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 3000.

8. Wisata Belanja di Pecinan
Wisata Belanja di Pecinan
Wisata Belanja di Pecinan
Ini dia tempat yang cocok bagi Anda yang suka wisata belanja, Tempat ini wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Magelang yaitu terletak di jalan pemuda, pecinan. Pecinan ini merupakan pusat niaga yang ada di Magelang, maka tidak heran jika banyak orang yang menyebut pecinan ini sebagai malioboro nya magelang.

9. Bukit Tidar
Bukit Tidar
Bukit Tidar
Jika Anda ingin melihat magelang dari ketinggian, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasana Di bukit sangat sejuk, karena di disini banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang seperti layaknya pegunungan. Di bukit tidar juga ada tempat ziarah serta petilasan tokoh agama magelang pada jaman dahulu, dan tempat yang paling terkenal serta sering dikunjungi banyak orang adalah petilasan Syekh Subakir dari Persia yang dahulu menyebarkan agama islam di Jawa tengah.

10. Taman Badaan
Taman Badaan
Taman Badaan
Taman yang berlokasi di Jalan Pahlawan ini merupakan taman yang sering dikunjungi setelah Taman Kyai Langgeng. Perbedaannya Taman Badaan ini terpusat untuk rekreasi anak yang banyak dipenuhi patung jerapah, gajah dan hewan lain. Disini, Anda juga bisa menikmati jajanan kuliner di sekitar taman badaan ini.