7 Daftar Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Menarik

7 Daftar Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Menarik - Ciwidey adalah sebuah nama kecamatan yang terletak dekat dengan kota Bandung. Nama unik Ciwidey ini berasal dari bahasa Portugis Kuno, yang di mana Ciwi berarti Kiwi dan Dey berarti hari. Ada pula yang menyebutkan bahwa nama Ciwidey diambil dari bahasa Yunani Kuno, yang dimana Ciwow berarti Sapi dan Dos berarti lima.

Daerah yang sekarang terkenal dengan aneka jenis tempat wisata ini dipercaya merupakan tempat lahirnya sapi berkepala lima. Sapi berkepala lima tersebut terletak di Rumah Sembah Sapi yang dimiliki oleh Raden Batubara. Tetapi, masih belum diketahui dengan jelas apakah kedua arti dari nama Ciwidey ini nyata atau hanya mitos belaka. Namun yang jelas, mengenai urusan tempat wisata, Ciwidey bukan merupakan mitos belaka.

Nah, apa saja tempat wisata yang ada di Ciwidey? D bawah ini adalah daftar tempat paling menarik dan rekomendasi di Ciwidey.

1. Situ Patenggang
Situ Patenggang
Situ Patenggang
Bila Anda berangkat dari kota Bandung, maka setidaknya Anda sudah berada sekitar 47 km dari tempat wisata di Ciwidey ini. Lokasi Situ Patenggang ada di selatan Bandung, tempat wisata ini menyuguhkan keindahan danau. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu. Untuk menyewa perahu, Anda harus membayar biaya kurang lebih 150.000 hingga 250.000 Rupiah, tergantung kapasitas perahu yang diinginkan.

Tentunya wisata seperti ini akan cocok untuk Anda yang berlibur bersama rombongan keluarga atau teman-teman karena Situ Patenggang juga merupakan tujuan wisata paling favorit untuk rombongan. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Situ Patenggang, Anda harus membayar tiket masuknya 15.000 Rupiah per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir, mobil atau minibus sebesar 11.000 Rupiah dan bus 22.000 Rupiah.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

2. Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Rasanya tidak lengkap jika pergi ke Ciwidey tapi tidak mampir ke Kawah Putih. Berjarak sekitar 44 km dari Bandung, Anda sudah bisa menemukan Kawah Putih Ciwidey yakni tepatnya di Rancabali. Pemandangan yang memikat, warna putih air danau yang agak kehijauan serta dipadukan dengan batuan kapur putih merupakan suguhan yang begitu menenangkan.

Konon certinya, Kawah Putih ini adalah tempat para roh leluhur berkumpul. Bahkan, di salah satu puncaknya juga diyakini sebagai tempat rapat para leluhur. Ada juga cerita gaib di tempat ini, yakni beberapa masyarakat lokal pernah melihat domba berbulu putih. Menurut masyarakat lokal, domba-domba tersebut adalah jelmaan leluhur. Penasaran? Jika Anda ingin datang ke kawah putih Ciwidey? Siapkan uang 15.000 Rupiah per orang untuk biaya tiket masuknya. Serta 15.000 Rupiah untuk tarif parkir kendaraan roda empat.

Baca juga: Wisata Bandung - Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

3. Perkebunan Rancabali Ciwidey
Perkebunan Rancabali Ciwidey
Perkebunan Rancabali Ciwidey
Jika Anda ingin melewati liburan yang tak hanya sebatas hiburan tapi juga pas untuk mencari pengetahuan, maka datang saja ke kebun teh di Rancabali Ciwidey. Tempat wisata yang satu ini adalah jawaban yang tepat. Selain menawarkan pemandangan yang bisa membuat mata menjadi segar, disini Anda juga akan mendapatkan pengetahuan. Tersedia juga jasa pemandu wisata dengan cukup membayar 30.000 Rupiah.

Di Perkebunan Rancabali ini Anda bisa mempelajari langsung tentang cara menanam, pembibitan, cara membuka lahan, cara memelihara, memetik, memangkas hingga dengan cara mengolah teh yang benar. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, Anda harus mengeluarkan biaya 5.000 Rupiah saja. Tempat ini sangat cocok untuk wisata alam bersama anak-anak. Lokasi dari kebun ini pun juga mudah diakses dari Bandung.

4. Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey
Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey
Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey
Apakah Anda ingin merasakan memetik langsung stroberi dari pohonnya? Ataukah ingin mengetahui bagaimana bentuk dari pohon stroberi langsung di depan mata? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Ciwidey sudah ada. Ya, di kebun terletak di Desa Alam Endah ini, Anda dapat menikmati hamparan kebun stroberi dan bisa langsung memetik stroberinya.

Apalagi udaranya yang sejuk dan pemandangan yang menyegarkan semakin membuat Anda nyaman disana dan tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Selain bisa memetik, Anda juga bisa menyantap buah stroberi secara langsung.

5. Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu
Apakah Anda sedang mencari tempat wisata yang bisa membuat keadaan badan menjadi segar dan bugar? Pemandian Air Panas Cimanggu bisa menjadi tujuan wisata Anda. Pemandian ini terletak tidak jauh dari Bandung, berjarak sekitar 45 km saja. Jalur yang bisa Anda ambil untuk bisa ke  Pemandian Air Panas Cimanggu yaitu jalur Ciwidey - Pangalengan. Disini Anda bisa menikmati air panas dengan pemandangan hamparan kebun teh yang meyegarkan.

6. Pemandian Air Panas Walini
Pemandian Air Panas Walini
Pemandian Air Panas Walini
Selain pemandian air panas Cimanggu, ada juga pemandian air panas Walini yang tak hanya menyediakan air panas yang bersumber langsung dari alam, namun juga ada wahana perosotan untuk anak. Bila Anda pergi ke Situ Patenggang, Anda dapat mampir ke pemandian air panas ini karena lokasinya tidak terlalu jauh. Selain itu, letak dari pemandian ini juga berada di kebun teh Walini, jadi Anda bisa menikmati keindahan perkebunan teh sekaligus merasakan udara sejuknya

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas
Bumi Perkemahan Ranca Upas
Bumi Perkemahan Ranca Upas
Lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih, yakni di Desa Alam Endah. Apabila Anda berangkat dari kota Bandung, maka waktu tempuh perjalanan sekitar 56 km. Cukup dengan mengeluarkan uang 10.000 Rupiah saja per orang, Anda sudah bisa menikmati wisata yang ada di Ranca Upas. Tempat wisata ini cocok untuk kegiatan kemah, Anda dapat menyewa peralatan kemah atau membawa peralatan sendiri dari rumah.

Masalah makanan, jangan kuatir karena di sini banyak terdapat warung dengan menu-menu yang enak. Selain itu, yang tidak boleh dilewatkan adalah Anda juga bisa melihat kawanan rusa ketika berkemah di sini.

Posting Komentar untuk "7 Daftar Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Menarik"