10 Tempat Wisata di Gresik yang Paling Terkenal

Advertisement
10 Tempat Wisata di Gresik yang Paling Terkenal - Gresik dikenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Di kota ini berdiri pabrik semen pertama sekaligus perusahaan semen terbesar di Indonesia. Meskipun terkenal dengan kota industri, Gresik juga menyimpan beragam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat tersebut mulai dari wisata alam hingga wisata religi bisa Anda temukan disini. Nah, penasaran? apa saja tempat wisata di Gresik yang terkenal? Berikut daftar wisatanya.
Tempat Wisata di Gresik
Pantai Delegan
1. Pantai Delegan
Pantai Delegan adalah salah satu tempat wisata di Gresik yang paling Terkenal. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kec. Panceng dengan memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Tentunya kondisi ombak yang tenang cukup aman digunakan untuk berenang maupun bersantai. Di Pantai Delegan juga sering diadakan lomba perahu dan memancing saat memperingati hari kemerdekaan. Fasilitas yang disediakan di pantai ini relatif masih sederhana dan umumnya dikelola oleh warga setempat.

2. Pulau Bawean
Pulau Bawean merupakan pulau kecil yang terletak di sisi utara Pulau Jawa. Pulau Bawean bisa menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang mengasyikkan. Di pulau ini terdapat suaka alam dan suaka margasatwa. Selain itu wisata pantainya pun juga mempesona, masih alami, bersih, dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Di pantai ini, Anda bisa bermain dengan aman dan nyaman.

Tak hanya itu, di Pulau Bawean juga tersimpan kekayaan alam lainnya yang bisa Anda kunjungi diantaranya pemandian air panas, air terjun dan Danau Kastoba. Anda juga bisa mengunjungi pulau cantik bernama Gili Noko saat air laut sedang surut. Jika beruntung, Anda bisa menjumpai Rusa Bawean yang menjadi maskot dari Kabupaten Gresik.

3. Bukit Jamur
Bukit Jamur adalah tempat wisata di Gresik yang berada di Kecamatan Bungah, Gresik. Berjarak kurang lebih 6 km dari Gunung Kapur Sekapuk. Dulu kawasan ini merupakan area bekas galian yang sudah tidak digunakan dan kemudian mengalami proses erosi karena air hujan sehingga terbentuklah gundukan-gundukan batu besar yang berbentuk seperti jamur. Tentu, Bukit Jamur ini bisa menjadi tempat menarik yang menjadi tujuan wisata Anda.

4. Telaga Ngipik
Telaga Ngipik berjarak sekitar 1,5 kilometer dari alun-alun kota Gresik dan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk melarikan diri dari penatnya suasana hiruk pikuk kota.

Di sekitar Telaga Ngipik, Anda bisa merasakan suasana sejuk meskipun samar-samar di kejauhan terlihat bangunan pabrik-pabrik industri yang tidak jauh dari telaga ini. Ya, Telaga yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Warna Tirta ini bisa Anda manfaatkan untuk hunting foto atau sekedar bersantai menikmati pemandangan ditemani semilir angin. Telaga ini juga kadang digunakan oleh PSASI Jatim atau Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia untuk latihan ski air.

5. Sendang Banyu Biru Lowayu
Tempat wisata di Gresik yang satu ini menyuguhkan fenomena alam yang unik. Sendang Banyu Biru Lowayu berlokasi di Desa Lowayu, kec. Dukun, Gresik. Di desa ini ada sumber mata air yang dikenal dengan nama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya "Banyu Biru" kolam yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki air berwarna biru. Fenomena air biru di Lowayu ini terbilang cukup aneh mengingat perairan di sekitarnya tidak ada yang seperti itu. Warna biru ini terlihat dengan sangat jelas.

Belum ada penelitian ilmiah dari mana asal warna air biru di kolam ini. Ketika mendekati kolam, Anda akan mencium aroma belerang yang sangat kuat. Kolam Sendang Banyu Biru Lowayu diyakini warga sekitar dapat mengobati berbagai penyakit terutama penyakit kulit.

6. Gunung Kapur Sekapuk
Tak hanya Madura yang mempunyai bukit kapur yang eksotis. Di Gresik juga terdapat wilayah perbukitan kapur yang terbentuk akibat kegiatan penambangan penduduk sekitar. Ya, bukit ini bernama Gunung Kapur Sekapuk dan berada tidak jauh dari Bukit Jamur. Bukit kapur ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Disini, Anda bagaikan berada di istana kapur. Batu Kapur berada di Desa Sakapuk, Kec. Ujung Pangkah.

7. Kota Lama Gresik
Kawasan Kota Lama Kabupaten Gresik menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Gresik. Pengunjung yang datang akan merasakan seolah-olah kembali ke jaman Hindia Belanda. Di kawasan Kota Lama Gresik ini, berdiri bangunan-bangunan lama dengan arsitektur klasik yang rapi menjadikan tempat ini sebagai ikon tempat wisata di Gresik. Jika Anda penyuka tempat wisata sejarah, maka Kota Lama Gresik ini bisa menjadi tujuan Anda.

8. Goa Gelang Agung
Goa Gelang Agung berada di Desa Melirang, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik. Jika sedang berwisata ke Gresik, Goa Gelang Agung sayang untuk dilewatkan. Dinamakan Goa Gelang Agung karena goa ini memiliki bentuk mirip seperti sebuah gelang besar.

9. Gua Langsih
Gua Langsih di Gresik ini konon katanya merupakan tempat tinggal Berandal Loka Jaya sebutan dari Raden Sahid. Letaknya Goa Langsing berada di puncak Bukit Surowiti dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Petilasan Sunan Kalijaga. Gua Langsih ini berada di perbukitan kapur dengan tekstur dinding yang terlihat sangat unik.

10. Makam Sunan Gresik
Selain terkenal sebagai kota industri, Gresik juga terkenal sebagai Kota Wali. Kota Gresik dahulu termasuk pusat penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Gresik untuk berziarah ke makam beberapa tokoh penyebaran agama Islam, salah satunya adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau terkenal dengan nama Sunan Gresik.
10 Tempat Wisata di Gresik yang Paling Terkenal | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar