10 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal

Advertisement
10 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal - Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Medan adalah ibukota dari provinsi Sumatera Utara yang merupakan sebuah wilayah dengan berbagai macam etnis dan kebudayaan yang berbeda-beda. Kondisi kota Medan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kota Jakarta atau kota Surabaya, terutama untuk kondisi demografinya yang heterogen. Dengan kondisi infrastruktur yang semakin modern, tentunya memberikan kontribusi yang signifikan pada kehidupan wisata Medan secara holistik.

Ya, pesona tempat wisata di Medan terletak pada objek wisata alamnya yang sangat menawan. Salah satu tempat wisata medan yang terkenal adalah Danau Toba, yakni sebuah danau vulkanis yang terbentuk akibat letusan gunung. Tidak hanya itu saja, selain Danau Toba dan ikon pariwisata yang terkenal, masih ada wisata lainnya yang menarik salahsatunya Pulau Samosir, disini terdapat keindahan pesona alamnya. Nah, apa saja tempat wisata di Medan yang wajib dikunjungi. Berikut info tempat wisatanya.

1. Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Seperti yang telah dibahas diatas, Danau Toba ini merupakan danau vulkanis terbesar dan terluas di dunia. Danau Toba banyak dikenal hingga ke dunia internasional sehingga memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan daerah dan kehidupan masyarakat di daerah sana. Keindahan alam Danau Toba adalah satu dari kelebihan yang paling memikat di tanah Sumatera Utara ini. Anda bisa menikmati berbagai spot yang ada di kawasan wisata ini. Di tengah danau, akan ada sebuah pulau yang tidak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara yakni Pulau Samosir.

2. Pulau Samosir
Pulau Samosir
Pulau Samosir
Inilah yang ditunggu-tunggu, ikon pariwisata Sumatera Utara persis berada ditengah Danau Toba, yakni Pulau Samosir, salah satu wisata terbaik untuk belajar sejarah juga riwayat dari suku Batak. Di kawasan wisata ini, Anda juga akan menemukan banyak penjual aksesoris. seperti baju sampai kain tradisional khas Batak. Untuk menikmati indahnya Pulau Samosir, Anda bisa pergi menyusuri perbukitan hijau sambil menikmati panorama danau yang berwarna kebiruan.

3. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Sibolangit adalah sebuah kawasan pegunungan yang begitu sejuk, merupakan pilihan wisata yang tepat karena Sibolangit penuh dengan keindahan alam. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit bisa Anda temukan di dalam hutan Sibolangit. Untuk dapat sampai di lokasi wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Medan. Jika Anda pecinta alam, maka cobalah berkunjung ke tempat wisata alam ini, pastilah Anda tidak akan menyesal, karena tempat ini sangat menyenangkan. Daya tarik dari Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit terletak pada 2 warna yang dimiliknya, yakni biru (air dingin) dan putih (air hangat)

4. Air Terjun Sipiso-Piso Tongging
Air Terjun Sipiso-Piso Tongging
Air Terjun Sipiso-Piso Tongging
Air Terjun Sipiso-Piso Tongging memiliki ketinggian hingga 120 meter dan berada dekat dengan Gunung Sipiso-Piso. Dari sini, Anda bisa menyaksikan panorama Danau Toba yang sangat eksotik ditambah keindahan alam sekitarnya. Namun, untuk bisa berada di bawah air terjun, Anda harus menuruni anak tangga yang berlika-liku, lebih kurang sekitar 1000 anak tangga.

5. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak, yang juga disebut dengan Gunung Raja adalah sebuah gunung api yang masih aktif hingga sekarang ini. Berada di Tanah Karo dengan pesona panorama alam yang sangat indah, Gunung Sibayak menjadi tempat favorit untuk menyaksikan pemandangan indah kota Medan dan menikmati sunrise di sini. Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 2 jam menuju Brastagi, yang berjarak lebih kurang 77 Km dari Medan. Jika Anda ingin mendaki, Anda aka dikenakan biaya tiket masuk Gunung Sibayak sebesar 4,000 tiap orang.

6. Bukit Lawang
Bukit Lawang
Bukit Lawang
Bukit Lawang adalah salah satu tempat wisata di Medan yang memberikan suatu kegiatan penjelajahan hutan dan menyaksikan kehidupan satwa di alam bebas dari dekat. Bukit Lawang merupakan sebuah perwujudan dari hutan tropis, yang terletak di dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Banyak kalangan yang menyukai kawasan wisata ini dan menjadikan destinasi wisata alam yang paling menarik. Di sini tersedia juga penginapan dan losmen.

7. Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini berada di kaki Gunung Sibayak, memiliki keunikan yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya, yakni adanya sebuah pagoda yang menjadi replika Pagoda Shwedago di Myanmar. Pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini mempunyai ciri khas, stupa Buddha yang panjangnya 69 meter, tinggi 46,8 meter. Terdapat patung Buddha dan relif lainnya di kawsan wisata ini yang jumlahnya lebih dari 2500 patung dan relief.

8. Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kota Medan, dimana Anda akan mengetahui tenteng budaya Melayu – Tionghoa sampai riwayat kota Medan di sini. Rumah Tjong A Fie terletak di Jl. Ahmad Yani. Bangunannya menggunakan gabungan antara arsitektur China, Eropa, Melayu. Tjong A Fie adalah seorang saudagar yang kaya pada masa lampau, besar dengan bisnis perkebunannya hingga perusahaan KA. Pada masa itu Tjong A Fie disegani oleh kolonial Belanda sampai Sultan Deli. Karena Tjong A Fie memiliki sifat yang dermawan.

9. Istana Maimun
Istana Maimun
Istana Maimun
Istana Maimun merupakan peninggalan dari Kerajaan Deli, yakni sebuah istana berwarna kuning dan berdiri dengan megahnya di tengah Kota Medan. Anda bisa menemukan istana ini di Jl. Brigjen Katamso, Medan. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi istana di masa lampaunya. Salah satu diantaranya adalah singgasana sultan, koleksi foto sultan, dan sejarah Kerajaan Deli. Untuk masuk area istana, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 8,000 rupiah tiap orangnya.

10. Merdeka Walk
Merdeka Walk
Merdeka Walk
Ini adalah salah satu tempat kuliner di Medan yang direkomendasikan. Wisata kuliner Medan ini hanya buka pada saat malam hari saja. Di sini, Anda akan menemui banyak jajanan yang di tawarkan di bawah pepohonan rindang, dan dikelilingi bangunan tua bersejarah di kota Medan. Lapangan Merdeka ini sangat menarik, terlihat pada saat malam hari dengan lampu yang berkilau dan beberapa bangunan di sekitarnya.
10 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal | Doni rochmat | 5