12 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik Dikunjungi

Advertisement
12 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik Dikunjungi - Mojokerto merupakan salah satu wilayah tersohor di Provinsi Jawa Timur. Beragam obyek wisata menarik ada di kota Mojokerto ini, mulai dari wisata alam sampai tempat bersejarah yang dapat menambah pengetahuan anak.

Keistimewaan tempat wisata di Mojokerto tak hanya diminati oleh wisatawan domestik saja, namun juga para wisatawan mancanegara. Dari sekian banyaknya lokasi wisata Mojokerto sebagai tujuan liburan, berikut ada 12 tempat wisata di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi.
Tempat Wisata di Mojokerto
Candi Wringin Lawang
1. Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu memiliki pemandangan alam yang sangat istimewa. Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dengan menikmati pemandangan alam sekitar. Air Terjun Coban Canggu terletak di Kec. Pacet, lebih tepatnya berada di Desa Padusan. Jangan heran jika Anda sudah berada di lokasi wisata ini, Anda akan melihat beberapa vila atau penginapan lain yang dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan.

2. Candi Wringin Lawang
Candi Wringin Lawang merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih tersisa hingga kini. Asal nama Candi ini yaitu Wringin artinya pohon beringin sedangkan lawang berarti pintu. Candi Wringin Lawang juga terkadang disebut candi Jatipasar, berada di Dsn Wringin Lawang, Desa Jatipasar, Kec. Trowulan, Mojokerto.

Bangunan Candi Wringin lawang ini termasuk tipe candi bentar ini dengan bentuk gapura tanpa atap. Candi ini diyakini dahulunya digunakan sebagai salah satu jalur pintu masuk menuju keraton kerajaan Majapahit.

3. Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu atau juga dikenal dengan Gapura Bajang Ratu merupakan sebuah bangunan gapura atau candi peninggalan Majapahit. Candi ini berlokasi di Desa Temon, Kec.Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Bangunan Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-14 dan merupakan salah satu gapura besar pada zaman kejayaan Kerajaan Majapahit. Menurut catatan dari Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto, dahulunya gapura atau candi ini merupakan bangunan suci yang berfungsi sebagai pintu masuk untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara.

Bangunan Gapura ini terbuat dari batu bata merah. Tapi memiliki relief-relief dan arsitektur yang bagus.

4. Candi Brahu
Candi Brahu adalah salah satu candi di Mojokerto yang masih berada di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Candi ini bertempat di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kab. Mojokerto atau sekitar 2 km ke arah utara dari jl. raya Mojokerto - Jombang.

Asal nama dari candi ini, yaitu "brahu" diduga diambil dari kata wanaru atau warahu. Nama ini diperoleh dari sebutan sebuah bangunan suci yang disebutkan dalam Prasasti Alasantan. Anda bisa menemukan prasasti tersebut tidak jauh dari Candi Brahu.

5. Candi Jalatunda
Tak lengkap rasanya apabila berwisata ke Mojokerto tanpa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Candi Jalatunda yang lokasinya berada di Kec. Trowulan, Candi Jalatunda di Desa Seloliman juga patut untuk Anda kunjungi guna melengkapi perjalanan wisata sejarah Anda selama berada di sana.

6. Patung Budha Tidur Mahavihara Majapahit
Mahavihara Majapahit adalah sebuah tempat wisata unik dan menarik yang berlokasi di Ds. Bejijong, Mojokerto. Bagaimana tidak? sesampainya di lokasi wisata ini Anda bisa melihat patung budha tidur yang identik dengan sebuah tempat peribadatan umat Budha. Tepat berada di samping vihara membuat patung ini menjadi sorotan bagi para pengunjung yang datang ke vihara ini. Patung budha ini merupakan patung budha terbesar ketiga di dunia karena ukurannya sangat besar dan berwarna emas. Itulah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Mahavihara Majapahit.

7. Museum Trowulan
Museum Trowulan adalah salah satu museum arkeologi terkenal di Mojokerto yakni tepatnya berada di Desa Trowulan, Kec. Trowulan. Di Museum ini ada berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit dan koleksi kerajaan lainnya seperti Kerajaan Kahuripan, Kediri dan Singasari. Tentu dengan mengunjungi Museum Trowulan Mojokerto bisa menambah wawasan sejarah Anda.

8. Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung berada di bawah kaki Gunung Welirang tepatnya berlokasi di Dsn Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Air Terjun Dlundung ini berada pada ketinggian 760 meter dibawah permukaan laut dengan ketinggian sekitar 50 hingga 60 meter. Letaknya yang tinggi, membuat kawasan di sekitar air terjun ini begitu sejuk.

Pada saat akhir pekan atau hari libur, kawasan wisata air terjun Dlundung dipadati banyak pengunjung. Kegiatan yang bisa dilakukan disini diantaranya outbound, mulai dari fun game, jatuh bebas, jaring laba-laba, flying fox dan lainnya.

9. Pemandian Ubalan Pacet
Pemandian Ubalan merupakan pemandian yang berada di desa Padusan, Kecamatan Pacet yakni sekitar 1 km dari pusat kota Mojokerto. Seperti umumnya pemandian, di lokasi wisata ini terdapat kolam renang dengan sumber mata air dari pegunungan. Disini, Anda bisa menikmati suasana kolam, wisata sepeda air dan taman bermain anak.

Disekitar pemandian juga ada beberapa fasilitas tambahan yang disediakan untuk para pengunjung, seperti, pemancingan, tempat istirahat dan restoran.

10. Situs Kedaton Mojokerto
Terdapat banyak tempat wisata sejarah di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Situs Kedaton yang letaknya berada di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kec. Trowulan. Di tempat ini, Anda akan menjumpai suatu kompleks yang berisi sisa bangunan kuno peninggalan Kerajaan Majapahit yang dibuat dari batu bata merah yang diperkirakan sudah dari abad ke-13. Selain itu, di kawasan Situs Kedaton juga ada Candi Kedaton dan Sumur Upas.

11. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala
Tempat yang melestarikan berbagai peninggalan zaman purbakala ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata menarik yang cocok bagi anak-anak. Selain dapat menambah wawasan secara teori, anak-anak juga bisa secara langsung melihat dan mengamati berbagai koleksi peninggalan purbakala dari jarak dekat. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto ini berada di Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Terkenal

12. Masjid Agung Al Fattah
Masjid yang ada di Mojokerto ini dibangun pada jaman Belanda tanggal 7 Mei tahun 1878. Tentunya bagi Anda yang suka wisata religi, bisa berkunjung ke Masjid Agung Al-Fattah. Berlokasi di sisi barat alun-alun kota yakni tepatnya di Jln. Jenderal Ahmad Yani, Kabupaten Mojokerto.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Masjid ini seperti tempat ibadah, tempat wudhu, kamar mandi, perpustakaan, taman pendidikan Al Qur'an, poliklinik dan koperasi.
Advertisement.
12 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar