Wisata Jepara - Keindahan Pantai Kartini

Wisata Jepara - Keindahan Pantai Kartini -  Jepara adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jepara terkenal dengan kerajinannya yang khas. Ukiran yang apik dan unik memberi ciri khas kerajinan dari Kota Jepara. Tak hanya kerajinan yang begitu dikenal, Jepara juga mempunyai banyak obyek wisata menarik yang harus Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Kartini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal

Lokasi
Pantai Kartini
Pantai Kartini
Pantai Kartini terletak sekitar 2,5 Km barat Kantor Bupati Jepara, Jawa Tengah. Lokasi Pantai Kartini sangat strategis yang berada pada jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan juga Pulau Panjang.

Baca juga: Wisata Jepara - Wisata Kepulauan Karimunjawa

Akses
Keindahan Pantai Kartini
Keindahan Pantai Kartini
Untuk menuju lokasi pantai, Anda bisa mengakses dari kota Semarang - Demak - Jepara yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Apabila Anda memiliki waktu yang sedikit lebih bebas sebaiknya Anda menyewa mobil dari Semarang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Semarang Jawa Tengah yang Terkenal

Dari Jepara menuju Pantai Kartini hanya perlu berkendara sejauh 3 Km. Perjalanan dari Jepara menuju pantai tidak sulit karena perjalanan Anda akan dimudahkan dengan petunjuk arah yang tersedia di sepanjang perjalanan.

Sesampainya di lokasi pantai, Anda akan disambut dua gerbang pintu masuk. Pintu masuk pertama adalah akses untuk menuju dermaga Pantai Kartini. Biasanya paar wisatawan yang melalui gerbang ini akan menuju ke Taman Laut Nasional Karimun Jawa. Sedangkan gerbang kedua adalah pintu masuk menuju wisata Pantai Kartini.

 Baca juga: 10 Info Tempat Wisata Terindah di Jepara

Retribusi
Wisata Pantai Kartini
Wisata Pantai Kartini
Untuk dapat masuk ke Pantai Kartini Anda dikenakan biaya retribusi Rp. 5.000/orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya mulai dari Rp.2.000 - Rp.12.500. Biaya parkir tergantung dari kendaraan yang Anda bawa.

Yang menarik dari Pantai Kartini
Kura-kura Ocean Park di Pantai Kartini
Kura-kura Ocean Park di Pantai Kartini
Nama Kartini di ambil dari nama pahlawan wanita yaitu R.A Kartini yang diberikan oleh pemerintah pemerintah daerah setempat. Kabarnya dulu R.A Kartini sering berkunjung ke pantai ini beserta saudaranya.

Pasir di Pantai Kartini sangat bersih dan putih, ombak yang tenang. Banyak keluarga yang berkunjung ke tempat wisata ini karena panorama pantai Kartini yang indah dan alami. Berbeda dengan wisata pantai lain, Pantai Kartini juga menyuguhkan beberapa wahana hiburan menarik, seperti wahana bermain anak-anak, catur raksasa, Kura-kura Ocean Park, spoor mini, kolam kecek, panggung hiburan dan tugu Kartini. Selain wahana tersebut, pemerintah setempat akan membangun juga beberapa wahana lain seperti, bianglala, mini bumper boat, wave house, kapal pesiar mini, rumah bajak laut, dan lain-lain. Sekian banyak wahana yang disediakan, salah satu wahana yang paling terkenal dan digemari pengunjung adalah Kura-kura Ocean Park.

Jika Anda ingin masuk dan mencoba wahana yang disediakan, Anda akan dikenakan biaya tiket seharga Rp. 17.500/orang.

Kura-kura Ocean park merupakan akuarium raksasa yang berbentuk kura-kura dan tyerdiri dari dua lantai. Lantai pertama bagian depan difungsikan sebagai kantor pengelola, selain itu terdapat juga stand yang mejual berbagai souvenir khas Jepara. Kura-kura Ocean Park dibangun sebagai sarana edukasi tentang kehidupan bawah laut yang beragam.

Terdapat taman laut pada lantai 1, yakni akuarium yang sangat besar dengan lorong misteri bawah laut. Anda bisa menikmati kehidupan bawah laut dari dalam lorong ini. Banyak jenis ikan yang bisa Anda lihat disini mulai dari yang kecil hingga paling besar seperti Dotty Back, Kakap, Kerapu, Jenaha, Angel Fish, Triger, Mimi, Pari, Giant Trafelly, Mintuna, Buntal, penyu, hiu dan terumbu karang yang cantik.

Ada juga aquarium dinding 12 buah dan 4 aquarium portable berisi ikan - ikan kecil air laut dan tawar. Di sini juga disediakan papan informasi touch screen yang bisa membantu Anda untuk mengenal tentang Jepara lebih jauh. Selain itu terdapat juga sebuah touch pool berisi ikan air tawar dan juga kura-kura. Anda bisa menyentuh kura - kura jinak dikolam ini. Jika ingin merasakan sensasi fish spa, Anda juga bisa mencobanya dengan merendamkan kaki Anda di kolam fish spa yang disediakan berisi ribuan ikan Garra Rufa yang berasal dari Turki.

Sedangkan lantai 2, Anda disuguhi Jepara Sciece Park, yakni terdiri dari Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk, Papan Kreatif, Sensor Gerak, Simulator Pesawat Terbang, Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan IMAX Deep Sea 3D.

Posting Komentar untuk "Wisata Jepara - Keindahan Pantai Kartini"