10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Pati merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan beribu kota di Pati. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan, Kabupaten Rembang di sebelah timur serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di bagian barat. Ya, Kabupaten ini terkenal dengan semboyannya yakni Pati Bumi Mina Tani.

Secara geografi sebagian besar wilayah Kabupaten Pati ini merupakan daerah yang berada di dataran rendah. Selain terkenal dengan kuliner Bandeng Prestonya, Pati adalah salah satu dari dua kabupaten yang terkenal sebagai penghasil buah Manggis terbesar di Jawa Tengah selain Cilacap. Pati mempunyai sejumlah tempat wisata alam, keluarga, sejarah, religi, belanja. Nah berikut rangkuman 10 tempat wisata di Pati yang menarik untuk dikunjungi.
Waduk Gunung Rowo
Waduk Gunung Rowo
1. Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo adalah objek wisata pantai di Banyutowo tepatnya di Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 36 kilometer sebelah utara dari kota Pati. Sesuai namanya, Pantai ini bernama Banyutowo karena terletak di Desa Banyutowo.

Pemandangan yang ada di pantai ini terlihat indah dan pengunjung juga bisa menikmati pemandangan perahu nelayan yang merapat di tepi pantai.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

2. Pulau Seprapat
Pulau Seprapat adalah pulau yang ada Kabupaten Pati yakni tepatnya di daerah Juwana. Pemandangan di Pulau Seprapat sangatlah indah dan alami dengan pohon-pohon tua yang cukup rindang, sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Di tengah-tengahnya Pulau Seprapat ini, terdapat sebuah makam berbentuk musholla yang dibangun oleh warga setempat.

3. Air Terjun Santi
Berada di lereng gunung Muria tepatnya berada di desa Gunungsari kecamatan Tlogowungu, Pati. Air terjun kecil ini terbagi menjadi dua kelompok yang pertama dinamakan "Tretes" letaknya di sebelah bawah di sisi sungai.

Air terjun kedua dinamakan "Jenar" letaknya di sebelah atas. Air terjun yang kedua ini lebih besar dan tinggi daripada air terjun yang pertama. Untuk bisa mencapainya Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter. Biasanya jalur yang dilewati dukuh santi desa Gunungsari atau bisa juga melalui jalur selatan yang akan melewati dukuh jentir desa Tajungsari. Kondisi seperti ini membuat objek wisata ini masih belum dikelola dengan baik.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Sukoharjo

4. Air Terjun Grenjengan Sewu
Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun ini merupakan air terjun terindah yang ada di provinsi Jawa Tengah dengan lebar mencapai 2 meter. Berada pada ketinggian 600mdpl menjadikan tempat ini memiliki udara sejuk dan dingin dimana airnya tak akan menyusut walaupun pada musim kemarau. Pada musim penghujan air terjun ini sangatlah deras dan lebar sehingga dinamakan grenjengan seribu (sewu).

5. Air Terjun Tadah Hujan
Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter di Kecamatan Sukolilo ini menjadi tempat yang mengasyikkan khususnya bagi para muda-mudi. Meski airnya kurang jernih dan pada bagian bawah air terjun kurang nyaman untuk mandi atau bermain air, tetapi lokasinya yang di apit oleh tebing di kanan kirinya menimbulkan suasana yang tenang dan romantis. Selain itu tidak jauh dari Air terjun di sebelah bawah tersedia sebuah kolam renang dengan air yang jernih. Namun sayang, lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah desa setempat ini masih kurang mendapat perhatian dan perawatan.

6. Gua Wareh
Wareh adalah nama sebuah gua kecil yang berada di kaki perbukitan Pegunungan Kapur Utara, tepatnya terletak di Desa Kedumulyo Kec. Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 15 kilometer arah selatan Kota Pati.

Meski hanyalah sebuah gua kecil dengan panjang yang tidak lebih dari 200 meter, tapi goa ini mempunyai mitos yang sangat lekat di mata penduduk sekitar. Air yang mengalir dari dalam gua ini menjadi salah satu sumber air utama bagi warga setempat dan desa sekitarnya. Baik digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun pengairan sawah dan ladang.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Terkenal

7. Gua Pancur
Gua besar yang konon panjangnya mencapai belasan kilometer ini berlokasi di Desa Jimbaran Kec. Kayen Kabupaten Pati. Goa ini juga pernah menjadi tempat digelarnya Raimuna Daerah Gerakan Pramuka se-Jawa Tengah yaitu pada tahun 1996. Namun sayang lokasi wisata yang awalnya mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten ini sekarang terbengkalai.

8. Juwana Water Fantasy
Juwana Water Fantasy atau lebih dikenal dengan nama (JWF) adalah sebuah tempat wisata keluarga yang terdapat di Kabupaten Pati, JWF menawarkan tempat wisata keluarga bertemakan air. Sedangkan bentuk bangunan Juwana Water Fantasy ini terinspirasi dari Tembok Benteng Eropa.

Juwana Water Fantasy merupakan sarana rekreasi yang terdiri dari 37 wahana permainan yang menyenangkan. Beberapa wahana yang ada di Juwana Water Fantasy diantaranya adalah Kolam Air, Kolam Arus, Kolam Tumpah, Kolam Renang Dewasa, Seluncuran Air, Becak Air, Gua Hantu, Rotary Coaster, Arena Bermain Anak, Playground, Mini Train, Flying Fox, Bumper Car, Gokart, Bioskop 3D, Miniatur Keajaiban Dunia, Becak Mini, Lapangan Futsal, Viking Kora-kora, Panggung Gembira, Trambolin, Family Karaoke dan lain-lain.

9. Masjid Agung Baitunnur Pati
Masjid besar yang ada di Kabupaten Pati ini berada di sisi sebelah barat alun-alun kota Pati, atau lebih dikenal sebagai simpang lima. Masjid Agung Baitunnur Pati memiliki ciri khas dan keunikan salah satunya adalah kombinasi bagus antara marmer putih pada lantai dan dinding bagian depan yang berpadukan dengan ornamen kayu berwarna cokelat.

Baca juga: 10 Info Tempat Wisata Terindah di Jepara

10. Waduk Gunung Rowo
Waduk Gunung Rowo adalah sebuah waduk yang lokasinya berada di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong. Terletak di lembah yakni di antara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria sebelah timur. Waduk Gunung Rowo memiliki luas area sekitar 320 Hektar.

Selain dijadikan sebagai sarana penampungan air, waduk ini juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata di kabupaten Pati walaupun masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat.
Advertisement.
10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar