10 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Malang

10 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Malang - Malang yang merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur ini ternyata banyak menyimpan kuliner lezat. Bila selama ini Anda hanya akrab dengan istilah Malang Kota Apel, nah sekarang saatnya Anda mengenal Malang lebih dekat lagi.

Malang bukan hanya tentang buah apel saja. Kota yang memiliki udara sejuk ini mempunyai banyak sekali kuliner lezat dan nikmat baik untuk disantap bersama keluarga maupun sahabat. Apakah Anda berencana ke Malang? Berikut adalah 10 tempat wisata kuliner di Malang yang paling terkenal.

1. Toko Oen
Toko Oen
Toko Oen
Udara Malang yang sejuk cenderung dingin tidak menjadi penghalang untuk bisa menikmati es krim lezat ala Toko Oen. Toko ini beralamat di Jln Basuki Rahmad, Di Toko Oen ini menyajikan es krim berbagai varian rasa dan menu lainnya seperti nasi goreng, steak juga aneka kue.

Tempat wisata kuliner yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1930 dan pada saat itu menjadi tempat nongkrong favorit Belanda. Kesan vintage masih dapat Anda saksikan dari arsitektur bangunan dan desain interior Toko Oen. Seperti pintu dan jendela yang berkaca besar, meja dan kursi rotan serta koleksi piano tua akan membawa Anda menjelalah ke masa lalu ditemani semangkok es krim creamy yang lezat.

Ya, Toko Oen menjadi salah satu tempat makan di Malang yang wajib Anda kunjungi. Bahkan ada juga istilah yang mengatakan, jangan bilang sudah datang ke Malang bila belum mencicipi es krim ala Toko Oen ini.

2. Bakso President
Bakso President
Bakso President
Bakso memang telah lama menjadi kuliner khas kota Malang. Meski bakso bisa dengan mudah ditemui di kota lain akan tetapi menikmati kuliner ini di kota asalnya tentu memiliki sensasi tersendiri. Bakso ini dahulunya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling dan akhirnya berlokasi di Jln Batanghari,.

Nah, mengapa dinamakan Bakso President? Lokasi yang saat ini digunakan untuk membuka rumah makan, berada persis di belakang Bioskop President yang sekarang ini telah beralih fungsi menjadi sebuah pusat perbelanjaan. Ada satu lagi yang unik dari tempat wisata kuliner ini yaitu Anda bisa menikmati bakso di atas meja yang bergetar. Karena lokasinya berada tepat di tepi rel kereta api, setiap kali ada kereta lewat, maka meja tempat bakso Anda akan bergetar. Unik kan?

Selain bisa menikmati bakso di tempat, Anda bisa juga membeli oleh-oleh di Bakso President. Jadi tidak hanya bisa menyantap kulinernya yang lezat tapi juga menyediakan oleh-oleh khas Malang berupa keripik bakso yang garing dan enak.

Baca juga: Inilah 10 Oleh-oleh Khas Malang Paling Terkenal

3. Soto Geprak Mbah Djo
Soto Geprak Mbah Djo
Soto Geprak Mbah Djo
Kelezatan Soto Geprak Mbah Djo juga telah dikenal sejak tahun 1935. Tempat wisata kuliner yang didominasi oleh warna kuning dan hijau ini tidak hanya menyediakan soto, tapi juga beberapa menu lainnya seperti ayam, bakso dan bebek goreng.

Bila dilihat dari tempatnya, Soto Geprak Mbah Djo tidak berbeda dari depot makanan lainnya. Disana, Anda akan melihat meja panjang khas depot dengan kursi-kursi yang berderet. Walaupun demikian, kelezatan makanan ala rumah makan yang beralamat di Jalan Letjen S. Parman ini dapat diadu dengan apa yang disajikan di restoran mahal.

Asal nama geprak sendiri berasal dari teknik pengolahan daging yang digeprak sebelum dimasak. Biasanya Mbah Djo menggeprak atau menghancurkan daging dengan cara memukulnya hingga halus dan empuk. Inilah yang membuat soto dan bakso di sini mempunyai rasa yang khas dan tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

4. Rumah Makan Cairo
Rumah Makan Cairo
Rumah Makan Cairo
Malang rupanya juga memiliki tempat wisata kuliner yang bercitarasa Timur Tengah. Ya, di Rumah Makan Cairo menyajikan berbagai olahan daging kambing, diantaranya sate, gule, nasi kebuli sampai dengan krengsengan. Selain itu, ada juga menu tambahan lainnya seperti roti maryam dan martabak.

Rumah makan ini sudah dikenal sejak lama yakni sejak tahun 1953. Beralamat di Jln Kapten Tendean 1. Pengolahan daging kambing yang memiliki tekstur lembut membuatnya banyak disukai. Rasanya pun gurih dan tidak bau apek. Jika Anda sedang berada di sini, jangan lupa juga memesan susu kambing Etawa yang katanya baik untuk kesehatan. Rumah Makan Cairo ini buka setiap harinya mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

5. Pecel Kawi
Pecel Kawi
Pecel Kawi
Pecel merupakan salah satu kuliner yang pas disantap untuk sarapan di waktu pagi hari. Jika Anda sedang berada di Malang, jangan lupa mencoba sarapan lezat di Pecel Kawi yang berlokasi di Jln Kawi Atas Nomor 43B. Pecel di sini telah menjadi langganan banyak wisatawan semenjak tahun 1979. Bumbu pecelnya dikenal mempunyai rasa yang khas, manis dan gurihnya pun juga berada dalam takaran yang pas.

Menemani santapan pagi hari Anda, tersedia juga jamu beras kencur yang selain menyegarkan juga berkhasiat bagi kesehatan. Tidak hanya pecel, di tempat ini juga tersedia nasi soto, rawon, lodeh dan campur. Disini Anda juga bisa membeli bumbu pecel atau rempeyek sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

6. Café Jagung Jaya Abadi
Café Jagung Jaya Abadi
Café Jagung Jaya Abadi
Dinginnya Malang di waktu malam hari bisa sedikit diredam dengan cara menikmati jagung bakar panas di Café Jagung Jaya Abadi. Lokasinya berada di Jln Pulosari dan menyediakan jagung bakar berbagai rasa seperti manis, keju, pedas, barbeque, asin dan coklat keju. Anda pun juga dapat memilih jagung disajikan dengan cara diserut atau dimakan dengan cara digigit langsung.

Selain tersedia jagung bakar, café ini juga menawarkan menu lainnya seperti roti bakar dan pisang goreng. Sedangkan untuk minuman, tersedia teh hangat, susu murni dan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Jika Anda ingin datang, Café Jagung Jaya Abadi buka setiap hari mulai jam 17.00 sampai habis.

7. Warung Ronde Titoni
Warung Ronde Titoni
Warung Ronde Titoni
Selain jagung bakar, Anda juga dapat menghangatkan tubuh dengan cara meminum wedang ronde. Terdapat salah satu tempat di Malang yang menyediakan wedang ini yaitu Warung Ronde Titoni. Warung ini sudah terkenal sejak tahun 1948, tempat wisata kuliner yang satu ini menjadi tujuan favorit bagi warga Malang untuk mencari minuman hangat di waktu malam hari.

Lokasinya berada di Jln Zainal Arifin, warung ini menyediakan menu-menu yang cocok disantap di tengah hawa dinginnya Malang, di antaranya seperti wedang ronde, cakue, angsle, kacang kuah dan roti goreng. Selain ronde, Anda juga patut mencicipi angsle. Berbeda halnya dengan ronde yang menggunakan air jahe, kuah dari angsle ini dibuat dari santan. Angsle berisi kacang hijau yang direbus, potongan roti tawar, pacar cina, pethulo dan kacang tanah sangrai. Rasa manis gurih dengan aroma daun pandan dan vanili adalah ciri khas angsle ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Terfavorit di Malang

8. Sate Landak Bu Ria
Sate Landak Bu Ria
Sate Landak Bu Ria
Apakah Anda penggemar kuliner ekstrim? Jika iya, jangan lupa mampir ke Sate Landak Bu Ria yang berlokasi di Jln Raya Bugis 47 Saptorenggo, Pakis, Malang. Dengan olahan tangan Bu Ria, daging landak bisa disulap menjadi sajian kuliner lezat dan sangat sayang jika dilewatkan.

Selain tersedia sate landak, di sini juga tersedia kuliner lainnya yang berbahan biawak dan bulus. Sate Landak Bu Ria buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

9. Depot Hok Lay
Depot Hok Lay
Depot Hok Lay
Berada di Malang tapi Anda ingin menikmati lumpia khas Semarang? Anda bisa datang ke Depot Hok Lay. Depot Hok Lay ini telah dikenal sejak 1946 yang menyajikan lumpia khas Semarang dan juga pangsit cwiemie lezat.

Anda pun juga akan melihat kesan kuno dari arsitektur bagunan dan perabot yang terdapat di sini seperti jendela kaca besar, lantai tegel kuno dan juga meja-kursi kayu. Nah, jika Anda ingin datang dan menikmati sajian di Depok Hok Lay bisa menuju ke Jalan KH Ahmad Dahlan, Malang.

Jika sudah berada di sini, jangan lupa juga memesan minuman fosco yang legendaris sekaligus menjadi trademark dari depot ini. Minuman Fosco ini disajikan dingin dan terbuat dari bahan susu murni dan coklat. Lebih uniknya lagi, fosco ini dikemas dalam botol kaca Coca Cola bekas. Fosco dibuat dengan resep asli Belanda dan menjadi minuman favorit sejak jaman dahulu.

10. Pos Ketan Legenda 1967
Pos Ketan Legenda 1967
Pos Ketan Legenda 1967
Ingin menikmati wisata kuliner malam hari di Malang? Coba saja mampir di kawasan alun-alun Batu Malang. Di sebelah barat alun-alun yakni tepatnya di Jln KH Agus Salim, ada sebuah tempat wisata kuliner yang tidak pernah sepi akan pembeli, namanya adalah Pos Ketan Legenda 1967.

Baca juga: Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur

Seperti namanya, tempat ini menyediakan berbagai menu olahan yang terbuat dari bahan dasar ketan. Siapa sangka makanan "ndeso" ini bisa menjadi favorit banyak orang dan juga sangat diminati. Disini ketan disajikan dengan bermacam topping, mulai dari susu keju, coklat susu, bubuk kedelai sampai dengan ayam suwir. Menu yang paling banyak dicari adalah ketan durian, hal ini dibuktikan dengan begitu cepatnya varian ini habis terjual hanya dalam waktu beberapa jam saja. Jika Anda tertarik datang, Pos Ketan buka setiap hari mulai jam 3 sore sampai jam 3 pagi.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Malang"