10 Tempat Wisata di Bantul Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Bantul Paling Terkenal - Bantul merupakan Kabupaten yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul ini menyimpan sejuta pesona yang terdapat pada tempat-tempat wisata yang ada di Bantul. Ada berbagai objek wisata di Bantul yang menarik untuk dikunjungi mulai dari objek wisata alam, pantai, religi hingga wisata budaya Bantul yang banyak diminati oleh pengunjung. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Bantul yang paling terkenal? Berikut ini beberapa pilihan wisata untuk Anda ketika berada di Bantul.

1. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang paling terkenal. Pantai ini berlokasi di Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis menyuguhkan keindahan pantai yang berupa hamparan pasir putih yang sangat luas. Di beberapa lokasi Anda juga kan menjumpai gumuk pasir yang sangat indah. Pada malam satu Suro, biasanya di tempat ini diadakan ritual khusus untuk menyambut tahun baru Islam yang diadakan Keraton Yogyakarta.

Baca juga: Pantai Parangtritis - wisata pantai di Jogja Paling Terkenal

2. Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo adalah objek wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Selain karena memiliki pemandangan yang indah, Pantai Parangkusumo juga diminati karena sisi mistisnya. Ya, di Pantai Parangkusumo ada sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri tersebut terdapat 2 buah batu yang bernama Batu Cinta,

Menurut kisah yang berkembang, dahulunya diatas batu ini pernah terjadi pertemuan antara Panembahan Senopati yakni Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Kanjeng Ratu Kidul. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu kerajaan Mataram untuk menjadi kerajaan yang disegani di Pulau jawa. Oleh sebab itu banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk melakukan meditasi, bersemedi bahkan melakukan ritual khusus untuk memperoleh tujuan tertentu.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer

3. Pantai Samas
Pantai Samas
Pantai Samas
Tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah Pantai Samas. Pantai ini berada di Kecamatan Senden Kab. Bantul Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 25 km arah selatan Kota Yogyakarta. Di Pantai Samas, Anda bisa melihat sebuah mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan. Tentu, bagi pecinta fotografi tempat ini bisa dieksplore lebih lanjut sebagai bahan objek fotografinya.

4. Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara ini sebetulnya mempunyai pemandangan yang indah, walupun masih kalah populer dengan Pantai Parangtritis dan juga Pantai Samas. Asal mula nama Pantai Goa Cemara ini diambil karena jalan masuk pantai ini ada banyak pohon cemara yang berjejer sehingga membentuk seperti goa. Pantai Goa Cemara berlokasi di Desa Patehan, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul.

5. Goa Cerme
Goa Cerme adalah tempat wisata di Bantul yang berupa Goa dengan memiliki pemandangan berupa stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Lokasi Goa ini berada di Dsn Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Panjang Goa ini mencapai 1,5 km serta berujung di Desa Ploso, Giritirto, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Terkenal di Gunungkidul Yogyakarta

6. Kids Fun
Kids Fun adalah salah satu tempat rekreasi anak dan keluarga di Bantul yang terletak di Jln Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini tersedia berbagai wahana permainan yang bisa Anda nikmati seperti wahana Bumper Car, Gokart, Flying Fox, Kolam Renang, Swinger dan masih banyak lainnya.

Harga tiket masuk Kids Fun ini berbeda-beda bila Anda hanya ingin masuk ke taman bermain kids fun maka untuk anak 2 – 13 tahun Rp 55 ribu sedangkan untuk orang Dewasa harga tiketnya Rp 45 ribu dan untuk kolam renang harga tiketnya Rp 22.500, Tersedia juga paket untuk kolam renang dan taman bermain dengan harga tiket Rp 69 ribu ( umur 2-13 tahun) sedangkan Dewasa Rp 59 ribu.

7. Balong Waterpark
Balong Waterpark merupakan waterpark yang terdapat di Bantul, berada di sebelah timur Kota Yogyakarta yakni tepatnya berada di Jln Pleret Km 1,5, Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta. Di Waterpark ini tersedia beberapa seluncuran air dengan ketinggigian 12 m dan 9 m. Tidak hanya itu, juga tersedia seluncuran khusus untuk keluarga atau family slide yang ukurannya cukup lebar.

Harga tiket masuk Balong Waterpark ini terbilang cukup murah. Pada hari Senin – Sabtu Rp 15 ribu dan Minggu Rp 20 ribu. Sementara untuk jam operasionalnya, Balong Waterpark ini buka pada hari Senin – Sabtu dari jam 10.00 – 18.00 dan Minggu jam 08.00 – 18.00.

8. Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyuur Bantul)
Taman Wisata Tirta Tamansari atau Waterbyuur Bantul ini menyediakan kolam renang dan juga fasilitas outbound. Terletak di Jln Wijaya Kusuma Nomor 180, Niten, Trirenggo Bantul, Yogyakarta (Masjid Agung Bantul ke arah timur). Harga tiket masuk Taman Wisata Tirta Tamansari cukup murah yaitu Rp 7 ribu dan buka mulai jam 7 pagi sampai jam 8 malam.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

9. Pemandian Air Panas Parang Wedang
Pemandian Air Panas Parang Wedang merupakan tempat wisata di Bantul yang cukup unik. Dapat dikatakan unik karena pemandian air panas ini tak berada di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas pada umumnya, namun lokasinya cukup dekat dengan pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Di area pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 meter dan beberapa kamar mandi air hangat untuk para pengunjung.

10. Masjid Kotagede Yogyakarta
Destinasi wisata Bantul lainnya yang bisa dijadikan pilihan adalah wisata sejarah di Masjid Kotagede Yogyakarta. Masjid Agung Kotagede ini merupakan bangunan yang mempunyai nilai historis yang tinggi. Masjid ini juga merupakan Masjid tertua di Yogyakarta dan peninggalan Kerajaan Mataram. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Agung sekitar tahun 1640-an. Di Masjid ini, Anda akan menemukan banyak benda-benda bersejarah yang usianya mencapai ratusan tahun, diantaranya seperti bedug yang berusia ratusan tahun dan tembok berperekat air aren.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Bantul Paling Terkenal"