5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi - Sudah tidak aneh lagi apabila kota Bandung banyak dipenuhi oleh kendaraan bernomor polisi Jakarta pada waktu akhir pekan. Kota yang memiliki udara sejuk ini telah menjadi tempat tujuan wisata akhir pekan favorit terutama bagi warga Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat Bandung mempunyai berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Nah, Apa saja tempat wisata alam di Bandung tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih ini terletak di Ciwidey dan berada di sebelah selatan Bandung. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Bandung, Wisata Kawah Putih bisa dicapai dengan mudah karena sudah tersedia jalan yang memadai untuk pengendara yang menggunakan kendaraan pribadi, serta tersedia pula kendaraan umum bagi mereka yang tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Kawah Putih Ciwidey menawarkan sebuah pengalaman dalam menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tiada duanya. Dengan diselimuti udara yang dingin serta dilengkapi dengan pemandangan kawah yang bertanah putih, Ya, Kawah Putih ini tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Selain itu, warna air yang terdapat di Kawah Putih juga bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan perubahan cuaca dan suhu. Suasana unik pun juga bisa tercipta dari ketebalan kabut yang berubah-ubah pada setiap beberapa menitnya.

Baca juga: Wisata Bandung - Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

2. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat ramai dikunjungi ini menawarkan keindahan yang menakjubkan. Selain itu akses meuju lokasinya juga mudah. Berjarak sekitar 20 km di sebelah utara Bandung, Tangkuban Perahu adalah salah satu penyebab dari kemacetan di Lembang.

Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki sebuah legenda yang menarik tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang berusaha ingin menikahi ibu kandungnya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Setelah mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya. Dayang Sumbi ini pun segera membuat syarat yang berat untuk menikah yakni Sangkuriang harus mampu membuat sebuah danau dan perahu dalam waktu 1 malam.

Singkat cerita, akhirnya Sangkuriang gagal menyelesaikan danau dan perahu yang diinginkan sehingga ia menjadi marah dan menendang perahu yang sudah dibuatnya. Perahu yang ditendangnya tersebut kemudian jatuh dalam posisi terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Apabila dilihat dari jauh, Anda akan menyadari bahwa bentuk Gunung Tangkuban Perahu sangat mirip dengan bentuk perahu yang terbalik.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

3. Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang
Situ Patenggang merupakan salah satu tujuan tempat wisata alam terkenal di Bandung, khususnya bagi para pecinta danau. Nama danau Situ Patenggang ini diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti "saling mencari". Terdapat sebuah cerita yang mengatakan bahwa dahulunya ada sepasang kekasih yang terpisah dan mereka saling mencari hingga akhirnya bertemu di tempat ini.

Hal Menariknya, di Situ Patenggang ada sebuah pulau berbentuk hati. Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Asmara, atau juga seringkali disebut dengan nama Pulau Sasaka. Di danau ini, Anda juga akan menemukan sebuah batu yang disebut sebagai batu cinta.

Danau Situ Patenggang berada di sebelah selatan Bandung, letaknya tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, yakni Kawah Putih Ciwidey. Lokasinya yang cukup dekat, biasanya para pengunjung akan mengunjungi kedua tempat wisata alam ini secara sekaligus dalam satu hari.

4. Maribaya
Maribaya
Maribaya
Maribaya yang berada di Lembang ini kurang lebih berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Bandung. Maribaya merupakan sebuah tempat wisata alam yang terkenal di Bandung dengan sumber mata air panas belerangnya seperti yang ada di Tirta Sanita Ciseeng. Tak hanya itu, sumber mata air panas belerang di tempat wisata yang satu ini juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga bisa membuat kulit menjadi mulus.

Selain terkenal dengan sumber mata air panasnya, Maribaya juga banyak disukai karena menawarkan wisata alam lain yang berupa air terjun dan taman. Selain berendam air panas alami yang menyenangkan, trekking adalah salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya.

Baca juga: 7 Daftar Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Menarik

5. Bukit Moko
Bukit Moko
Bukit Moko
Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan Bukit Moko. Meski jarang diketahui oleh warga Jakarta, Bukit Moko ini sebetulnya adalah tempat terbaik untuk bersantai sembari menikmati pemandangan pegunungan di Bandung. Ya, tempat wisata alam yang juga disebut-sebut sebagai tempat paling tinggi di Bandung ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Bandung dan sekitarnya pada setiap akhir pekan.

Di kawasan Bukit Moko ini, ada sebuah warung yang terkenal dengan sebutan Warung Daweung. Warung ini bukanlah sembarang warung karena di sini Anda bisa melihat pemandangan kota Bandung dari atas, sambil menikmati udara sejuk dan minuman hangat. Warung ini menjadi salah satu lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.

Bukit Moko berada di Desa Cimenyan. Untuk dapat sampai di lokasi Bukit Moko, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melalui di daerah ini. Anda pun juga harus berhati-hati ketika berkendara di jalur ini terutama saat hujan, karena jalan yang akan Anda lalui berkelok-kelok dan terjal.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi"