Wisata Pasuruan - Taman Safari Prigen

Wisata Pasuruan - Taman Safari Prigen | Taman Safari Prigen merupakan taman safari kedua di Indonesia setelah Taman Safari Bogor. Taman safari ini juga terkenal dengan sebutan Taman Safari Indonesia 2. Lokasi area konservasi fauna ini berada di Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Kabupaten Pasuruan. Letak tamannya berada di ketinggian 800 meter di bawah permukaaan air laut, tepatnya berada di lereng Gunung Arjuna. Taman tersebut berdiri di atas lahan seluas 340 hektar, Taman Safari Prigen ini merupakan kawasan suaka margasatwa yang mampu memberikan pengalaman wisata keluarga yang seru bagi Anda dan anak-anak.
Taman Safari Prigen
Taman Safari Prigen
Taman Safari Prigen juga merupakan salah satu areal konservasi yang proaktif dalam menyelamatkan hewan langka di Indonesia agar tidak terjadi kepunahan. Seperti halya dengan yang ada di Bogor, cagar alam ini juga termasuk cagar alam yang paling berhasil di kawasan Asia.

Selain dijadikan sebagai lokasi konservasi satwa-satwa langka, taman ini juga memadukan konsep rekreasi dan edukasi yang menarik. Khususnya bagi anak-anak, mereka bisa lebih mengenal tentang kehidupan satwa pada habitat aslinya. Selain itu, juga ada beragam atraksi menarik yang bertujuan memberikan edukasi bagi para wisatawan tentang dunia satwa.

Spot Menarik yang Ada di Taman Safari Prigen
Di wisata Taman Safari Prigen, wilayah taman akan dibagi menjadi tiga zona, yakni zona kehidupan satwa, zona rekreasi dan zona Baby Zoo. Masing-masing zona memiliki fokus yang berbeda.

1. Zona Kehidupan Satwa
Di zona kehidupan satwa ini, Anda bisa melihat berbagai aneka satwa dari seluruh dunia. Zona ini terbagi menjadi 4 kawasan, yakni kawasan Asia, Kawasan Afrika, Kawasan Amerika dan Kawasan Eropa. Setiap kawasan dihuni oleh hewan dengan habitat alam yang berbeda-beda disesuaikan dengan asalnya.
Mengelilingi Taman Safari Prigen dengan Bus
Mengelilingi Taman Safari Prigen dengan Bus
Di zona ini, umumnya wisatawan akan diajak melakukan petualangan melihat kehidupan hewan sebelum mengunjungi wahan-wahana menarik lainnya. Apabila Anda membawa kendaraan mobil pribadi, Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menikmati zona ini. Anda pun juga bisa menaiki bus safari yang sudah disediakan pihak pengelola taman safari Prigen ini. Tentu saja, fasilitas ini disediakan secara cuma-cuma alias gratis.

Anda juga bisa memberi makan satwa herbivora tertentu, misalnya hewan kijang, unta, zebra, dan lainnya. Namun, pada sejumlah kawasan tertentu akan terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Misalnya, dilarang untuk membuka jendela atau pintu mobil ketika berada di habitat hewan buas. dilarang untuk terlalu lama berhenti di habitat beruang dan tidak membunyikan klakson.

2. Zona Baby Zoo
Di zona Baby Zoo, Anda bisa menikmati wahana edukasi tentang hewan-hewan yang terdapat di sana. Ada sekitar 14 pertunjukan atau exhibit satwa di zona Baby Zoo ini. Tentu hal ini adalah sarana edukasional yang tepat untuk anak-anak. Mereka bisa melihat lebih dekat berbagai satwa eksotis, seperti halnya kanguru, marmoset, harimau benggala, simpanse atau bekantan. Bahkan Anda juga diijinkan untuk menyentuh hingga menggendong anak-anak hewan yang ada di zona ini.

Cara yang biasa dilakukan banyak wisatawan di Baby Zoo ini salah satunya adalah berfoto bersama anak-anak hewan, seperti anak singa, bayi orang utan atau anak harimau.

Terdapat juga sejumlah pertunjukan satwa yang menarik di Taman Safari Prigen ini, seperti atraksi lumba-lumba, harimau, burung dan lain-lainnya. Dengan menyaksikan atraksi ini, Anda bisa mengetahui kemampuan unik hewan-hewan liar yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Di sebuah atraksi yang bernama Animal Education Show, Anda bisa menyaksikan lima pertunjukan edukatif mengenai satwa yang meliputi satwa gajah, harimau, lumba-lumba, orangutan, dan burung pemangsa.
Pertunjukan Edukatif Gajah di Taman Safari Prigen
Pertunjukan Edukatif Gajah di Taman Safari Prigen
Bila Anda ingin sesuatu yang unik lainnya, masih ada atraksi yang namanyaTemple of Terror yang mempertunjukkan aksi teatrikal yang bisa membuat jantung berdebar-debar. Di dalam pertunjukan ini, tokoh stuntman akan melakukan pertunjukan dengan dilengkapi efek khusus ledakan api. Ada puluhan satwa terlatih juga ikut ambil bagian dalam pertunjukan tersebut, seperti burung gagak, merak hijau, harimau putih, Julang Emas atau Rangkong Badak.

3. Zona Rekreasi
Di Zona Rekreasi, ada banyak wahana permainan yang menarik untuk dicoba, di antaranya yaitu puri misteri, sepeda layang, bom-bom car, rio bravo, bom-bom boat dan lainnya. Nah, bagi Anda yang suka dengan permainan ekstrem, Anda bisa mencoba permainan seperti Shooting Target, Paint Ball War Game atau Flying Fox. Di Taman Safari Prigen, Anda juga bisa berpetualang dengan menunggangi hewan besar seperti gajah dan unta.
Wahana Seru di Lazy River
Wahana Seru di Lazy River, Taman Safari Prigen
Salah satu spot yang paling banyak diminati di zona ini adalah 4D cinema. Di tempat tersebut Anda akan bisa menikmati sensasi menonton seperti di 3D Cinema. Perbedaannya kursi yang diduduki penonton bisa bergerak-gerak sehingga akan terasa lebih nyata.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wahana air di waterpark yang luasnya sekitar 3.5 hektar. Disitu, mungkin Anda ingin menguji nyali dengan meluncur di Water Slide berukuran besar dengan kecepatan hampir mencapai 50 kilometer per jam. Terdapat pula wahana menarik lainnya yang bernama Lazy River yang di mana Anda bisa mengapung sambil bermalas-malasan. Tak hanya itu, masih ada lagi wahana Crocodile Cave yang di mana Anda akan diajak melewati lintasan sambil menyaksikan satwa buaya dan arwana.

Setelah puas bermain dan perut mulai merasakan lapar, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat makan di kawasan Taman Safari Prigen. Bila Anda ingin mendapatkan pengalaman makan yang unik bisa mencoba makan siang dengan ditemani harimau putih di restoran Tiger Cave. Yang tidak boleh ketinggalan juga adalah membeli oleh-oleh di toko souvenir sebelum pulang ke rumah. Ada beragam souvenir bergambar satwa khas Taman Safari Prigen, seperti topi, tas, sticker, gantungan kunci, payung dan kaos.

Baca juga: 5 Pesona Tempat Wisata di Pasuruan Paling Menarik

Rute Perjalanan Menuju ke Taman Safari Prigen
Lokasi Taman Safari Prigen berjarak sekitar 55 km jika dari pusat kota Surabaya. Persis berada di pinggir Jalan Raya Surabaya – Malang.

Apabila Anda berangkat dari Surabaya menuju Malang, di tengah perjalanan Anda akan menjumpai buah dua gading raksasa yang ada di sebelah kanan jalan setelah Pandaan. Jika sebaliknya, Anda berangkat dari Malang menuju Surabaya, Anda akan bisa menemukan petunjuk jalan menuju Taman Safari Prigen setelah pertigaan Purwosari. Jika dari lokasi dua gading raksasa ini, Anda harus kembali menempuh perjalanan sejauh 8 km untuk bisa tiba di Taman Safari Prigen.

Posting Komentar untuk "Wisata Pasuruan - Taman Safari Prigen"