Pesona 5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Menarik

Pesona 5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Menarik - Ubud Bali adalah salah satu destinasi wisata yang berbeda dari sejumlah tempat wisata di Bali. Dari sekian banyak objek wisata pantainya yang menarik dan romantis, Pulau Bali juga menyuguhkan sebuah tempat di mana Anda bisa menikmati kedamaian dan suasana yang tenang. Tempat tersebut terletak di Kabupaten Gianyar. Tak hanya itu, kawasan wisata Ubud Bali juga terkenal dengan seni, sejarah dan budayanya yang sangat mempesona.

Ubud di Bali memang sudah lama dikenal oleh kalangan penikmat perjalanan, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Ubud merupakan sebuah kecamatan di Bali yang mencakup 13 banjar yang membawahi 6 desa adat. Umumnya wilayah Ubud dikelilingi sawah-sawah serta hutan-hutan yang diapit oleh sungai dan jurang. Inilah yang semakin menambah keindahan alam Ubud di Bali, tentu akan memberi inspirasi bagi siapapun yang mengunjunginya, serta sikap ramah masyarakat lokal.
Ubud Bali yang Menarik
Ubud Bali yang Menarik
Destinasi wisata Ubud Bali juga salah satu tujuan wisata favorit bagi mereka para seniman. Di Ubud ini Anda akan banyak menjumpai para seniman dari Eropa, jadi tak hanya di kalangan domestik saja. Kesenian lukis, tari, ukir adalah hal menarik Ubud dan telah menjadi identitas tempat tersebut yang sebenarnya. Di sinilah Anda bisa menggali berbagai sisi unik dan menarik dari tradisi dan budaya masyarakat Bali. Pertunjukan tari Kecak, Legong dan Barong bisa Ada saksikan di Ubud pada tiap minggunya. Selain itu, ada juga drama tari klasik Ramayana dan Mahabarata, wayang kulit khas Bali serta pertunjukan gamelan.

Ubud semakin terkenal dengan adanya sebuah film Hollywood berjudul "Eat, Pray, Love" yang dibintangi aktris legendaris yaitu Julia Roberts dan Christin Hakim yang menjadikan Ubud Bali sebagai salah satu lokasi shooting film. Hal ini merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap eksistensi Ubud sebagai salah satu tempat wisata di Bali paling menarik yang harus dikunjungi. Apabila Anda berjalan-jalan mengelilingi Ubud, ada banyak galeri seni dan sentra kerajinan lokal. Ingin belajar melukis? Ubud adalah salah satu tempat di Bali yang juga direkomendasikan. Perasaan damai, persahabatan dan keindahan alam adalah sejumlah hal yang akan Anda temukan di Ubud ini.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Menarik

Terdapat banyak tempat dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika Anda mengunjungi kawasan wisata Ubud Bali ini. Untuk Anda yang cinta akan seni, singgah dari satu galeri ke galeri lain untuk menikmati beragam karya dari seniman-seniman lokal adalah hal yang biasa dilakukan. Atau bisa juga mengunjungi pentas-pentas seni untuk menikmati tarian tradisional Bali. Untuk bisa menikmati kedamaian di Ubud Bali secara penuh cara terbaiknya adalah dengan menginap selama beberapa hari di sana.

Berikut ini beberapa objek wisata Ubud yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Puri Agung Ubud
Puri Agung Ubud
Puri Agung Ubud
Berada tepat di tengah Ubud, tempat inilah yang menjadi pusat pemerintahan dari Kerajaan Ubud pada tempo dulu. Puri ini juga merupakan pusat kegiatan seni budaya dan adat yang selalu diselenggarakan di depan puri tersebut. Penataan ruang dan bangunan puri ini masih sama sebagaimana asal mulanya.

Anda bisa menikmati suguhan pertunjukan tari Bali di halaman depan Puri Agung Ubud, tepatnya pada sebuah area disebut Ancak Saji yang diadakan seminggu sekali. Tak hanya itu, Anda bisa menyaksikan berbagai kelompok seni musik di Ubud yang sedang berlatih di kawasan puri ini.

Di Pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai kios yang menjual barang khas kesenian Bali, mulai dari kain, baju, kerajinan tangan seperti aksesoris, tas, topi, pajangan dinding, souvenir, lukisan dan masih ada banyak lainnya. Pasar ini adalah salah satu tempat untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang rekomendasi. Ada hal yang menarik, di pasar ini, Anda bisa membeli berbagai souvenir khas Bali dan kerajinan lokal dengan harga yang jauh lebih murah dibanding tempat-tempat lainnya di Pulau Bali. Namun, Anda harus mempunyai kemampuan untuk tawar menawar harga.

2. Taman Wanara Wana
Taman Wanara Wana
Taman Wanara Wana
Diambil dari bahasa Sanskerta, yaitu Wanara yang artinya kera dan Wana artinya hutan. Para wisatawan mancanegara lebih mengenalnya dengan sebutan "Monkey Forest". Hutan kecil ini menjadi habitat para ratusan spesies kera di Ubud yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hewan kera di tempat ini secara umum jinak dan Anda pun bisa juga memberinya makanan.

Kearifan masyarakat lokal menyebut hutan ini sebagai sebuah hutan yang sakral. Di kawasan hutan ini juga terdapat tiga pura kuno yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pura Dalem Padangtegal, Pura Pemanduan Suci dan Nista Mandala. Hutan ini juga sebuah Makam Desa yakni tempat di mana Anda bisa menyaksikan langsung upacara Ngaben yang menjadi ciri khas Pulau Bali. Anda dapat menemui prosesi lengkap upacara di pura maupun upacara pembakaran mayat (Ngaben) di kawasan wisata Ubud Bali yang satu ini.

3. Pasar Seni Ubud atau Ubud Art Market
Pasar Seni Ubud
Pasar Seni Ubud
Sebenarnya Pasar Seni Ubud ini adalah pasar tradisional biasa yang lazim ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Akan tetapi, saat waktu sudah mulai masuk tengah hari, di pasar ini Anda akan menemukan banyak kerajinan kesenian. Di Pasar Seni Ubud terdiri dari dua lantai, lokasinya di pusat Ubud, tepat berada di depan Puri Agung Ubud atau bangunan bekas kantor pemerintahan di masa Kerajaan Ubud jaman dulu.

4. Museum Puri Lukisan
Museum Puri Lukisan
Museum Puri Lukisan
Kawasan wisata Ubud Bali juga terkenal sebagai salah satu sentra karya lukis di Indonesia. Oleh karena itu, mengunjungi Museum Puri Lukisan di Ubud merupakan satu hal yang menarik untuk dilakukan. Di museum Puri Lukisan ini, Anda bisa menyaksikan berbagai karya lukisan seniman lokal yang mampu mengundang decak kagum.

Museum yang telah berdiri sejak pertengahan tahun 1950-an ini banyak menyimpan koleksi terbaik lukisan dari berbagai sekolah seni di Pulau Dewata. Di museum ini juga Anda bisa mengetahui aliran seni di Bali yang pada awalnya bertransformasi dari corak tradisional hingga corak modern yang dipelopori oleh seniman lukis Ubud.

5. Menikmati Wisata Kopi Bali di Ubud
Tempat yang satu ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Dibalut dengan konsep agrowisata, di tempat ini Anda tak hanya bisa bersantai sambil menikmati kopi di saung-saung yang telah tersedia, tapi juga bisa melihat proses pengolahan kopi dari awal.

Anda akan diajak berkeliling kebun kopi yang terdapat di sana untuk melihat berbagai jenis tanaman kopi. Anda juga bisa melihat hewan luwak dengan hasilnya kopi luwak di kawasan agrowisata ini. Untuk bisa menikmati secangkir kopi luwak asli, Anda cukup mengeluarkan biaya yang tidak lebih dari 80.000 Rupiah saja. Apabila suka, Anda bisa membeli berbagai varian kopi yang dijual di sana untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga.

Hotel yang Ada di Kawasan Wisata Ubud Bali
Meskipun hanyalah sebuah kecamatan, namun Ubud di Bali adalah sebuah kawasan wisata yang berkelas internasional, disana tersedia fasilitas akomodasi sebagaimana pada hotel di Kuta Bali. Terdapat banyak hotel dan resort yang ada di Ubud Bali, baik hotel dari kelas bintang hingga penginapan murah yang menarik lainnya, seperti hotel melati dan homestay. Untuk bisa menikmati wisata Ubud adalah dengan menginap selama beberapa hari di sana. Rasanya tinggal Homestay akan menjadi jalan terbaik untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam kehidupan masyarakat Bali yang sesungguhnya.

Perjalanan Menuju ke Ubud di Bali
Tidak begitu sulit untuk menuju kawasan wisata Ubud Bali ini. Mengeksplorasi keramahan dan keindahan Ubud pun bisa dilakukan dengan mudah. Beberapa objek wisata di Ubud fokus pada satu lokasi yang saling berdekatan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta atau Bandung, maka jarak tempuh untuk bisa sampai di Ubud adalah sekitar 40 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Jika berkendara sendiri menggunakan mobil dari bandara tersebut melewati Jl. Bypass Ngurah Ra dan selanjutnya melewati Jl. Raya Batu Bulan - Jl. Raya Singapadu - Jln. Raya Lodtunduh akan menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Anda juga dapat menempuh perjalanan ke Ubud Bali ini dari Surabaya yang kemudian menaiki kapal penyeberangan di Banyuwangi.

Posting Komentar untuk "Pesona 5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Menarik"