13 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Patut Dikunjungi

Advertisement
13 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Patut Dikunjungi - Brebes merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berada di wilayah pantai utara bagian barat berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Selain terkenal dengan sebutan Kota Bawang dan Kota Telor Asin, Brebes juga terkenal memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ingin tahu, apa saja tempat wisata di Brebes yang patut dikunjungi? Berikut daftarnya.

1. Curug Putri
Curug Putri
Curug Putri
Curug Putri memiliki panorama alam yang eksotis dan masih alami. Dahulu curug ini ada dua pancuran air yang dikenal dengan curug kembar, namun kini hanya ada satu. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini juga dihiasi tebing batu pada sisi-sisinya yang terukir secara alami. Curug Putri berlokasi di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

2. Kaligua
Kaligua
Kaligua
Kaligua merupakan sebuah objek wisata alam menarik yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Berada di dataran tinggi menjadikan suasana disini sejuk dan berhawa dingin. Terdapat beberapa spot yang menarik saat anda berkunjung ke Kaligua diantaranya perkebunan teh, Goa Jepang dan Mata Air Tuk Bening. Tak hanya itu, di wisata Kaligua juga meyediakan wahana outbound.

3. Ciblon Waterboom
Ciblon Waterboom
Ciblon Waterboom
Wahana permainan air seluas 1,5 hektar ini terletak di jln. Yos Sudarso, Brebes. Ciblon Waterboom ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Berbagai fasilitas juga disediakan diantaranya kolam renang, slider, lintasan kolam, permainan ember tumpah, sauna, tempat fitnes, tempat senam aerobik, kamar mandi, ruang ganti, cafe dan tempat parkir.

4. Pemandian Air Panas Tirta Husada
Pemandian Air Panas Tirta Husada
Pemandian Air Panas Tirta Husada
Pemandian air panas Brebes yang satu ini terletak di Dukuh Kedungoleng Kecamatan Paguyangan. Disini, Anda bisa menikmati udara sejuk sambil menikmati mandi air panas. Konon, air panas disini bisa menyembuhkan penyakit rematik. Selain itu, juga terdapat beberapa fasilitas diantaranya cafe, tempat karaoke, kolam renang, arena permainan anak, kamar mandi dan lainnya. Harga tiket masuknya Rp 2000 untuk hari biasa dan Rp 3000 untuk hari libur.

5. Waduk Malahayu
Waduk Malahayu
Waduk Malahayu
Waduk peninggalan Belanda ini berlokasi di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes. Selain sebagai sarana irigasi dan pengendali banjir, waduk Malahayu juga digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Pemandangan alamnya yang menawan dan susananya yang tenang membuat tempat wisata di Brebes yang satu ini seringkali dijadikan lokasi bumi perkemahan.

6. Pantai Randusanga
Pantai Randusanga
Pantai Randusanga
Pantai Randusanga menawarkan pemandangan pantai yang cukup elok. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan perkebunan bawang yang luas serta budidaya rumput laut dan ikan bandeng. Pantai Randusanga berlokasi di Desa Randusanga Kulon atu sekitar 7 km dari kawasan jalan raya Pantura.

7. Candi Pangkuan
Candi Pangkuan
Candi Pangkuan
Candi Pangkuan berada di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi batu ini berbentuk lonjong dengan tinggi 50 cm. Selain melihat candi, Anda juga akan melihat hewan kera berkeliaran yang jumlah ratusan. Namun, jangan khawatir, kera disini sudah jinak.

8. Desa Wisata Cisereuh
Desa Wisata Cisereuh
Desa Wisata Cisereuh
Desa wisata yang berada di kaki Gunung Kumbang tepatnya terletak di Pedukuhan Jalawastu, Desa Ciseureuh, Ketanggungan, Brebes ini masih kental akan budaya dan adat. Setap selasa kliwon, di desa ini diadakan upacara adat yang disebut upacara adat Ngasa.

Selain bisa menyaksikan adat dari Desa Wisata Cisereuh, Anda juga akan menjumpai bangunan rumah yang unik karena beratap seng dan berdinding kayu karena adat yang dilarang membangun rumah dengan atap genting dan berdinding tembok. Bahkan penduduk di Desa Wisata Cisereuh juga dilarang menanam bawang merah. Unik kan?.

9. Ranto Canyon
Ranto Canyon
Ranto Canyon
Tempat wisata baru di Brebes bernama Ranto Canyon ini berada di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes. Saat tiba di Ranto Canyon, Anda akan melihat pemandangan alam air terjun dan sungai yang dibatasi tebing setinggi 60 meter. Perjalanan menuju Ranto Canyon sangat menantang dan menguji adrenalin.

10. Telaga Ranjeng
Telaga Ranjeng
Telaga Ranjeng
Telaga Ranjeng atau juga dikenal dengan Cagar Alam Telaga Ranjeng berada di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Selain menawarkan suasana pegunungan, daya tarik dari Telaga Ranjeng Brebes ini menjadi habitat ribuan ekor lele dan ikan nila raksasa.

Ikan lele di Telaga Renjeng konon dianggap sebagai penghuni telaga. Namun kini ribuan ikan lele tersebut menghilang dan tidak ada yang tahu hilangnya kemana sehingga banyak versi cerita yang berkembang mengenai hilangnya ikan lele di Telaga Ranjeng.

11. Waduk Penjalin
Waduk Penjalin
Waduk Penjalin
Selain Waduk Malahayu masih ada lagi wisata waduk di Brebes yaitu Waduk Penjalin. Waduk yang dibangun sekitar tahun ini 1930 ini memiliki luas sekitar 1,5 km persegi. Jika Anda ingin berkunjung Waduk Penjalin bisa menuju ke Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

12. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Pemandian Air Panas Cipanas Buaran
Selain pemandian Air Panas Tirta Husada di Brebes juga ada pemandian air panas Cipanas Buaran. Di pemandian air panas ini, suasananya sejuk khas pegunungan karena lokasiya berada di daerah perbukitan tepatnya di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.

13. Agrowisata Besaran
Agrowisata Besaran
Agrowisata Besaran
Agrowisata Besaran ini merupakan bagian dari perluasan bidang usaha PG Jatibarang. Fasilitas yang tersedia diantaranya kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang dan perahu ontel. Selain menawarkan ruang bermain anak yng menyenangkan, disini Anda juga akan melihat bangunan arsitektur klasik peninggalan Belanda. Untuk biaya tiket masuk Agrowisata Besaran terbilang murah yaitu Rp 3000.
Advertisement.
13 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Patut Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar