12 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Paling Populer

12 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Paling Populer - Medan merupakan kota di Sumatera yang populer. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara ini bahkan menjadi salah satu gerbang masuk wisatawan mancanegara di Indonesia bagian barat. Hal ini terbukti dengan lokasinya yang berada tidak jauh dari bandara besar berstandar internasional yakni Bandara Internasional Kuala Namu.

Selain itu, Medan juga menjadi pintu masuk bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata pilihan seperti Danau Toba yang terkenal dan Danau Singkarak. Nah, sebelum Anda melanjutkan perjalanan wisata Anda, ada baiknya Anda berhenti sejenak dan menikmati sajian lainnya yang ditawarkan oleh kota Medan.

Kota ini mempunyai banyak tempat wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah rangkuman 12 tempat wisata kuliner populer di Medan yang wajib Anda kunjungi:

1. Restoran Tip Top
Restoran Tip Top
Restoran Tip Top
Restoran Tip Top ini sangat populer di telinga masyarakat Medan dan juga para wisatawan yang berkunjung ke kota kaya kuliner ini. Awalnya, restoran ini berlokasi di Jln Pandu, dengan nama awal Restoran Jangkie, sesuai nama pemiliknya. Namun, tahun 1934 restoran pindah ke Jln. Kesawan dan namanya pun ikut berganti menjadi Restoran Tip Top.

Restoran Tip Top masih tetap mempertahankan suasana khas tempo dulu. Bangunannya pun berarsitektur khas Belanda. Walaupun bangunannya kental dengan nuansa Eropa, namun restoran ini menyajikan menu yang cukup beragam, mulai dari nusantara sampai internasional.

Tempat wisata kuliner yang satu ini populer dengan roti serta es krim dibuat dengan resep asli sehingga tak merubah rasa dari generasi ke generasi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Medan yang Paling Terkenal

2. Merdeka Walk
Merdeka Walk
Merdeka Walk
Apakah Anda suka wisata kuliner di malam hari? Jika iya, datang saja ke Merdeka Walk yang merupakan kawasan yang menawarkan hiburan malam dan tempat wisata kuliner di Medan yang paling besar.

Merdeka Walk sangat ramai di waktu malam hari dan menjadi tempat berkumpulnya ratusan orang di Medan. Terdapat sedikitnya 30 outlet kuliner dan 700 bangku yang telah disediakan untuk pengunjung. Berbagai kuliner lezat bisa Anda cicipi mulai dari lontong sayur, soto, steak, sushi sampai dengan sop buntut.

Menariknya lagi, di sini juga biasa dijadikan lokasi berbagai kegiatan seru anak muda seperti lomba band, lomba dance dan juga nonton bareng pertandingan bola.

3. Kedai Durian Ucok
Kedai Durian Ucok
Kedai Durian Ucok
Medan tak lepas dari buah durian. Durian Medan terkenal akan dagingnya yang begitu legit dengan rasa sedikit pahit yang cukup menggoda lidah. Apabila Anda datang ke kota Medan, kunjungan Anda terasa kurang lengkap tanpa berkunjung ke Kedai Durian Ucok yang berlokasi di Jln. Wahid Hasyim, yang sebelumnya berada di Jln. Iskandar Muda.

Kedai Durian Ucok adalah tempat penjualan durian yang paling laris dan diminati banyak pengunjung di Medan. Buka pada malam hari hingga mejelang pagi, hebatnya Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000 hingga 7.000 buah durian dalam semalam saja.

Durian bisa dimakan di tempat atau bisa juga dibawa pulang. Bang Ucok atau yang biasa disapa Zainal Abidin, si pemilik kedai, memperbolehkan Anda menukar durian dengan yang baru apabila durian yang sudah Anda buka rasanya kurang enak.

Perlu anda ketahui, Kedai ini tak akan pernah kehabisan stok durian. Durian - durian ini didapat dari berbagai daerah di Sumatera Utara, seperti Sidikalang dan juga Sibolga. Apabila sedang tidak musim durian, maka Bang Ucok bisa mengandalkan tengkulak yang sudah memiliki stok buah durian sebelumnya.

4. Jalan Semarang
Jalan Semarang
Jalan Semarang
Jalan Semarang merupakan daerah pecinan yang pada waktu siang hari dijadikan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Namun pada malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi sebuah pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan.

Kawasan ini sudah populer sejak tahun 1960 an sebagai salah satu pusat hiburan yang ada di kota Medan. Pasar malam mulai aktif sejak pukul 6 sore dan tutup pada pukul 1 dini hari. Ada berbagai menu pilihan yang bisa Anda cicipi di sini mulai dari sate hingga martabak. Salah satu menu favorit yang ada di sini adalah nasi bebek Hainan.

5. Kesawan Square
Kesawan Square
Kesawan Square
Tidak berbeda dengan Jalan Semarang, kawasan Kesawan Square pun juga baru aktif sebagai tempat wisata kuliner pada saat malam hari.

Kesawan Square lokasinya berada di kawasan Jln Ahmad Yani yang merupakan kawasan kota lama Medan. Di Kesawan Square yang berada di jalan sepanjang 800 meter ini, Anda seakan-akan dibawa kembali ke masa lalu. Karena disini, Anda akan menikmati kuliner lezat yang disekitarnya bangunan tua peninggalan masa penjajahan dan pastinya bisa menjadi pengalaman menarik.

Ada beragam makanan yang tersedia di sini dari yang halal sampai dengan yang non halal. Bagi Anda yang mencari makanan halal, tidak perlu kuatir kerana disini sudah dibedakan. Tempat makan yang menyajikan menu halal menggunakan kursi warna biru beserta beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, menggunakan atribut berwarna merah. Jadi, Anda tidak perlu kuatir salah tempat makan.

6. Soto Kesawan ‘Enak Tenan’
Soto Kesawan ‘Enak Tenan’
Soto Kesawan ‘Enak Tenan’
Masih berada di daerah kota lama Kesawan. Jangan sampai ketinggalan juga mencicipi soto di Rumah Makan Soto Kesawan Enak Tenan yang terletak di Jln Ahmad Yani 116.

Soto di sini sangatlah unik karena dalam sajiannya menggunakan udang. Sesuatu yang jarang Anda temukan di soto-soto lain. Udang yang dipakai adalah udang gala yang ukurannya relatif besar. Ditempat ini udang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah soto.

Meski menu andalannya adalah soto udang, tetapi tempat wisata kuliner ini juga masih menyediakan menu soto lain dengan daging ayam dan sapi sebagai pilihannya. Bila Anda ingin mencicipi semuanya, Anda dapat memesan soto kombinasi yang merupakan campuran soto udang dengan soto daging sapi atau ayam, sesuai dengan selera Anda.

Rumah makan ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore.

7. Soto RM Sinar Pagi
Soto RM Sinar Pagi
Soto RM Sinar Pagi
Masih seputar makanan soto di Medan. Penggemar soto, juga bisa datang ke Rumah Makan Sinar Pagi yang letaknya berada di Jalan Sei Deli.

Soto disini terkenal memiliki cita rasa yang lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan dengan potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Bila Anda kurang menyukai soto bersantan, Anda bisa memesan soto ayam yang tidak kalah nikmatnya.

Rumah makan ini juga cocok dikunjungi untuk menu sarapan pagi karena buka sejak jam 7 pagi sampai jam sore setiap harinya.

8. Rumah Makan Tabona
Rumah Makan Tabona
Rumah Makan Tabona
Rumah Makan Tabona berlokasi di Jln Mangkubumi, Medan. Tempat wisata kuliner ini menyajikan berbagai kari yang lezat mulai dari bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai dengan kari daging sapi.

Rumah Makan Tabona buka sejak pukul setengah 7 pagi sampai pukul setengah 5 sore, rumah makan ini ramai sekali terlebih saat jam makan siang karena lokasinya yang berada di kawasan perkantoran.

9. Mie Ayam Jamur Kumango
Mie Ayam Jamur Kumango
Mie Ayam Jamur Kumango
Masih di kawasan Jalan Mangkubumi, Anda bisa mencoba Mie Ayam Jamur Kumango. Rumah makan ini menyajikan menu spesial yakni mie ayam jamur yang siap memanjakan lidah Anda.

Mie tipis kenyal yang dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta beberapa taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa membuat Anda serasa ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati mie ayam jamur spesial ini terasa belum lengkap tanpa minum kopi susu tradisional yang dijamin akan menambah nikmat santapan kuliner Anda.

10. Kedai Kopi Apek
Kedai Kopi Apek
Kedai Kopi Apek
Inilah tempat yang wajib dikunjungi para penggemar kopi di Medan. Keda Kopi Apek yang berlokasi di Jln Hindu 37 ini merupakan kedai kopi tertua dan populer di daerah Medan.

Kedai Kopi Apek telah berdiri sejak tahun 1922 dan hingga sekarang cita rasa kopinya tidak berubah. Konon katanya, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai dengan teknik mengaduk yang harus dilakukan secara tepat.

Adapun menu favorit disini yaitu Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Sebagai teman menikmati secangkir kopi, sebaiknya Anda juga memesan menu lainnya seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau bisa juga nasi soto.

Kedai Kopi Apek buka sejak pukul 6 pagi – 2 siang pada hari Senin – Sabtu dan Minggu pukul 6 pagi – setengah 12.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi

11. Kuliner Pagaruyung
Ingin berwisata kuliner India ala Medan? Anda bisa mampir ke Jalan Pagaruyung di Kota Medan. Sesuai namanya, Pagaruyung ini berada di Jalan Pagaruyung daerah Kampung Madras, tidak jauh dari Jalan Zainul Arifin, Medan. Yang membuat kawasan kuliner Pagaruyung sangat populer adalah banyaknya pedagang yang menawarkan masakan khas India dan nusantara dengan citarasa yang telah diakui sampai ke luar kota Medan.

Jalanan ini akan dipadati dengan warung-warung makan sejak pukul 18.00 sampai lewat tengah malam. Kebanyakan menu-menu India yang ditawarkan disini adalah seperti martabak India, roti cane, atau nasi briani. Ada juga minumannya yang khas yaitu teh tarik. Selain bisa menikmati menu makanannya, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya.

12. Sate Padang Al-Fresco
Sate Padang yang satu ini jangan sampai terlewatkan ketika berada di Medan. Anda dapat menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas. Campuran rasa gurih, pedas dan suara kriuk-kriuknya membuat selera makan semakin bertambah. Kedai Sate Padang Al-Fresco ini berada di Jalan Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka sejak pukul 19.00 sampai 22.00.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Paling Populer"