Obyek Wisata Air Terjun Bidadari Sentul Bogor yang Memikat

Obyek Wisata Air Terjun Bidadari Sentul Bogor yang Memikat - Bukit Sentul merupakan sebuah daerah perumahan kecil yang modern, berlokasi di kota Bogor, Jawa Barat. Dari kota Jakarta, Sentul berjarak lebih kurang sekitar 48 km,serta dikelilingi oleh Gunung Mas dan Gunung Salak.

Kini Sentul telah mengalami banyak kemajuan, bisa dilihat dari adanya pengembangan eco-tour, pusat perbelanjaan, pusat rehabilitasi obat nasional, pusat konvensi, dan dua lapangan golf. Selain itu di sini juga terdapat Jungleland dan juga Air Terjun Bidadari, yang merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan.

Lokasi Wisata Air Terjun Bidadari Sentul
Wisata Air Terjun Bidadari Sentul
Wisata Air Terjun Bidadari Sentul
Lokasi tempat wisata Air Terjun Bidadari berada di Ds. Bojongkeneng, Sentul, Kab.Bogor. Untuk mencapai lokasi wisata ini bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda empat, karena aksesnya yang cukup mudah. Dari Jakarta, Anda pilih jalur Tol Jagorawi kemudian keluar melalui Tol Sentul City.  Dari gerbang Tol Sentul Anda ambil jalur kiri. Setelah menempuh beberapa meter perjalanan , selanjutnya Anda akan menemukan perempatan. Pilihlah jalan yang paling sempit dari perempatan tersebut dengan papan petunjuk yang nantinya akan memandu Anda untuk menuju lokasi Sentul Paradise Park. Air Terjun Bidadari Sentul berada di kawasan Sentul Paradise Park.

Sejarah Air Terjun Bidadari Sentul
Air Terjun Bidadari Sentul
Air Terjun Bidadari Sentul
Awalnya, lokasi dari Air Terjun Bidadari ini sangat tersembunyi. Bahkan untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus berjalan kaki sepanjang 2 km. Dahulu terdapat bukit yang membentuk lembah sehingga pemandangan air terjun ini hanya bisa terlihat sebagian, bukan secara keseluruhan. Jadi keindahan air terjun ini tidak bisa terlihat dengan baik.

Namun, kemudian bukit yang membentuk lembah tersebut akhirnya digali untuk digunakan sebagai akses jalan menuju air terjun. Selain sebagai akses jalan, penggalian ini juga bertujuan untuk membuat kolam penampungan dari air terjun tersebut. Lalu muncul kendala kedua yakni sebuah batu besar yang berada tepat di depan air terjun. Kemudian batu tersebut dibelah untuk dijadikan hiasan. Bila dilihat dari kejauhan, batu tersebut seolah-olah terbelah oleh air terjun dan memberikan jalan untuk aliran air.

Menurut cerita legenda yang beredar di masyarakat, di antara bebatuan raksasa yang ada terdapat sebuah celah yang dahulunya merupakan tempat persembunyian dari Jaka Tarub. Menurut cerita legenda, Jaka Tarub dahulu menggunakan celah batu tersebut untuk mengintip para bidadari dari kahyangan yang sedang mandi di sana. Hal inilah asal mula nama air terjun ini bernama Air Terjun Bidadari, karena merupakan tempat dari para bidadari kahyangan mandi.

Keindahan Air Terjun Bidadari Sentul
Keindahan Air Terjun Bidadari Sentul
Keindahan Air Terjun Bidadari Sentul
Jam operasi wisata Air Terjun Bidadari Sentul mulai dari jam 8:00 WIB. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Bidadari, Anda wajib membayar tiket masuknya sebesar Rp 30.000 serta biaya parkir Rp 5.000. Perlu Anda ketahui, tiket Wisata Air Terjun Bidadari hanya dijual di loket gerbang masuk. Apabila Anda menjumpai lokasi lain yang meminta tiket masuk, saya himbau untuk tidak membayarkan, sebab diduga hal tersebut adalah pungutan liar yang sengaja dilakukan warga sekitar. Setelah membayar tiket masuk di pintu gerbang, perjalanan masih Anda lakukan dengan melewati jalan yang kondisinya tidak terlalu baik. Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, Anda akan disuguhi sederet pemandangan indah bukit, ladang dan sawah yang hijau dan terlihat sejuk dengan latar Gunung Salak.

Ketinggian Air Terjun Bidadari mencapai 50 m dengan debit air tidak terlalu deras. Untuk bisa menikmati suasana air terjun dalam jarak dekat, Anda cukup menyusuri tangga dan juga jembatan yang sudah disediakan. Terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang anak-anak karena kedalaman hanya 30 cm, sehingga aman untuk berenang anak-anak.
Obyek Wisata Air Terjun Bidadari Sentul
Obyek Wisata Air Terjun Bidadari Sentul
Selain kolam kecil, terdapat juga kolam besar yang sengaja dibuat untuk pengunjung yang juga ingin bermain air, dan kolam ini tidak aman untuk anak-anak, sebab kedalamannya 1,5 m. Kedua kolam air di bawah Air Terjun Bidadari ini sangatlah jernih dan juga segar, tanpa kontaminasi dari bahan kimia apapun. Di tepi kolam juga terdapat pasir putih langsung didatangkan dari Pulau Belitung supaya membuat kolam ini terlihat seperti pantai buatan.

Meskipun pengelolaannya sudah modern, Anda tak perlu khawatir karena air di kolam yang khusus untuk berenang ini adalah mata air murni sehingga tidak akan menyebabkan gatal atau sakit kulit lainnya. Selain itu, ada juga wahana Lazy Pool dan Wave Pool untuk Anda yang masih betah bermain air. Selain kedua wahana tersebut, di sini juga ada permainan lain yakni flying fox dan perahu tangan. Di sini menyediakan persewaan pelampung donat, jika Anda tidak membawa peralatan dari rumah.

Posting Komentar untuk "Obyek Wisata Air Terjun Bidadari Sentul Bogor yang Memikat"