8 Tempat Wisata di Surabaya Paling Favorit 2023

8 Obyek Wisata Terfavorit di Kota Surabaya - Surabaya adalah sebuah ibukota Provinsi Jawa Timur yang merupakan kota terbesar ke 2 di negara Indonesia. Selain sebagai pusat bisnis dan pendidikan, kota pahlawan ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Apa saja tempat wisata yang ada di Surabaya ? Berikut ulasannya.

Obyek Wisata di Surabaya

1. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang terdapat di atas perairan selat Madura. Sesuai namanya, Jembatan Suramadu ini menghubungkan Surabaya dan Madura. 

Dengan panjang mencapai 5,500 m, Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Dibangun dengan tujuan mempercepat pembangunan Madura, sa'at ini Jembatan Suramadu sudah menjadi ikon sekaligus obyek wisata di Surabaya yang amat sangat terkenal.

2. Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark adalah sebuah wisata air terbesar di Surabaya dengan luas 5 hektar. Terletak di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark memiliki tema seperti dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti akan menyukainya. 

Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak terlalu dalam karena Ciputra Waterpark bangun untuk permainan air, bukan berenang, Anda tak perlu khawatir akan tenggelam jika berenang di kolam yang paling dalam karena kedalamannya hanya sekitar 1 m saja. 

Mengenai harga tiket Ciputra Waterpark yaitu Rp. 70,000 untuk hari biasa, dan  Rp. 90,000 pada akhir pekan. Harga tiket gratis untuk lansia berusia di atas 60 th, hanya menunjukkan KTP saja.

3. Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling populer. Terletak di Jalan Setail, dulu Kebun Binatang Surabaya merupakan kebun binatang paling lengkap di Asia Tenggara. 

Kebun Binatang Surabaya  mempunyai luas sektiar 37 hektar . Mengenai harga tiket masuk tak mahal yaitu Rp. 15,000.

4. Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen paling terkenal di Surabaya. Monumen yang berlokasi di Jalan Pahlawan ini memiliki tinggi lebih dari 40 m dan berbentuk sepeti paku yang terbalik. 

Tugu Pahlawan dibangun di atas lahan dengan luas lebih dari 1 hektar untuk menghormati dan memperingati seluruh prajurit Surabaya yang telah gugur dalam medan perang melawan para penjajah. Terdapat juga museum yang berisi foto-foto dokumentasi terletak di bawah Tugu Pahlawan.

5. Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran merupakan tempat wisata di kota Surabaya yang terkenal untuk keluarga yang ingin menikmati indah suasana pantai. Selain suasana Pantai Kenjeran, pengunjung dapat juga memancing ikan, membeli ikan, atau menaiki perahu. 

Bawalah tikar untuk duduk santai di bawah pohon dan menikmati indah suasana Pantai Kenjeran. di Pantai Kenjeran juga terdapat sarana bermain anak sehingga Pantai Kenjeran cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

6. Masjid Agung Al-Akbar
Masjid Agung Al-Akbar
Masjid Agung Al-Akbar
Masjid ini terletak di Jl Pagesangan, kec. Jambangan, Surabaya. Masjid Agung Al-Akbar dibangun 4 Agustus 1995 dan diresmikan tanggal 10 November 2000 oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid.

Masjid Al-Akbar merupakan sebuah masjid megah juga modern. Masjid Agung Al-Akbar merupakan masjid paling besar kedua setelah Masjid Istiqlal di kota Jakarta.

7. House of Sampoerna
House of Sampoerna
House of Sampoerna
House of Sampoerna adalah salah satu obyek wisata Surabaya yang wajib anda kunjungi karena museum ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus merupakan museum yang menarik. Model bangunan bergaya Belanda juga tiang bagian depan yang unik berbentuk seperti rokok, House of Sampoerna adalah tempat bersejarah yang dilestarikan oleh negara.

Museum House of Sampoerna memiliki koleksi alat pengolah tembakau, berbagai jenis pematik, foto keluarga , replika kios, alat-alat musik, dll. Selain itu kita juga bisa membeli souvenir ataupun melihat proses pembuatan rokok yang terdapat di lantai 2 House of Sampoerna.

8. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu obyek wisata Surabaya terfavorit untuk kategori wisata alam. Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang sangat cocok untuk menikmati ketenangan alam karena lokasi yang jauh dari keramaian kota. 

Berlokasi dekat dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menyuguhkan keindahan alam yang sangat alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo anda bisa berjalan menyusuri jembatan bambu yang ada di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo.  Anda juga dapat menikmati asri Hutan Mangrove engan menggunakan perahu.

Mau liburan di Surabaya bersama rombongan? Anda bisa gunakan jasa sewa bus surabaya dari Lidya Trans Holiday. Dapatkan pelayanan terbaik, fasilitas bus pariwisata baru, dari penyedia layanan sewa bus pariwisata yang paling profesional di Indonesia.