17 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
Tempat Wisata di Temanggung - Temanggung dikenal memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Tak hanya wisata alamnya saja, tapi juga wisata sejarah, wisata keluarga dan lainnya. Kabupaten di Jawa Tengah ini juga terkenal sebagai penghasil tembakau salah satunya adalah tembakau srinthil. Selain itu, kondisi geografisnya yang unik karena terletak diantara dua Gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing menjadikannya menyimpan banyak keindahan alam yang memukau. Nah, apa saja sih tempat wisata tersebut ?

Berikut rangkuman daftar tempat wisata di Temanggung:


1. Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong
Tempat wisata Posong Temanggung ini berada di ketinggian sekitar 2000 meter dibawah permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang begitu luar biasa. Selain itu, dari Dataran Tinggi Posong ini anda juga bisa melihat pemandangan tujuh puncak gunung yang mempesona, mulai dari Gunung Sumbing, Merapi, Telomuyo, Andong, Ungaran, Merbabu dan Gunung Muria. Dataran Tinggi Posong berlokasi di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

2. Kledung Pass

Kledung Pass
Kledung merupakan nama dari sebuah Kecamatan yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Di Kecamatan ini ada jalur yang menghubungkan antara Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonosobo. Di jalur inilah terdapat tempat menarik yang wajib anda kunjungi yaitu Kledung Pass. Tempat yang terbuka ditambah background pegunungan menjadikan Kledung Pass salah satu tujuan wisata favorit wisatawan saat ke Temanggung.

Tak hanya itu, di sekitar Keldung Pass ini juga terdapat pepohonan dan tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat seperti tanaman tembakau dan aneka tanaman sayuran.

3. Embung Kledung

Embung Kledung
Selain Kledung Pass ada lagi tempat wisata di Temanggung Jawa Tengah yang menarik dikunjungi yaitu Embung Kledung. Sesuai namanya lokasi embung ini masih berada di Kecamatan Kledung. Embung Kledung ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari embung di daerah lain, hanya saja saat cuaca cerah anda bisa melihat embung Kledung dengan latar belakang Gunung Sibdoro yang menawan. Jika anda berminat datang bisa langsung menuju Jalan Parakan-Wonosobo KM 11, Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

4. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Umbul Jumprit
Umbul Jumprit merupakan satu tempat wisata alam di Temanggung yang kian banyak dikunjungi wisatawan. Seperti namanya di tempat ini terdapat sebuah umbul yang airnya berasal dari mata air alami Gunung Sindoro. Jika setiap ada perayaan Trisuci Waisak oleh umat agama Budha di Candi Borobudur, air keberkahannya sering diambil dari Umbul Jumprit ini.

Tentunya, hal itu juga tidak lepas dari sejarah Umbul Jumprit yang konon menjadi tempat mengasingkan diri Pangeran Singonegoro beserta pengikutnya dari Kerajaan Majapahit. Terlepas dari cerita sejarah tersebut, di sekitar Umbul Jumprit Temanggung ini juga terdapat hutan pinus yang indah. Lokasi hutan pinus ini seringkali dijadikan tempat foto-foto oleh pengunjung. Umbul Jumprit berlokasi di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

5. Curug Trocoh

Curug Trocoh
Curug yang juga dikenal dengan nama Curug Surodipo ini memiliki tinggi air terjun sekitar 120 meter. Selain itu, Curug di Temanggung ini memiliki keistimewaan berupa 5 terjunan bertingkat dengan air yang bersih dan segar. Nama Trocoh diambil dari bahasa Jawa yang berarti mengeluarkan air. Curug ini masih begitu di eksplor sehingga masih terjaga kealamiannya. Curug Trocoh berlokasi Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

6. Curug Onje

Curug Onje
Curug Onje merupakan salah satu curug di Temanggung yang sudah banyak dikenal wisatawan. Keistimewaan curug ini yaitu adanya 7 air terjun yang berjejeran. Selain itu, air yang mengalir di curug ini sangat jernih sehingga bisa untuk bermain air dan berbasah-basahan. Adanya jejeran air terjun menjadikan pemandangan Curug Onje begitu menawan sehingga menjadi salah satu wisata populer di Temanggung. Jika anda ingin datang dan menikmati keindahan Curug Onje langsung saja menuju Desa Duren, kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung.

7. Pikatan Water Park Temanggung

Pikatan Water Park Temanggung
Dari sekian banyaknya objek wisata di Temanggung, tak hanya wisata alamnya saja yang patut dikunjungi. Tapi juga terdapat wisata keluarga yang tak kalah menarik salah satunya adalah Pikatan Waterpark. Lokasinya berada di Desa Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Wisata keluarga di Temanggung yang satu ini menempati lahan seluas 1,5 hektar dengan menawarkan sejumlah wahana permainan yang seru. Wahana tersebut diantaranya 11 water slide, 5 kolam renang, flying fox, jembatan goyang, ember tumpah dan lainnya.

8. Candi Pringapus

Candi Pringapus
Temanggung juga memiliki wisata candi salah satunya candi Pringapus. Candi ini termasuk candi peninggalan Agama Hindu yang digunakan sebagai sarana untuk pemujaan Dewa Siwa. Candi Pringapus dibangun tahun 850 M menurut prasasti yang ditemukan di sekitar candi saat direstorasi tahun 1932. Pada hari libur, akan banyak pengunjung yang dtang ke candi ini. Tak hanya wisatawan lokal saja, namun juga wisata mancanegara.

9. Monumen Meteorit

Monumen Meteorit
Monumen Meteorit dibangun untuk mengingat peristiwa alam yakni jatuhnya meteor di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Benda langit yang jatuh ini ukurannya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Selain bisa melihat langsung monumen Meteorit, disini anda juga bisa menikmati pemandangan alam dengan landscape Gunung Sumbing ditambah berkunjung ke agrowisata buah serta sayuran yang ada di sekitar lokasi Monumen.

10. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang
Selain wisata Embung Kledung, di Kabupaten Temanggung juga masih ada embung lainnya yang tak kalah menarik yaitu Embung Tlogopucang. Seperti namanya, lokasi Embung Tlogopucang ini ada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Embung ini berada di perbukitan dan memiliki panorama alam yang indah dengan latar belakang Gunung Sindoro, Sumbing serta Gunung Prau. Sama seperti umumnya embung di daerah lain, Embung Tlogopuncang juga digunakan untuk menampung air hujan sehingga bisa untuk sarana irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, pemandangan di Embung Tlogopucang terlihat indah sehingga kini berubah menjadi salah satu tempat rekreasi di Temanggung yang wajib dikunjungi.

11. Curug Lawe

Curug Lawe
Selain Curug Trocoh dan Curug Onje, di Temanggung masih ada lagi curug menarik yang bisa anda kunjungi yaitu Curug Lawe. Curug ini berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Lawe dalam bahasa Jawa berarti untaian benang putih. Dinamakan Lawe karena airnya seperti untaian benang putih yang indah. Maka dari itu, tak heran bila Curug Lawe ini banyak dikunjungi masyarkat daerah Temanggung dan sekitarnya.

12. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

Gunung Sindoro
Jika anda pecinta hiking, mungkin bisa menjajal pendakian di Gunung Sindoro dan Sumbing. Jika mendaki di Gunung Sindoro bisa dimulai dengan mengambil jalur Kledung. Sedangkan pendakian Gunung Sumbing bisa dimulai dari Base Camp Cepit letaknya di Desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Temanggung.

13. Pohon Walitis di Hutan Rasamala

Pohon Walitis
Pohon Walitis yang ada di kawasan hutan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Hutan ini berlokasi di Jetis, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Tinggi pohon walitis ini mencapai 30 meter dan lingkar batang sekitar 7,5 meter sehingga untuk memeluknya dibutuhkan sekitar 6 orang dewasa yang saling bertautan. Untuk mencapai pohon Walitis Temanggung ini, anda harus mendaki dahulu melalui jalan setapak.

14. Alam Sewu

Alam Sewu
Mungkin nama Alam Sewu di Temanggung ini masih terdengar asing bagi anda. Di Wisata Alam Sewu ini, anda bisa melihat pemandangan alam dan sunrise yang mempesona karena berada di ketinggian pegunungan. Saat berada di Alam Sewu Temanggung, anda seperti berada di negeri atas awan. Tak hanya sunrisenya saja yang indah, anda juga bisa melihat hamparan perkebunan tembakau khas daerah Temanggung. Jika anda ingin berkunjung ke Alam Sewu ini bisa menuju ke Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

15. Curug Titang

Curug Titang
Masih ada lagi nih curug di Kabupaten Temanggung, namanya Curug Titang. Curug ini masih satu aliran dengan sungai Lungge dan bisa digunakan untuk berenang karena air sungainya yang jernih. Selain itu, lokasi curug Titang seringkali digunakan untuk kegiatan rafting. Pada hari libur cukup banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan curug Titang dan mencoba rafting.

Curug Titang berlokasi Di Dusun Durenan, Desa Temabarak, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

16. Taman Kartini

Taman Kartini
Seperti halnya Kota Surabaya yang punya banyak taman indah, Temanggung pun juga tidak mau kalah dengan adanya Taman Kartini. Letak taman ini sangat strategis karena berada di pusat Kota Temanggung tepatnya di Jln Secang - Temanggung No.119, Kowangan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Taman Kartini ini sangat cocok bagi anda yang ingin sekedar beristirahat dan bersantai merefresh pikiran sambil menikmati pemandangan kota. Tak hanya itu, disini juga terdapat beberapa wahana bermain untuk anak anak.

17. Taman Kali Progo

Taman Kali Progo
Taman Kali Progo termasuk taman baru di Temanggung. Taman ini cocok untuk bersantai dan berfoto-foto terlebih dengan adanya rel kereta api yang sudah tidak digunakan sebagai obyeknya.

Terlepas dari itu, dahulu jembatan kali Progo merupakan tempat pembantaian massal warga pribumi yang dilakukan oleh kompeni. Taman Kali Progo berlokasi di Jln Kranggan Temanggung, Madureso, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Demikian daftar tempat wisata di Temanggung yang wajib anda kunjungi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga kunjungi tempat wisata di Jawa Tengah lainnya.
Advertisement.
17 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar