5 Tempat Wisata di Pekalongan yang Paling Terkenal

Advertisement
5 Tempat Wisata di Pekalongan yang Paling Terkenal - Pekalongan merupakan nama sebuah daerah di Jawa Tengah yang terkenal akan batiknya, selain menawarkan wisata belanja batik di Pekalongan pastinya Anda juga ingin berkunjung ke objek wisatanya. Terdapat beberapa tempat wisata di Pekalongan yang terkenal seperti wisata pantai, wisata air terjun, atau objek wisata alam lainnya. Apa saja tempat wisata di pekalongan yang terkenal dan menarik? berikut ringkasannya untuk anda yang ingin berwisata ke pekalongan.

1. Pantai Pasir Kencana
Pantai Pasir Kencana
Pantai Pasir Kencana
Pantai Pasir Kencana adalah tempat wisata utama yang dimiliki Kota Pekalongan. Lokasinya berada tepat berdampingan dengan tempat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Jika dari Pusat Kota Pekalongan, pantai ini berjarak sekitar 4,5 km.

Meskipun berada di kawasan Pantura yang rata-rata pantainya memiliki pasir agak kotor, namun pasir Kencana ini tergolong pantai yang cukup terawat. Pemkot Pekalongan sepertinya sangat memperhatikan objek wisata yang satu ini. Oleh karena itu, ketika musim liburan tiba atau pada musim mudik, objek wisata Pantai Pasir Kencana selalu ramai pengunjung.

Asyiknya, Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset di lokasi ini. Untuk harga tiket masuknya sebesar 1.100 Rupiah hari biasa, 1.600 Rupiah untuk hari libur dan 2.100 Rupiah untuk malam Minggu.

Baca juga: 14 Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur dan Sekitarnya

2. Pantai Slamaran Indah
Pantai Slamaran Indah
Pantai Slamaran Indah
Selain Pantai Pasir Kencana, Pekalongan juga mempunyai Pantai Slamaran Indah. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana, hanya dipisahkan oleh pelabuhan saja. Tak berbeda jauh dengan Pantai Pasir Kencana, pemandangan di Pantai Slamaran Indah juga menawan. Udaranya juga masih segar dan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Di pantai ini, Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunrise dan sunset.

Memiliki luas sekitar 3,5 hektar di pantai ini tersedia beberapa fasilitas untuk pengunjung, seperti area lahan parkir yang luas dan beberapa kamar ganti. Terdapat pula beberapa warung makan dan tempat penyewaan perahu.

Untuk bisa memasuki kawasan Pantai Slamaran Indah ini, Anda harus membayar tiket sebesar 500 Rupiah untuk hari biasa, 1.000 Rupiah untuk hari libur, dan 2.000 Rupiah untuk malam Minggu

3. Kampung Wisata Batik Kauman
Kampung Wisata Batik Kauman
Kampung Wisata Batik Kauman
Sudah sangat terkenal hingga mancanegara bahwa Pekalongan adalah sentra industri batik. Nah, Bagi Anda yang penasaran dengan proses pembuatan batik khas Pekalongan, bisa datang ke Kampung Wisata Batik Kauman. Kampung ini berada di Jalan Hayam Wuruk. Disini Anda bisa belajar membatik di beberapa showroom yang ada. Tapi jangan kaget bila saat Anda datang nanti kawasan ini sangat ramai, karena memang di sinilah sentra pembuatan dan penjualan batik Pekalongan.

Pengunjung yang datang tak hanya menggunakan kendaran pribadi, tetapi juga bus-bus besar yang berasal dari luar kota. Bahkan ada pula turis mancanegara yang memborong kain batik indah khas Pekalongan ini.

4. Kawasan Kota Tua Pekalongan

Di Alun-alun Utara Kota Pekalongan, Anda dapat melihat beberapa bangunan kuno yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Seperti sayang jika bangunan-bangunan bekas peninggalan Belanda tersebut dibiarkan begitu saja. Seperti halnya Kota Tua di Jakarta, Anda juga dapat menggunakan Kawasan Kota Tua Pekalongan ini sebagai destinasi wisata alternatif. Pemandangan bangunan yang megah dengan tembok tinggi menjadikan suasana terasa berbeda. Anda bisa bergaya dengan kamera Anda.

Jika Anda mulai mati gaya, bisa istirahat di alun-alun. Di sini tersedia bangku yang nyaman dan dengan adanya pohon beringin yang rindang. Terdapat juga beberapa pedagang yang menjual aneka makanan khas Pekalongan seperti nasi megono dan garang asam Pekalongan.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta

5. Desa Wisata Lolong
Desa Wisata Lolong
Desa Wisata Lolong
Lolong merupakan nama salah satu Desa Wisata di Pekalongan yang juga tak boleh dilewatkan, Bagi Anda penyuka wisata adventure seperti arung jeram, disini anda bisa melakukannya di Sungai Sengkarang yang mengalir di Desa Lolong. Selain wisata arung jeram atau river tubing di Desa Lolong anda juga bisa merasakan nikmatnya buah durian yang banyak tersedia di Desa ini. Setiap satu tahun sekali biasanya diadakan festival durian di lapangan desa lolong.

Advertisement.
5 Tempat Wisata di Pekalongan yang Paling Terkenal | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Poskan Komentar