10 Tempat Wisata di Boyolali Paling Menarik

Advertisement
10 Tempat Wisata di Boyolali Paling Menarik - Kabupaten Boyolali berada di Jawa Tengah. Dahulunya kabupaten ini tergabung dalam karesidenan Solo atau Surakarta. Kabupaten Boyolali lokasinya sangat strategis karena berada di antara kota Solo, Jogja, Semarang dan Magelang. Terletak di kaki dua gunung yakni gunung Merapi dan Merbabu membuat Boyolali memiliki banyak sekali tempat wisata mempunyai hawa sejuk yang patut untuk dikunjungi.

Boyolali juga terkenal sebagai kota susu. Di kabupaten ini banyak ditemukan peternak susu dengan hasil produksinya susu sapi. Susu sapi ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan susu. Selain dijual ke perusahaan susu, ada juga yang dijual langsung ke konsumen atau dijajakan di pinggir jalan dengan menambah varian rasa.
Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang

1. Wisata Tlatar
Tlatar merupakan tempat rekreasi keluarga di Boyolali yang cukup terkenal. Pada akhir pekan tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung. Mereka yang datang tidak hanya warga Boyolali saja namun juga dari beberapa kota di sekitarnya seperti Solo serta Klaten. Di Tlatar ini Anda bisa menikmati sajian kuliner sambil bermain air.

Sebagai sebuah ekowisata, nuansa alam di Tlatar begitu terasa. Fasilitas dan wahana yang tersedia pun cukup lengkap. Selain tempat bermain yang diberi nama "Kolam Keceh", terdapat juga wahana menarik lainnya seperti kolam renang anak, becak air serta terapi ikan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Klaten Paling Menarik

2. New Selo dan Trekking Gunung Merapi
New Selo adalah salah satu tempat terbaik untuk bisa menikmati kemegahan dari Gunung Merbabu. Dari tempat ini Anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan gunung Merbabu. Lokasi New Selo yang berada di ketinggian memungkinkan Anda untuk bisa menyaksikan pemandangan hijau dari ketinggian. Tentu akan sangat menarik.

New Selo merupakan jalur yang dilewati ketika melakukan pendakian Gunung Merapi. Oleh karena itu, Anda akan menjumpai warung-warung yang menyediakan berbagai minuman serta makanan. Biasanya para pendaki yang baru saja melakukan pendakian mampir ke warung tersebut untuk memesan minuman hangat sambil istirahat sejenak.

3. Trekking Gunung Merbabu
Selain trekking di Gunung Merapi, Anda juga bisa mencoba Trekking di Gunung Merbabu. Bagi para pendaki, Gunung Merbabu ini menjadi salah satu tujuan favorit di Boyolali. Lokasi gunung Merbabu terletak di antara kabupaten Boyolali, Magelang dan Salatiga. Adapun jalur pendakian Gunung Merbabu paling mengesankan karena mempunyai pemandangan yang indah yaitu jalur Selo di Boyolali. Selain itu. pendakian melalui jalur Selo juga akan melewati beberapa padang sabana luas yang dipenuhi oleh bunga edelweis.

4. Pemandian Umbul Pengging
Pemandian Umbul Pengging ini terletak di Desa Pengging, Kec. Banyudono Kab. Boyolali. Terdapat beberapa pemandian ber-arsitektur kuno di kawasan wisata Umbul Pengging ini. Konon katanya Pemandian ini merupakan tempat peristirahatan dari Raja Kasunanan Surakarta. Pemandian ini berada di dalam kompleks Pengging dan dahulunya juga dipergunakan untuk pemandian keluarga kerajaan.

5. Air Terjun Kedung Kayang
Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu tempat wisata di Boyolali yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang ini berada di antara dua Gunung yaitu Merapi dan Merbabu. Tempat wsiata ini juga berada di perbatasan dua wilayah yakni Magelang dan Boyolali. Jika Anda ingin berkunjung kesini, Air Terjun Kedung Kayang terletak di perbatasan antara Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang dan Desa Klakah Kec. Selo Kab. Boyolali.

6. Waduk Badhe
Waduk Bade ini adalah sebuah tempat wisata lokal yang menarik di Boyolali. Terlebih disaat sore hari, Anda bisa melihat pemandangan sunset yang dipadukan waduk ini. Lokasi Waduk Bade terletak di desa Bade, Kecamatan Klego. Lokasi waduk ini konon berada di tengah-tengah kecamatan Klego yang sebagian wilayahnya merupakan area pertanian. Sehingga adanya waduk ini dapat mengairi sawah-sawah tersebut. Waduk Klego juga merupakan salah satu lokasi favorit warga sekitar yang mempunyai hobby memancing

7. Waduk Cengklik
Selain Waduk Badhe, di Kabupaten Boyolali juga mempunyai sebuah waduk lain yang namanya Waduk Cengklik. Lokasinya berada di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kec. Ngemplak, Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Sebenarnya destinasi Wisata di Boyolali ini lebih diperuntukkan bagi yang hobby memancing, karena di waduk ini banyak dimanfaatkan untuk memancing. Tapi bagi Anda yang hanya ingin menikmati keindahan dan suasana Waduk Cengklik menikmati makanan nikmat yang tersedia di warung makan sekitar waduk. Biasanya menu tersebut berupa ikan air tawar dengan berbagai macam olahan

8. Waduk Kedung Ombo
Kedung Ombo merupakan sebuah waduk besar yang lokasinya termasuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu Boyolali, Kabupaten Sragen serta Grobogan. Jika di Kabupaten Boyolali, waduk ini berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Berjarak sekitar 50 km arah utara kota Boyolali. Selain berfungsi untuk mengairi sawah, waduk ini juga memiliki objek wisata yang sangat menarik

Di area wisata Gedung Ombo, Anda akan melihat pemandangan rumput hijau yang sangat luas. Selain itu, di sekitar kawasan area wisata juga terdapat pasar ikan tradisional. Disana Anda bisa memesan ikan bakar yang ikannya diambil langsung dari waduk sehingga masih segar. Terdapat juga beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti tempat pemancingan, camping ground serta hutan wisata.

9. Agrowisata Sapi Perah Cepogo
Tempat wisata di Boyolali yang menarik selanjutnya adalah Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Seperti yang sudah dibahas, Kabupaten Boyolali terkenal sebagai penghasil susu sapi perah. Salah satu produk dari susu sapi ini dipasok dari sebuah wilayah yang berada di Kecamatan Cepogo. Untuk menambah pengetahuan tentang budidaya sapi perah maka dikembangkanlah sebuah agrowisata di Kecamatan Cepogo. Di Agrowisata ini Anda bisa melihat secara langsung proses budidaya sapi perah mulai dari pemberian pakan, manajemen kandang, pemerahan susu dan sebagainya. Selain bisa melihat langsung, bisa juga mencoba langsung, terutama pada proses pemerahan susu sapi. Aktifitas ini yang sangat digemari pengunjung karena bisa menambah pengalaman dan tentunya berkesan. Tidak lupa pula, Anda juga bisa mencicipi langsung hasil perasan susu sapi segar tersebut, tapi yang sudah dimasak ya.

10. Kampung Lele
Kampung lele merupakan sebuah julukan yang diberikan untuk sebuah wilayah di Boyolali karena sebagian dari warganya beternak lele. Kampung lele ini berlokasi di desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Di Kampung lele Anda bisa belajar langsung budidaya ikan lele serta melihat langsung pengolahan ikan lele menjadi aneka masakan serta menjadi abon lele.
Advertisement.
10 Tempat Wisata di Boyolali Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Poskan Komentar