12 Tempat Wisata di Karawang yang Paling Menarik

12 Tempat Wisata di Karawang yang Paling Menarik - Karawang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat dan dikenal dengan sebutan kota padi atau sekarang sering disebut kota pangkal perjuangan. Ya, selain terkenal dengan julukan kota padi atau kota pangkal perjuangan, Karawang memiliki beragam tempat wisata yang menarik meliputi dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata religi dan lainnya.

Memang, objek wisata di kota ini masih belum sepopuler kota lain di Jawa Barat, tapi tempat wisatanya tak kalah indah dengan daerah lain. Jika Anda datang dari kota Jakarta, kota Karawang bisa ditempuh dengan jarak sekitar 1,5 jam melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Nah, apa saja tempat wisata di Karawang yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ulasannya.
Tempat Wisata di Karawang
Curug Cigentis
1. Curug Cigentis
Curug Cigentis merupakan tempat wisata unggulan di Kabupaten Karawang. Lokasi Curug ini berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Saat perjalanan menuju Curug ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan asri. Meskipun jalan menuju Curug ini hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki saja yakni sejauh 2 km dari tempat parkir kendaraan, tapi rasa lelah selama perjalanan akan dibayar lunas ketika Anda tiba di Curug Cigentis ini. Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Karawang.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

2. Curug Cipanundaan
Curug Cipanundaan juga berada di kaki Gunung Sanggabuana dengan tiga buah curug yang menjadi satu dalam satu area. Kondisi curug ini masih terbilang alami dan di atas Curug ini masih terdapat dua curug lagi yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Akses menuju ke dua curug ini cukup berat dan membutuhkan stamina yang prima karena memang lokasinya cukup jauh dengan berjalan setapak melewati sungai berbatu, tebing yang naik turun, menerabas semak dan hutan belukar.

Curug Cipanundaan berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat kota Karawang.

3. Curug Cikarapyak
Curug Cikarapyak berada diatas Curug Cipanundaan. Anda akan disuguhi pemandangan alami selama perjalanan ke Curug Cikarapyak. Lokasi Curug ini berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru.

4. Curug Cikoleangkak
Curug ini adalah air terjun terakhir yang berada di kaki Gunung Sanggabuana yakni diatas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan. Untuk bisa mencapai air terjun ini diperlukan stamina yang prima dan juga keberanian untuk menjelajahi hutan rimba yang belum banyak tersentuh oleh manusia. Curug Cikoleangkak berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

5. Bendungan Walahar
Bendung yang dibangun tahun 1925 ini berada di Kecamatan Klari, Kab. Karawang. Bangunan unik di atas Kali Citarum ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang mengairi 87.396 hektar sawah di wilayah Karawang. Dahulun Bendungan Walahar ini bernama Parisdo.

Pada waktu hari libur banyak yang berkunjung ke danau untuk memancing atau sekedar meyegarkan pikiran dengan menikmati deburan air yang terjun dari dam. Selain itu, bendung Walahar juga ditunjang sederetan rumah makan khas Walahar yang menyajikan makanan pepes ayam dan pepes ikan jambal.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer

6. Danau Cipule
Danau Cipule bisa menjadi pilihan tempat wisata keluarga favorit Anda ketika berkunjung ke Karawang. Danau seluas 90 hektar ini menawarkan suasana asri yang cocok untuk melepas kepenatan. Danau ini juga disebut dengan nama Situ Cipule karena ditengahnya terdapat pulau kecil bernama Pulau Cinta.

Danau Cipule berlokasi di Desa Walahar, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Karawang tidak jauh dari Bendungan Walahar. Jalan menuju Danau ini pun juga cukup mudah.

7. Danau Kalimati
Danau ini dinamakan Kalimati karena dahulu merupakan bagian dari aliran sungai Citarum yang berkelok-kelok lalu berubah menjadi lurus sehingga bekas aliran sungai tersebut terbendung. Di kawasan Danau Kalimati, Anda akan menjumpai banyak warung makan sederhana dengan berbagai menu, dari makanan sate maranggi hingga bakso. Danau Kalimati berlokasi di desa Walahar, kecamatan Klari, kabupaten Karawang, jaraknya sekitar 11 km dari pusat kota Karawang

8. Curug Bandung
Curug Bandung memiliki 7 air terjun dalam satu aliran sungai yaitu mulai dari Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang paling besar adalah Curug Bandung. Perjalanan menuju Curug ini terbilang cukup berat karena harus jalan kaki sejauh 3 km. Curug Bandung berlokasi di Desa Mekarbuana Kec. Tegalwaru sekitar 42 km dari kota Karawang.

9. Pantai Tanjung Pakis
Pantai Tanjung Pakis yang berada di ujung Utara Karawang ini memiliki pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Hal ini karena Pantai Tanjung Pakis terletak di teluk semenanjung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Di kawasan pantai ini tersedia penginapan dengan fasilitasnya. Terdapat juga warung makan tradisional yang biasanya menawarkan menu ikan bakar. Pantai Tanjung Pakis berlokasi di Kecamatan Pakisjaya sekitar 70 km dari pusat kota Karawang.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

10.  Pantai Samudera Baru
Pantai Samudera Baru merupakan tempat wisata pantai andalan Karawang setelah pantai Tanjung Pakis. Pantai berpasir putih dan ombak tenang ini menyediakan fasilitas penunjang wisata. Pantai ini mempunyai pemandangan alam yang eksotis. Di kawasan pantai ini juga terdapat warung-warung makan yang menjual hidangan laut. Saat libur lebaran, pantai Samudera Baru banyak dikunjungi wisatawan.

11. Pantai Tanjung Baru
Pantai ini hampir tidak berbeda jauh dengan pantai lainnya di Karawang. Pantai Tanjung Baru berada di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Di area pantai ini juga terdapat warung-warung makan. Anda juga bisa menyewa perahu untuk menikmati indahnya pantai Tanjung Baru. Jika Anda ingin datang ke pantai ini bisa menuju ke Kecamatan Cilamaya berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Karawang.

12. Curug Ciomas (Green Canyon Mini)
Di Jawa Barat tak hanya Green Canyon Pangandaran yang terkenal tapi juga ada Green Canyon Mini (Curug Ciomas) yaitu di Karawang. Seperti sebutannya green canyon Ciomas ini bentuknya mini dan memiliki air terjun serta sungai berwarna hijau jernih. Cocok untuk destinasi wisata akhir pekan.

Baca juga: Green Canyon Pangandaran, Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat

Lokasinya memang tidak terlalu luas, tetapi pemandangan alam, keberadaan tebing yang mengapit aliran sungai kecil, batu-batu besar serta akar-akar pohon tua merupakan suguhan pemandangan yang cukup eksotis dan memanjakan mata. Curug Ciomas berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kec. Pangkalan.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata di Karawang yang Paling Menarik"