15 Tempat Wisata di Pemalang Jawa Tengah Paling Menarik

Advertisement
15 Tempat Wisata di Pemalang Jawa Tengah Paling Menarik - Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Purwokerto dan Pekalongan. Kabupaten Pemalang menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi diantaranya sejperti Pantai Widuri, Pantai Blendung, Curug Sibedil dan lainnya. Penasaran apa saja tempat wisata di Pemalang yang menarik lainnya? Berikut rangkumannya.

1. Pantai Widuri
Pantai Widuri
Pantai Widuri
Pantai Widuri merupakan salah satu obyek wisata andalan Pemalang yang berlokasi di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang. Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Pemalang. Selain menikmati keindahan pantai, disini juga tersedia beberapa fasilitas seperti water park, dermaga, sirkuit balap dan lainnya. Pantai Widuri ramai dikunjungi terutama saat hari libur.

2. Pantai Blendung
Pantai Blendung
Pantai Blendung
Pantai Belndung tidak kalah indah dari pantai pemalang lainnya. Di pinggir pantai ini ada banyak pohon cemara sehingga membuat susana menjadi sejuk. Pantai Blendung mungkin lebih cocok untuk tempat nongkrong sambil menikmati keindahan alam pantai. Lokasi pantai Blendung di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

3. Curug Sibedil
Curug Sibedil
Curug Sibedil
Curung Sibedil menawarkan pemandangan alam air terjun yang jernih dan mempesona. Meski tidak terlalu tinggi yakni sekitar 10 meter namun air tejun ini terlihat indah karena bentuknya yang melebar. Di sekitar air terjun, Anda akan menjumpai sebuah batu yang bentuknya mirip seperti moncong meriam. Curug Sibedil berada di kawasan kaki Gunung Slamet tepatnya di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

4. Curug Bengkawah
Curug Bengkawah
Curug Bengkawah
Curug di Pemalang yang juga disebut Curug Kembar ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan 2 air terjun yang terbelah oleh batu. Curug ini masih alami karena belum banyak wisatawan yang berkunjung. Akses menuju ke lokasi Curug pun juga cukup sulit dan kurang strategis. Namun semua itu akan terbayar lunas ketika Anda sudah sampai di Curug Bengkawah karena disuguhi pemandangan alam yang asri dan alami. Curug Bengkawah berlokasi di Desa Sikasut Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

5. Curug Dhuwur
Curug Dhuwur
Curug Dhuwur
Sama seperti Curug Bengkawah, Curug Dhuwur ini juga belum banyak dikujungi wisatawan. Curug Dhuwur berlokasi di dusun Karang Pucung, desa Wanarata, kecamatan Bantarbolang, kabupaten Pemalang. Setibanya di Curug, Anda akan disuguhi pemandangan alam indah berupa persawahan dan bukui-bukit dengan hutan pinus.

6. Curug Barong
Curug Barong
Curug Barong
Curug yang memiliki tinggi sekitar 25 meter ini berlokasi di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Belik, Pemalang. Jika dari pusat kota Pemalang sekitar 51 km. Selain bisa menikmati air terjun, disini juga cocok untuk menyegarkan pikiran karena suasananya sejuk yang disekitarnya ada pohon-pohon besar dan rimbun.

7. Gunung Gajah
Gunung Gajah
Gunung Gajah
Gunung Gajah atau juga dikenal dengan Bukit Gajah berlokasi di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Meski gunung Gajah hanya berketinggian 1.100 mdpl, namun bukan berarti tidak bisa di daki. Jika untuk sekedar ingin mengobati rasa rindu suasana pendakian, Gunung Gajah bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mengisi waktu libur Anda. Dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya mirip dengan Gajah.

8. Gunung Mendelem
Gunung Mendelem
Gunung Mendelem
Selain Bukit Gajah, ada juga Bukit Mendelem yang berlokasi di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Pemalang. Bukit yang memiliki tinggi sekitar 1450 mdpl ini menawarkan pemandangan alam menawan. Medan yang terjal dan adanya bebatuan diorit menjadikan tempat ini cocok untuk kegiatan panjat tebing. Selain itu, lokasinya yang menjulang juga cocok untuk paralayang dan hiking. Nam lain dari Gunung Mendelem yakni Gunung Jimat.

9. Hutan Mangrove Pemalang
Hutan Mangrove Pemalang
Hutan Mangrove Pemalang
Hutan Mangrove di Pemalang ini memiliki luas sekitar 2350 hektar yang luas 410 hektar berupa tanaman bakau dan 1940 hektar untuk pertambakan. Lokasinya di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

10. Rafting di Sungai Comal
Rafting di Sungai Comal
Rafting di Sungai Comal
Kabupaten Pemalang dilintasi oleh sungai besar bernama Sungai Comal. Arusnya yang deras menjadikan sungai Comal ini digunakan untuk kegitan rafting. Ya, rafting di sungai Comal memang masih tergolong obyek wisata baru di Pemalang. Banyak wisatawan yang datang untuk merasakan kegiatan rafting yang memicu adrenalin ini. Terlebih juga disuguhi pemandangan alam yang indah. Bagi Anda yang berminat untuk mencoba rating Sungai Comal maka bisa mendatangi pengelola rafting Sungai Comal ini di Jln raya Randudongkal-Moga, km 5. No. 99, Desa Kecepit, Randudongkal, Pemalang.

11. Telaga Silating
Telaga Silating
Telaga Silating
Telaga Silating berlokasi di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Pemalang. Telaga ini di kelilingi perbukitan dan persawahan sehingga udara di sekitarnya sejuk. Awal mulanya telaga alami ini dimanfaatkan warga sekitar untuk melepas penas dan rekreasi, tapi tahun 1996 Pemerintah Kabupaten Pemalang menjadikan Telaga Silating ini menjadi sebuah tempat wisata yang lengkap dengan fasilitas memadai.

12. Telaga Rengganis
Telaga Rengganis
Telaga Rengganis
Suasana di Telaga Rengganis juga tidak beda jauh dengan Telaga Silating. Telaga seluas 1 hektar ini juga dikelilingi pepohonan pinus dan bukit-bukit sehingga berhawa sejuk. Telaga Rengganis berlokasi di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

13. Kebun Teh Semugih
Kebun Teh Semugih
Kebun Teh Semugih
Tidak usah jauh-jauh ke Kawasan Puncak Bogor untuk bisa menikmati pemandangan perkebunan teh. Di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah tepatnya di Desa Sidamulya Kecamatan Moga terdapat Kebun Teh Semugih. Suasana di kebun teh ini sejuk karena berada di lereng Gunung Slamet. Selain menikmati hamparan kebun teh, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Slamet yang indah.

14. Mata Air Moga
Mata Air Moga
Mata Air Moga
Kondisi geografisnya yang banyak terdapat pegunungan menjadikan wilayah Kabupaten Pemalang bisa ditemukan sejumlah mata air pegunungan salah satunya di Mata Air Moga. Air yang berasal dari Mata Air Moga ini dibuat kolam renang. Mata Air Moga juga dikenal sebagai Pemandian Moga yang merupakan satu manajemen dengan Pengelola Hotel Moga Indah. Mata Air Moga berlokasi di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

15. Desa Wisata Cikendung
Desa Wisata Cikendung merupakan sebuah desa yang terletak di sebelah timur kaki Gunung Slamet tepatnya di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Di desa ini, Anda bisa melihat atraksi tari tradisional Silakupang. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah seperti dijumpai hamparan padi dan tanaman palawija yang meyegarkan mata.
Advertisement.
15 Tempat Wisata di Pemalang Jawa Tengah Paling Menarik | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar