13 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah Paling Menarik

Advertisement
13 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah Paling Menarik - Provinsi Jawa Tengah menyimpan sejumlah tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tak hanya Yogyakarta, Solo atau Magelang saja, masih ada kota lainnya yang memiliki objek wisata menarik salah satunya di daerah Grobogan.

Ada banyak sekali tempat wisata di Grobogan meliputi wisata alam, keluarga, religi, waduk dan lainnya. Jika Anda penasaran ingin tahu apa saja tempat wisata yang ada di Grobogan, berikut daftar tempat wisatanya sebagai pilihan tujuan wisata Anda.

1. Air Terjun Widuri
Air Terjun Widuri
Air Terjun Widuri
Membahas nama Widuri jadi teringat dengan pantai Widuri di Pemalang. Namun di Grobogan ini bukan pantai melainkan ar terjun. Di air terjun Widuri ini, Anda akan merasakan suasana segar pegunungan sambil menikmati indahnya air terjun. Air terjun Widuri berlokasi di Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Untuk mencapai lokasinya dibutuhkan tenaga ekstra namun semua akan dibayar saat Anda sudah mencapai air terjun.

2. Air Terjun Gulingan
Air Terjun Gulingan
Air Terjun Gulingan
Tidak berbeda jauh dengan air terjun Widuri, di air terjun Gulingan juga menawarkan keindahan alam yang masih alami dengan udara sejuk pegunungan Kendeng utara. Air terjun Gulingan berlokasi di Dusun Sandi, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan. Selain menjadi tempat wisata menarik, di kawasan air terjun Gulingan juga biasa digunakan untuk camping atau berkemah, pelatihan pecinta alam, canyoning atau canyoneering, hunting foto, foto prewedding, olahraga offroad dan MTB.

3. Api Mrapen
Api Mrapen
Api Mrapen
Api Mrapen merupakan sebuah fenomena alam berupa keluarnya gas dari dalam tanah yang tersulut api sehingga menciptkan api yang tidak pernah padam meskipun terguyur hujan. Keunikan Api Mrapen ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak hanya api abadi saja, di kawasan wisata Api Mrapen juga aa Sendang Dudo yang konon dipercaya mampu mengobati penyakit kulit dan reumatik. Jika Anda penasaran ingin datang dan mencoba bisa ke desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.

4. Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo
Waduk yang berlokasi di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan ini bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk tujuan wisata Anda selanjutnya. Selain sebagai tempat wisata, Waduk Kedung Ombo juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik. Disini Anda bisa melihat pemandangan indah waduk yang dihiasi pasar apung dan pasar ikan segar. Menarik kan? Jadi Anda juga bisa memesan ikan bakar di Waduk Kedung Ombo. Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling waduk.

5. Waduk Klambu
Waduk Klambu
Waduk Klambu
Waduk Klambu tidak sepopuler waduk Kedung Ombo, tapi keberadaannya sudah banyak diketahui oleh warga Grobogan. Selain difungsikan sebagai irigasi, Waduk Klambu juga lumayan banyak dikunjungi terutama warga Grobogan yang ingin menikmati pemandangan alam waduk. Waduk Klambu berlokasi di Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan

6. Bledug Kuwu
Bledug Kuwu
Bledug Kuwu
Kawasan wisata berupa telaga lumpur seluas 45 hektar yang berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan ini menyajikan fenomena alam berupa letupan gelembung raksasa. Letupan gelembung lumpur ini juga mengeluarkan percikan air dan garam sehingga selain sebagai objek wisata, Bledug Kuwu juga dimanfaatkan warga sekitar sebagai lahan untuk pembuatan garam.

7. Sendang Coyo
Sendang Coyo
Sendang Coyo
Menurut kepercayaan warga setempat, Sendang Coyo merupakan sendang peninggalan Sunan Kalijogo. Sendang ini muncul dari bekas tncapan tongkat Sunan Kalijogo saat sedang perjalanan menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sendang Coyo juga diyakini warga setempat bisa membuat awet muda bagi yang mandi pada malam 1 Suro.

Selain itu, air yang jernih dan segar serta kedalamannya yang tidak lebih dari 1 meter juga cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak. Jika penasaran, Anda bisa langsung menuju ke Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Jika dari kota Purwodadi berjarak sekitar 20 km ke arah tenggara.

8. Goa Urang
Goa Urang
Goa Urang
Goa yang menjadi habitat beragam jenis kelelawar ini terletak di Desa Kemaduhbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Di goa ini, Anda akan disuguhkan pemandangan stalagmit dan stalagtit dan sungai bawah tanah. Indah kan?. Di dekat goa juga terdapat goa lainnya yaitu Gua Kembang dan Gua Gelatik.

9. Gua Macan dan Gua Lowo
Gua Macan dan Gua Lowo
Gua Macan dan Gua Lowo
Adanya pegunungan Kapur di wilayah Kabupaten Grobogan membuatnya memiliki goa-goa yang terbentuk secara alami. Selain goa Urang masih ada lagi yaitu Gua Macan dan Gua Lowo. Letak keduanya berdekatan. Dinamakan Gua Macan dan Gua Lowo karena dahulu ada binatang tersebut yang menghuni. Tapi saat ini sudah tidak ada, jadi tidak usah takut. Gua Macan dan Gua Lowo berlokasi di Dusun Watu Song Desa Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Grobogan. Di goa ini, Anda akan melihat pemandangan alam stalaktit dan stalagmit goa yang indah di tengah ribunnya pepohonan.

10. White Canyon
White Canyon
White Canyon
Tak hanya Green Canyon Pangandaran atau Brown Canyon di Semarang, di Grobogan Jawa Tengah juga ada yang namanya White Canyon atau juga dikenal dengan Tugulasi. White Canyon di Grobogan ini sebelumnya adalah kawasan bekas penambangan bukit Kapur. Seperti namanya tebing-tebing tersebut berwarna putih keemasan.

Nah, bagi Anda yang suka berpetualang White Canyon ini bisa jadi pilihan yang cocok. Selain itu tempat ini juga cocok untuk hunting foto yang keren. White Canyon berlokasi di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan.

11. Jati Pohon
Jati Pohon
Jati Pohon
Jati Pohon ini berada di pegunungan utara kota Purwodadi dan berbatasan dengan Kecamatan Sukolilo, Pati tepatnya di Desa Sumber Jatipohon, Kabupaten Grobogan. Berada di atas bukit menjadikan suasana di Jatipohon sejuk dan asri. Disini juga tersedia gardu pandang untuk melihat pemandangan kota Purwodadi, kolam renang di Langen Sari Indah, pondok lesehan, bumi perkemahan, penginapan dan lainnya.

12. Ayodya Bloombang Waterpark
Ayodya Bloombang Waterpark
Ayodya Bloombang Waterpark
Ayodya Bloombang Waterpark merupakan tempat wisata yang menjadi ikon baru kawasan Purwodadi Grobogan. Disini, terdapat dua kolam renang besar dengan berbagai wahana permainan air diantaranya twin slide, family slide, splash bucket, jacuzzi dengan atraksi utama tower slider setinggi 7 meter dan lain-lainnya.

Ayodya Bloombang WaterPark Grobogan:
Alamat: Jalan Ahmad Yani No. 1, Purwodadi 58111.
Nomor telepon: (0292) 421826
Jam Buka: Hari Selasa – Jumat: 8:00 am – 5:00 pm, Hari Sabtu – Minggu: 7:00 am – 5:00 pm.
WaterPark dengan fasilitas Tower Slide, Ember Tumpah, Kolam Bola, Kolam Renang olympic Standar Internasional, Food Court dan minimarket.

13. Cindelaras
Cindelaras
Cindelaras
Cindelaras menawarkan keindahan alam waduk yang dikelilingi hutan. Dahulu tempat ini sering digunakan untuk kegiatan kemah. Sayangnya waduk di Cindelaras ini tidak selalu ada airnya, apabila musim kemaru tiba air waduknya sering kering. Waduk Cindelaras berlokasi di Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.
Advertisement.
13 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar