8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Dikunjungi - Salatiga adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang lokasinya berada diantara kabupaten Boyolali dan Ungaran. Kota kecil berhawa sejuk dan memiliki tatanan kota yang rapi. Salatiga berada di kaki gunung Merbabu sebelah utara dan juga dekat dengan gunung Ungaran. Sehingga udara di kota ini terasa menyegarkan. Pemandangan di Kota Salatiga sangat indah. Bila cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat gunung Merbabu yang berdiri gagah dari pusat kota.
Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Meskipun hanya mempunyai 4 kecamatan, Salatiga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, menjadikan objek wisata di Salatiga kebanyakan menawarkan nuansa alam pegunungan. Nah, jika Anda sedang liburan ke Salatiga dan mencari tempat wisata menarik yang ada disana, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Salatiga yang wajib Anda kunjungi.

1. Wahana Air Atlantic Dreamland
Jika Anda ingin mencari tempat piknik yang letaknya tidak jauh-jauh dari kota Salatiga, Anda bisa datang ke Atlantic Dreamland. Di Atlantic Dreamland ini Anda bisa menemukan berbagai macam wahana bermain seperti wisata Ancol di Jakarta. Karena mengusung konsep taman bermain, kebanyakan pengunjung di sini adalah anak-anak dan orang tua.

Terdapat beberapa wahana permainan yang bisa Anda coba, antara lain circular track, waterboom, watertoys, boom-boom car, game center,jet coaster, carousel, softplay, bioskop 4 dimensi, waterball, balon loncat, battery car, dan kuda poni. Ada juga wahana yang lebih menentang, yakni flying fox. Atlantic Dreamland ini adalah salah satu obyek wisata yang paling digemari dan paling populer di Salatiga. Pastikan tak sendirian jika Anda berkunjung ke sini, karena datang bersama keluarga atau teman akan lebih mengasyikan menikmati beragam wahana di sini.

2. Kopeng
Kopeng merupakan daerah paling favorit di Salatiga yang mempunyai pemandangan indah, dan salah satu jalur pendakian ke gunung Merbabu. Kopeng berada di Kec. Getasan Kab. Semarang. Jarak menuju Kopeng lebih dekat dengan kota Salatiga dari pada Semarang. Hanya berjarak 14 km dari kota Salatiga, walaupun secara administratif Kopeng masuk kabupaten Semarang.

Kopeng adalah sebuah desa wisata yang terletak di kaki gunung Merbabu, gunung Andong, dan gunung Telomoyo. Jadi, udara di Kopeng ini begitu sejuk karena dikelilingi alam pegunungan. Selama berada di Kopeng, Anda dapat mengunjungi beberapa wahana serta objek wisata alam yang terdapat disana

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Semarang yang Terkenal

3. Bukit Cinta
Rawa Pening adalah sebuah rawa yang sangat terkenal di Ambarawa, Salatiga, Jawa Tengah. Letak rawa ini juga tidaklah terlalu jauh dari kota Salatiga. Terdapat sebuah objek wisata menarik di tepi Rawa Pening yang mempunyai nama yang unik namanya Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan sebuah bukit yang berada di tepi Rawa Pening yakni tepatnya di desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru, Semarang. Bukit Cinta ini memiliki pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

4. Air Terjun Umbul Songo
Air terjun Umbul Songo adalah sebuah air terjun yang berada di Kopeng. Air terjun ini masih terbilang sepi karena lokasinya yang cukup jauh. Disekitar Air terjun ini dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau yang akan menjadikan suasana sejuk dan segar di mata. Air terjun ini setinggi 15 meter dan berada pada ketinggian sekitar 1.450 meter dibawah permukaan laut.

Karena lokasi air terjun ini berada di desa wisata Kopeng maka ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk menuju kesana. Jika Anda tidak terbiasa berjalan kaki terlalu jauh, maka Anda bisa menyewa kuda untuk mengantarkan kesana. Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan disambut oleh gemuruh suara air terjun serta suasana yang sejuk

5. Pemandian Air Alam Muncul
Pergi ke sebuah pemandian juga merupakan sebuah pilihan menarik  ketika sedang berada di Salatiga. Terdapat sebuah tempat pemandian yang bisa Anda kunjungi. Pemandian tersebut adalah Pemandian Air Alam Muncul. Pemandian ini terletak di desa Rawa Boni kecamatan Banyubiru, Semarang. Berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Salatiga

Lebar pemandian ini 20×40 meter. Air disini benar-benar meyegarkan karena sumber airnya berasal dari mata air alami yang berada di dasar kolam. Tak hanya itu, di pemandian ini juga ada ikan-ikan kecil yang berenang secara bebas sehingga kesan alaminya sangat terasa.

6. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti adalah kolam renang yang berada di ketinggian bukit. Berenang di kolam renang ini akan memberikan sebuah pengalaman baru yang menyenangkan. Karena lokasinya berada di puncak bukit, maka disini Anda bisa menikmati pemandangan alam hijau sambil berenang.

Bila cuaca sedang cerah pemandangan di sekitar kolam Umbul Sidomukti terlihat sangat indah. Selain bisa berenang di alam terbuka dengan suguhan pemandangan hijau, Anda juga bisa menjajal wahana flying fox untuk menikmati pemandangan sambil meluncur dari atas ketinggian.

Menariknya lagi, kolam renang di Umbul Sido Mukti ini dibuat secara bertingkat sesuai dengan tingkat kedalamannya. Terdapat 4 buah tingkatan kolam renang di Umbul Sido Mukti. Tentu berenang di air dingin dan pemandangan alami di Umbul Sido Mukti akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan

7. Museum Kereta Api Ambarawa
Dahulunya tempat ini adalah stasiun kereta api komersial. Namun sekarang difungsikan sebagai stasiun kereta api wisata serta museum. Di sini Anda bisa menaiki kereta wisata yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tetapi, Anda harus menyewa sekalian satu gerbong.

Selain itu di dalam stasiun ini juga terdapat lokomotif uap zaman Belanda yang diparkir. Ya, bangunan museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda sehingga cocok bagi Anda pecinta wisata sejarah. Jika sedang beruntung, disini Anda bisa menyaksikan tarian tradisional yang dipentaskan oleh seniman sekitar.

8. Tlogo Plantation
Berlokasi di antara Tuntang – Beringin, km 2 Salatiga, tempat wisata di Salatiga ini menawarkan wisata alami. Misalnya saja tour ke perkebunan kopi ataupun aktivitas di perkebunan untuk anak-anak. Di tempat ini juga terdapat resort dengan suasana yang asri dan cocok bagi Anda yang ingin dekat dengan alam.

Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Dikunjungi"