10 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Surabaya Paling Favorit

10 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Surabaya Paling Favorit - Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk wisata dan bisnis sekarang ini. Berkeliling Kota Pahlawan ini untuk keperluan wisata maupun bisnis tentu sangat menguras tenaga. Maka dari itu, ada baiknya Anda menyempatkan mampir dulu ke 10 tempat wisata kuliner di Surabaya yang direkomendasikandi bawah ini.

1. G-Walk
G-Walk
G-Walk
G-Walk menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit Arek-arek Suroboyo dengan slogannya "The Singapore of Surabaya". Memang G-Walk ini dibangun menyerupai Clarke Quay yang merupakan pusat hiburan dan kuliner populer di Singapura. G-Walk ditata begitu apik dengan keadaan lingkungan yang hijau dan bersih berada di tengah lokasi hunian elite yakni Citra Raya, Surabaya Barat.

Tempat wisata kuliner yang mengusung konsep food court ini dibuka pada malam hari saja. Ada dua jalur di G-Walk dengan panjang masing-masing sekitar 1 km. Di jalur pertama, suasananya terasa lebih tentram dengan cahaya lilin dan nuansa jazzy. Untuk hidangan yang disajikan pun lebih ke kuliner ala barat. Sedangkan jalur yang satunya lebih terang dengan adanya lampu neon dan hidangan yang disajikan kuliner khas nusantara.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata kuliner, G-Walk juga menjadi lokasi kaum muda dan kalangan menengah mencari hiburan di malam hari. Di tempat ini seringklai digelar pertunjukan musik, misalnya Jazzy Nite yang rutin diadakan pada waktu malam Sabtu. Jadi, selain bisa menikmati kuliner yang lezat, Anda pun juga bisa bersantai sambil menikmati musik berkualitas.

2. Pakuwon Food Festival
Pakuwon Food Festival
Pakuwon Food Festival
Selain memiliki konsep food court yang sama seperti G-Walk, Pakuwon Food Festival ini pun hanya dapat dikunjungi pada malam hari saja. Selain dari hidangannya yang super enak, di tempat wisata kuliner ini juga diadakan pertunjukan live music untuk menghibur pengunjungnya.

Suasana berbeda bisa Anda rasakan begitu memasuki kawasan kuliner ini, Anda akan disambut dengan warna-warni lampu taman yang menggantung di sepanjang jalan masuk. Lokasi Pakuwon Food Festival ini berdekatan dengan East Coast Plaza, jadi Anda hanya perlu berjalan kaki bila ingin menikmati film box office setelah puas menyantap makanan.

Jika Anda datang di waktu yang tepat, disini Anda bisa ikut menikmati kemeriahan berbagai festival kuliner yang biasa diadakan di sini diantaranya seperti Festival Sate, Festival Duren Durian dan lain-lain.

3. Mie Pecun
Mie Pecun
Mie Pecun
Apakah Anda penggemar kuliner pedas? jika iya, jangan lewatkan Mie Pecun yang berlokasi di Jalan Anjasmoro ini. Mie Pecun yang merupakan singkatan dari Mie Pedas Bukan Racun ini menyajikan mie instan dengan tingkat kepedasan yang bervariasi. Anda dapat memilih tingkat kepedasan tersebut diantaranya Pecun Culun (tidak pedas), Semriwing (pedas sedang), Galau (pedas biasa) dan yang terakhir adalah Klimax (super pedas).

Di tempat wisata kuliner Surabaya yang buka mulai pukul 18:00 sampai dengan 02:00 ini Anda dapat memilih mie goreng atau rebus. Tak hanya itu, mie disini disajikan dengan berbagai bahan pelengkap sesuai selera mulai dari telur, udang, kornet dan lain-lain.

4. Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Jika Anda berada di Surabaya, namun tidak mencicipi rujak cingur rasanya kurang afdhol. Kuliner khas Surabaya dengan bahan cingur atau hidung sapi ini sangat mudah ditemukan di banyak tempat makan, namun sebaiknya Anda datang saja ke Jalan Ahmad Jaiz No. 40.

Rujak cingur yang terdapat di sini memang dipatok dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga rujak cingur pada umumnya, tapi kelezatannya membuat Anda merasa uang yang Anda keluarkan sepadan dengan rasanya. Di tempat ini, cingur diolah dengan teknik khusus sehingga bertekstur lebih empuk, kenyal dan tidak berbau amis.

Pemilik rumah makan ini Nyonya Giok Tjoe usia 82 tahun masih mengulek sendiri bumbu rujak cingurnya. Jadi dapat dipastikan bahwa cita rasa kuliner ini tidak berubah sejak pertama kali dibuka pada tahun 1970 an dahulu.

5. Nasi Bebek 'Sayang Anak' Cak Yudi
Nasi Bebek 'Sayang Anak' Cak Yudi
Nasi Bebek 'Sayang Anak' Cak Yudi
Jangan lupa menikmati kelezatan nasi bebek Surabaya yang berada di kawasan Tanjung Perak. Tempat wisata kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini menyajikan bebek dengan daging empuk, gurih dan tanpa bau amis. Ada satu lagi yang menjadi ciri khas nasi bebek ini yaitu sambel pencit atau sambal mangga muda.

Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Tanjung Torowitan No. 39 ini dibuka hanya sebentar saja, yakni mulai pukul 15:00 - 18:00. Bahkan, tidak jarang sebelum jam enam sore, Nasi Bebek Cak Yudi ini sudah tutup karena kehabisan bebek. Jadi, bila Anda ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal.

6. Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Sama seperti kuliner rujak cingur, lontong balap juga menjadi makanan khas Kota Pahlawan yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu tempat populer yang menjualnya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo (sebelumnya di Jalan Kranggan).

Tempat wisata kuliner yang sudah dirintis sejak tahun 1956 ini sekarang dikelola oleh generasi ketiga, tetapi rasanya tidak berubah sejak pertama kali disajikan. Paduan antara lontong, lento, tauge, kuah dan bumbu petisnya sangat pas sehingga mampu menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezatnya. Anda juga dapat memesan sate kerang dan es kelapa muda sebagai pelengkap bersantap Anda.

7. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Pernahkah Anda menyantap sate yang dibaluri parutan kelapa ketika dibakar? Bila belum, inilah saatnya Anda mencobanya. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih yang beralamat di Jalan Walikota Mustajab 36 ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner favorit di Surabaya.

Sate dapat dibuat dari daging sapi, ayam, jeroan, udang dan sumsum. Penyajiannya bisa dengan saus kacang, cabe, irisan bawang dan sepiring nasi atau lontong yang ditaburi  abon kelapa parut atau serundeng.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Surabaya Paling favorit

8. Kepiting Cak Gundul 1992
Kepiting Cak Gundul 1992
Kepiting Cak Gundul 1992
Setelah sukses di Pandaan, Pasuruan, Kuliner Kepiting Cak Gundul 1992 mulai menjamah kota Surabaya. Terletak di Jalan Kupang Indah, tempat wisata kuliner yang satu ini menyajikan hidangan berbahan seafood yang sama nikmatnya dan rugi jika tak mencoba.

Adapun menu yang paling populer di sini yaitu kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Selain kepiting, Anda juga bisa menikmati sajian dari seafood lain seperti udang, ikan, cumi-cumi dan kerang.

9. Soto Lamongan Cak Har
Soto Lamongan Cak Har
Soto Lamongan Cak Har
Meski bukan merupakan kuliner khas asli Surabaya, namun Soto Lamongan Cak Har ini sudah banyak diminati oleh warga asli Surabaya ataupun wisatawan. Soto ini berbeda dengan soto Lamongan pada umumnya, kuah soto di sini menggunakan santan sehingga lebih kental dan gurih. Selain itu, adanya taburan koya pun semakin menambah nikmat santapan kuliner Anda.

Tempat wisata kuliner yang berlokasi di Jalan Ir. H. Soekarno ini menyajikan soto dengan ragam pilihan mulai dari daging ayam, jeroan, brutu, kulit hingga ceker ayam. Hal menariknya, pengunjung banyak yang meminta balungan atau tulang ayam. Lantas, apa istimewanya tulang ayam ini? Pelanggan disini memang senang menyesap tulang yang sudah lunak ini. Untuk minta balungan tidak bayar, balungan ini diberikan secara gratis selama persediaannya masih ada.

10. Zangrandi Ice Cream
Zangrandi Ice Cream
Zangrandi Ice Cream
Panasnya cuaca di Surabaya akan membuat Anda ingin mencari tempat berteduh yang nyaman sambil ditemani sajian yang menyegarkan. Datang saja ke Zangrandi Ice Cream, yang merupakan salah satu pelopor es krim Surabaya. Tempatnya beralamat di Jalan Yos Sudarso.

Kedai es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1933 ini masih mempertahankan arsitektur Eropa kuno dengan jendelaya yang besar, banyak tiang dan kursi rotan. Anda pun juga bisa melihat sejarah dan perkembangan kedai ini dari masa ke masa melalui foto-foto jadul yang digantung di dinding sambil menunggu es krim siap diantar ke meja.

Menu populer di sini adalah Noddle Ice Cream. Bentuk es krim ini mirip dengan mie dan disajikan dengan pasta cokelat, taburan kacang dan buah cherry segar. Bagi Anda yang ingin menikmati semua rasa es krim dalam satu tempat bisa memilih paket Love Deal. Di paket ini menyajikan lima rasa es krim mulai dari cokelat, strowberry, rasberry, mocca sampai dengan coconut dalam satu wadah yang berbentuk hati.

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Surabaya Paling Favorit"