9 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Terkenal

Advertisement
9 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Terkenal - Kudus merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang mempunyai luas wilayah sekitar 42.516 hektar, secara geografis daerah ini berbatasan dengan Pati, Jepara, Demak dan Grobogan. Selain itu, Kabupaten Kudus ini dikenal sebagai penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah.

Selain terkenal sebagai Kota Kretek, Kudus juga dikenal dengan sebutan Kota Santri karena latar belakang sejarahnya yang menjadi salah satu pusat penyebaran agama islam, hal ini bisa dilihat dari terdapatnya makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Nah, apa saja tempat wisata di Kudus yang menarik dan terkenal untuk dikunjungi? Berikut 9 daftar tempat wisatanya.
Museum Kretek
Museum Kretek

1. Kawasan Wisata Colo
Kawasan wisata colo adalah salah satu tempat wisata di Kudus yang menawarkan wisata religi dan wisata alam. Obyek wisata wisata ini berada di tiga desa yaitu Desa Kajar, Colo dan Japan. Disini Anda bisa berziarah ke makam Sunan Muria atau menikmati indahnya pemandangan dan kesejukan alam pegunungan yang ada di Colo.

2. Air Terjun Montel
Air Terjun Montel adalah salah satu tempat wisata alam Kudus yang berada di kawasan wisata colo. Lokasinya di sebelah utara makam Sunan Muria. Ketinggian air terjun montel ini sekitar 50 meter. Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini, Anda dapat berjalan kaki sepanjang 1,5 km dan dalam perjalanan Anda akan melewati perkebunan kopi.

3. Waterboom Mulia Wisata
Waterboom Mulia Wisata ini beralamat di Jln Kudus-Colo, Desa Lau, Kecamatan Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Ya, Waterboom ini merupakan satu satunya wahana air yang ada di Kudus dan diresmikan tahun 2011 yang lalu. Di tempat ini terdapat berbagai wahana permainan air diantaranya seperti kolam arus, ember besar dan kolam renang standar. Bila tidak ingin bermain air, Anda bisa mencoba ATV atau hanya sekedar memancing. Ada juga mini market, warung makan, kantin dan aneka buah dan jus. Jadi Anda tidak usah kuatir dan repot-repot membawa bekal dari rumah. Waterboom ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi - 5 sore.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

4. Mata Air Tiga Rasa Rejenu dan Air Terjun Gonggomino
Mata Air Tiga Rasa terletak di Desa Japan Utara atau juga dikenal dengan nama Rejenu. Sesuai namanya, air terjun tiga rasa ini mempunyai rasa yang berbeda-beda, Kalau tidak percaya, Anda bisa mencoba sendiri meminum air yang berasal dari mata air pegunungan yang keluar dari tiga cekungan yang berbeda. Selain berwisata ke mata air tiga rasa, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Gonggomino yang masih berada di kawasan wisata Rejenu .

5. Museum Kretek
Rasanya belum afdhol jika mengunjungi "Kota Kretek" tapi belum mengunjungi Museum Kretek Kudus yang terletak di Desa Getas Pejaten, Kec. Jati Kudus Museum ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota atau sekitar 3 km ke arah selatan.

Di Museum Kretek Kudus ini, Anda bisa melihat peralatan dan mesin tradisional untuk pembuatan rokok kretek pada zamannya serta melihat diorama yang menggambarkan proses penanaman dan pengolahan bahan baku rokok kretek.

6. Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus
Menara Kudus merupakan bangunan yang terbuat dari tumpukan batu bata. Sedangkan atapnya berbentuk limas berbahan kayu. Bangunan Menara Kudus ini dibuat bertingkat-tingkat. Ada di beberapa bagian terdapat keramik dengan bentuk piring ditempel yang konon didatangkan dari tiongkok. Dari cerita masyarakat sekitar, gapura tersebut dibawa oleh Sunan Kudus Syech Jakfar Shodik yang berasal dari kerajaan Majapahit.

Menara Kudus tersebut terletak di depan Masjid Al Aqsha, bangunan tersebut masih dimanfaatkan sebagai penanda waktu telah datangnya shalat. Setiap waktu shalat tiba, petugas masjid menabuh beduk yang berada di bagian atas menara.

Selain terdapat masjid, di kawasan Menara Kudus ini, juga terdapat Makam Sunan Kudus. Makam dan Menara Kudus, hingga sekarang masih dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

7. Makam Sunan Muria
Makam Sunan Muria berada di Pegunungan Muria yakni tepatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Makam Sunan Muria juga banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah. Untuk menuju ke makam, Anda harus menaiki tangga, yang di sekelilingnya terdapat para pedagang yang menjual makanan, berbagai jenis cinderamata, pakaian dan lainnya. Untuk para Anda yang tidak ingin menaiki tangga, dapat menggunakan jasa ojek, Anda bisa menemukannya tidak jauh dari terminal wisata.

8. Situs Pati Ayam
Situs Pati Ayam terletak di Desa Terban Kec. Jekulo Kabupaten Kudus. Situs Pati Ayam ini merupakan sebuah museum tempat menyimpan berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga sekitar. Kawasan ini ditengarai merupakan pusat dari peradaban manusia purba karena banyak ditemukannya berbagai macam fosil seperti gading gajah purba, gigi geraham dan lain-lainnya.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Paling Menarik

9. Rahtawu
Rahtawu merupakan sebuah nama desa yang berada di lereng gunung Muria. Tepatnya di Kec. Gebog, Kabupaten Kudus. Rahtawu berada di ketinggian 1.627 mdpl. Disini suasana udaranya sejuk dan segar. Selain itu Anda bisa memandang pemandangan indah pegunungan ketika menuju ke desa Rahtawu. Tak hanya itu, di rahtawu Anda bisa mencoba mandi di sungai yang masih jernih dengan bebatuan sungai. Selain itu, bisa juga mengunjungi beberapa bangunan pertapaan.
Advertisement.
9 Tempat Wisata di Kudus yang Paling Terkenal | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar