8 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Paling Menarik

Advertisement
8 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Paling Menarik - Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan termasuk dalam eks karesidenan Surakarta. Wonogirri juga terkenal akan makanan tradisionalnya yakni tiwul. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum mengetahui sama sekali jenis makanan ini, namun jenis makanan ini ternyata banyak dikenal masyarakat dari berbagai daerah. Terdapat juga wisata waduk Gajah Mungkur yang memang menjadi ikon tersendiri untuk Wonogiri.

Untuk anda yang tertarik untuk berwisata ke daerah ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui beberapa tempat wisata di Wonogiri sebagai tujuan wisata Anda. Nah, apa saja tempat wisata di Wonogiri yang menarik? Berikut 8 rangkuman tempat wisata di Wonogiri.

1. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Berbicara tentang tempat wisata di Wonogiri rasanya tidak lengkap kalau tidak membahas Waduk Gajah Mungkur. Ya, tempat wisata Waduk Gajah Mungkur ini telah menjadi salah satu ikon wisata di Wonogiri. Lokasi Waduk Gajah Mungkur berjarak sekitar 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk buatan yang dibangun untuk tujuan pertanian ini mulai dibangun pada tahun 1970 dan selesai tahun 1978.

Luas Waduk Gajah Mungkur sekitar 8800 ha dan bisa untuk mengairi ribuan hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Sekarang ini di lokasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan sebagai objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Disini Anda bisa menikmati panorama waduk yang indah serta menikmati berbagai hasil ikan yang lezat dari waduk ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Klaten Paling Menarik

2. Pantai Nampu
Pantai Nampu
Pantai Nampu
Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri ini menawarkan pemandangan pasir putih dan batu karang yang sangat indah. Pantai ini terbilang masih asri dan masih belum banyak terjamah manusia. Udara pantainya yang segar dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Nampu ini berlokasi di Kecamatan paranggupito Wonogiri, Untuk bisa mencapainya, Anda bisa naik bis umum dari Kota Solo menuju ke arah Kecamatan paranggupito. Untuk harga tiket masuk ke Pantai Nampu sangat murah yaitu Rp 2000.

3. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan
Pantai Sembukan
Pantai Sembukan berada di Kecamatan Paranggupito, selain mempunyai pemandangan yang indah, pantai ini juga dijadikan sebagai tempat bermeditasi dan ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Di waktu tertentu, lokasi Pantai Sembukan ini biasa diadakan acara larung dan wayangan yakni sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain untuk tempat berwisata, di Pantai Sembukan juga dijadikan lokasi pemancingan yang asyik.

4. Air Terjun Binangun Watu Jadah
Air Terjun Binangun Watu Jadah
Air Terjun Binangun Watu Jadah
Air Terjun Binangun Watu Jadah ini tempat wisata yang masih tersembunyi di Wonogiri. Tempat ini belum banyak diketahui orang, karena untuk mencapai lokasinya dibutuhkan perjalanan darat dengan berjalan kaki sekitar 1 jam, dan dalam perjalanan Anda akan melewati pemandangan sawah dan perbukitan Pegunungan Lawu Selatan. Air Terjun Binangun Watu Jadah ini berada di kecamatan Jatipurno tepatmya di Dsn Grenjeng, Desa Girimulyo.

5. Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo
Tempat wisata pantai di Wonogiri yang satu ini juga terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya terletak di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini "Banyutowo" memiliki arti air tawar. Berarti di pantai ini terdapat air tawar yang berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat pemandangan berupa batu karang yang indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia yang terdapat di Wonogiri ini mempunyai kemiripan dengan Museum Wayang yang ada di Jakarta yakni sama-sama menyimpan koleksi berupa wayang yang merupakan warisan kebudayaan adiluhung masyarakat Jawa. Ada berbagai macam koleksi wayang yang bisa Anda jumpai disini diantaranya adalah wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng dan lainnya. Dengan museum wayang ini diharapkan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi muda-mudi untuk mengenal salah satu kebudayaan asli Indonesia. Jika Anda ingin berkunjung ke Museum Wayang, lokasinya berada di Kecamatan Wuryantoro.

7. Arena Papan Luncur (Olahraga Gantole)
Arena Papan Luncur (Olahraga Gantole)
Arena Papan Luncur (Olahraga Gantole)
Gantole dan paralayang merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang sehingga diperlukan nyali yang tinggi. Nah, di Kabupaten Wonogiri ini juga terdapat tempat khusus yang bisa Anda gunakan untuk olahraga gantole. Tempatnya berada di bukit Desa Sendang. Jangan kuatir, Arena papan luncur ini biasa digunakan oleh atlet gantole dan paralayang tingkat provinsi Jawa Tengah. Tingkat ketinggian disini dibagi menjadi dua yaitu 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang tertarik dan ingin mencoba olahraga ini bisa langsung datang ke Wonogiri.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

8. Air Terjun Setren
Air Terjun Setren
Air Terjun Setren
Jika di Kabupaten Karanganyar terdapat Air Terjun Tawangmangu, di Wonogiri ini memiliki Air Terjun Setren.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Karanganyar Paling Menarik

Air Terjun Setren berada di Desa Setren Kecamatan Slogohimo. Terletak sekitar 30 km arah timur dari Kota Wonogiri. Setiap harinya lokasi wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang kebanyakan pasangan muda-mudi serta para pecinta alam.
8 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar