17 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Anda Kunjungi

17 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Anda Kunjungi - Kendal merupakan salah satu Kabupaten di Jawa tengah yang bersebelahan dengan Semarang sehingga dikenal dengan kota satelit. Kabupaten ini juga berbatasan dengan Laut Jawa dibagian utara sehingga memiliki sejumlah wisata pantai yang indah.

Namun tak hanya wisata pantai saja, banyak tempat wisata yang ada di Kendal meliputi air tejun, goa atau wisata buatan yang menarik dikunjungi. Daripada penasaran, berikut rangkuman tempat wisata di Kendal Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

1. Kebun Teh Medini
Kebun Teh Medini
Kebun Teh Medini
Tak hanya kebun teh di puncak Bogor saja yang menarik dikunjungi, tapi di Kendal ada juga kebun teh Medini yang tak kalah indah dengan latar belakang Gunung Ungaran. Kebun teh ini berlokasi di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Di kebun teh Medini, Anda akan disuguhi pemandangan indah perkebunan teh seluas 386,82 hektar yang mampu menyegarkan mata.

2. Curug Glawe
Curug Glawe
Curug Glawe
Curug Glawe memang belum terlalu dikenal masyarakat luas, namun keindahannya tak perlu diragukan. Curug setinggi lebih dari 20 meter ini terbagi menjadi dua tingkat air terjun. Tingkat yang pertama sedikit lebih tinggi dan tingkat kedua lebih rendah. Diantara kedua tingkat air terjun ini terdapat kolam berdiameter sekitar 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Curug Glawe berlokasi di Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

3. The Sea Pantai Cahaya
The Sea Pantai Cahaya
The Sea Pantai Cahaya
The Sea Pantai Cahaya merupakan salah satu objek wisata andalan Kendal yang menawarkan fasilitas wisata lengkap. Selain wisata pantai, disini juga ada kolam renang, atraksi lumba-lumba dan minizoo. Selain itu masih ada wahana Water King yang menarik.

The Sea Pantai Cahaya berlokasi di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Akses menuju ke tempat ini jika menggunakan kendaraan umum cukup sulit karena keberadaannya yang terpencil. Jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau meyewa kendaraan dari Semarang atau Kendal.

4. Agro Wisata Ngebruk Patean
Agro Wisata Ngebruk Patean
Agro Wisata Ngebruk Patean
Agro Wisata Ngebruk Patean merupakan tempat satu-satunya yang menyediakan buah unggul yang menempati lahan seluas 234 hektar. Buah unggulan tersebut diantaranya seperti buah durian montong, lengkeng itoh, buah naga, Sirkaya Grand anona, Rambutan Binjai dan Ropiah serta Jambu Citra.

Di Agro Wisata Ngebruk Patean yang berlokasi di Desa Sidokumpul Kecamatan Patean Kabupaten Kendal ini tak hanya melihat buahnya saja, pengunjung juga bisa menyusuri perkebunan, memetik buah dan menikmati buah yang disukai.

5. Pantai Ngebum
Pantai Ngebum
Pantai Ngebum
Pantai Ngebum menawarkan pemandangan yang indah pantai dengan hamparan pasir kecoklatan. Pantai ini juga biasa digunakan untuk berenang namun jangan terlalu kedalam laut karena bisa berbahaya. Di pinggir pantai, Anda akan menemukan banyak orang yang menyewakan pelampung. Jika Anda tertarik pergi ke pantai Ngebum bisa menuju ke Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

6. Pantai Jomblom
Pantai Jomblom
Pantai Jomblom
Pantai di Kendal lainnya yaitu Pantai Jomblom. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terlebih saat hari libur. Di pantai ini, Anda akan menjumpai tanaman mangrove atau bakau yang rimbun untuk menhalau ombak pantai yang cukup besar. Selain bisa menikmati keindahan pantai Jomblom, disini Anda juga bisa memancing ikan di tepi pantai. Pantai Jomblom berlokasi di Desa Margorejo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.

7. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo
Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo
Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo
Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo adalah salah satu wisata alam di Kendal yang banyak digemari. Di obyek wisata yang terkenal dengan nama Gonoharjo Hot Spring Water ini menawarkan sumber mata air panas dan kolam renang dengan dikelilingi pepohonan yang sejuk. Fasilitas yang tersedia disini diantaranya kolam renang air panas, kolam renang air dingin, pemancingan, villa, area parkir, toilet, kebun binatang mini, camping ground, wahana permainan anak-anak, rumah makan, kolam pemancingan, taman bunga, arena outbond, tempat penginapan dan lainnya.

Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo berlokasi di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

8. Curug Semawur
Curug Semawur
Curug Semawur
Curug Semawur merupakan wisata air terjun tersembunyi di Kendal sehingga masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, keindahannya tak kalah dengan curug lainnya di Kendal. Curug Semawur terdiri dari delapan tingkatan air terjun. Tingkatan paling atas merupakan air terjun kembar. Jika dilihat dari dasar curug, hanya dua tingkatan air terjun yang bisa dilihat oleh mata.

Selain menawarkan pemandangan air terjun yang indah, di sekitar Curug Semawur juga terdapat lahan pertanian, perkebunan dan tanaman hutan berupa perkebunan teh, pohon jati, pohon karet, kopi, dan lain-lain. Curug Semawur berlokasi di Dusun Jiwan, Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal.

9. Curug Penglebur Gongso
Curug Penglebur Gongso
Curug Penglebur Gongso
Curug Penglebur Gongso berada di kaki Gunung Ungaran tepatnya di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Curug ini memilikiketinggian sekitar 7-10 meter. Dibawah curug terdapat sebuah kolam yang biasa digunakan untuk mandi atau berenang.

Selain air terjun yang indah, Curug Penglebur Gongso juga terkenal dengan legendanya yaitu pernah dijadikan tempat pertapaan dari tokoh pewayangan Kumbokarno yang merupakan adik Raja Alengka Rahwana.

10. Curug Sewu
Curug Sewu
Curug Sewu
Curug Sewu memiliki keunikan berupa 3 tingkatan air terjun yang masing-masing tingginya 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Curug Sewu juga merupakan air terjun tertinggi di provinsi Jawa Tengah dengan tinggi sekitar 80 meter. Selain keindahan air terjun, jika beruntung Anda bisa melihat pelangi diantara deburan Curug Sewu.

Spot terbaik untuk menikmati indahnya Curug Sewu adalah di gardu pandang. Di gardu pandang ini, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan air terjun. Terdapat juga fasilitas teropong dimana pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Kendal yang indah.

Objek wisata Curug Sewu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lainnya, seperti taman bermain anak, panggung hiburan dan kebun binatang mini.

11. Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan
Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan
Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan
Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan merupakan wisata agro yang menawarkan nuansa pedesaan Jawa. Berada di perbukitan Medini membuat Kampoeng Djowo Sekatul memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan bukit, sawah, perkebunan panili, strawbery dan lainnya. Tak hanya itu, disini juga dilengkapi fasilitas seperti kolam pemancingan, dan kolam renang, joglo singgah dan joglo pandang yang berarsitektur jawa kuno.

Kampoeng Djowo Sekatul berlokasi di Dukuh Sekatul, Desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

12. Wisata Tirta Nusantara
Wisata Tirta Nusantara
Wisata Tirta Nusantara
Wisata Tirta Nusatara ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang lengkap. Tempat wisata di Kendal ini menawarkan fasilitas tempat pemancingan dan resto dengan wahana permainan air atau Waterboom. Selain itu juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti Pondok Bambu, Water Toys, Area Outbond, Pendopo, Kolam Pancing dan Resto, Water Park, Kolam Renang Anak / Dewasa, Gazebo Lesehan.

Wisata Tirta Nusantara beralamat di Jln Ngabean No. 104 – 106 Cangkiran Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal.

13. Agrowisata Tirto Arum Baru
Agrowisata Tirto Arum Baru
Agrowisata Tirto Arum Baru
Agrowisata Tirto Arum Baru menawarkan wahana rekreasi keluarga yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai. Fasilitas tersebut diantaranya kolam renang besar, resto, tempat pemancingan, hotel, fasilitas outbound termasuk rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola voli, ruang pertemuan, atv, kebun binatang mini dan jalan untuk pijat refleksi.

Agrowisata Tirto Arum Baru beralamat di Jln. Soekarno Hatta KM 2,7 Kota Kendal atau berada di tepi jalan raya Semarang - Jakarta.

14. Arung Jeram di Tubing Genting
Arung Jeram di Tubing Genting
Arung Jeram di Tubing Genting
Jika Anda suka dengan tantangan, mencoba arung jeram di Tubing Genting bisa menjadi pilihan yang tepat. Arus sungai yang deras dan berliku-liku akan mampu memacu adrenalin. Arung Jeram di Tubing Genting ini masih tergolong tempat wisata baru di Kendal karena baru resmi dibuka tahun 2015 yang lalu.

Tak hanya wisata arung jeram, disini juga ada spot yang tidak kalah menarik yaitu adanya tebing batu yang berada disisi kanan kiri aliran sungai. Bagi Anda yang ingin mencoba arung jeram di Tubing Genting bisa menuju ke Dusun Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kendal

15. Gua Kiskendo
Gua Kiskendo
Gua Kiskendo
Tempat wisata di Kendal selanjutnya yang juga belum diketahui banyak orang yaitu Gua Kiskendo. Gua ini terlihat megah dengan mulut gua yang besar. Namun tak hanya megah saja, Gua Kiskendo juga terdapat sungai yang mengalir dan kondisi alam sekitar yang masih asri.

Selain Gua utama yang berukura besar, Anda juga akan menjumpai gua-gua lainnya yang ukurannya relatif lebih kecil. Bahkan ada beberapa bagian gua yang digunakan untuk olahraga panjat tebing. Goa Kiskendo berlokasi di Desa Terayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

16. Pantai Sendang Sekucing
Pantai Sendang Sekucing
Pantai Sendang Sekucing
Pantai yang berlokasi di Desa Sendang Sekucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal ini cukup ramai dikunjungi terutama hari minggu atau hari libur.

Di pantai Sendang Sekucing tersedia berbagai sarana dan fasilitas seperti rumah makan terapung, panggung terbuka, perahu tradisional, becak air dan lainnya

17. Bukit Watu Lawang
Bukit yang terletak di Desa Cening, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal ini masih jarang diketahui wisatawan. Di Bukit Watu Lawang, Anda bisa menikmati pemandangan kota Kendal dari atas bukit.

Untuk bisa mencapai puncak bukit ini, Anda harus menggunakan sepatu atau sandal gunung karena jalannya yang terjal dan licin.

Posting Komentar untuk "17 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Anda Kunjungi"