Pantai Tanjung Lesung, Wisata Bahari Banten yang Mempesona

Advertisement
Pantai Tanjung Lesung, Wisata Bahari Banten yang Mempesona - Sebagai negara kepulauan, Indonesia beruntung karena secara otomatis akan mempunyai banyak pantai dengan panorama indah. Baik itu pantai yang telah terjamah ataupun pantai yang belum terjamah. Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai di Jawa Barat yang cukup tekenal di kalangan warga Banten dan Jakarta. Pantai berpasir putih yang dipadukan dengan pepohonan yang tumbuh di tepi pantai adalah panorama indah yang dapat Anda nikmati untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan.

Lokasi
Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung berada di ujung barat Pulau Jawa yakni tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Menarik di Jawa Barat dan Sekitarnya

Asal Usul
Nama Tanjung Lesung berasal dari penamaan di lokasi pantai. Pantai ini memiliki bentuk yang menjorok ke laut menyerupai ujung lesung. Lesung adalah alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk padi.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Tanjung Lesung
Wisata Tanjung Lesung
Wisata Tanjung Lesung
Banyak dari para wisatawan yang bertutur apabila menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Lesung ini seperti menghabiskan waktu di pantai pulau Bali. Sebab kondisi Pantai Tanjung Lesung memang serupa dengan pantai yang ada di Bali, dengan garis pantai yang panjangnya 15 km. Hamparan pasir putih yang sangat landai memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan air.

Pantai Tanjung Lesung ini mempunyai pasir yang begitu putih dan sangat lembut. Kealamian pantai ini memberikan suasana tenang dan romantis terlebih jika Anda berjalan menyusuri garis pantai bersama pasangan merasakan semilir angin serta deburan ombak.

Ombak yang tak terlalu besar memungkinkan Anda melakukan berbagai kegiatan dan menghabiskan waktu bersama keluarga di pantai ini. Menggelar tikar dengan menyantap bekal sambil menikmati suiasana pantai yang cantik adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di pantai ini.

Bagi Anda yang ingin berwisata dengan membawa anak kecil, Pantai Tanjung Lesung juga cocok untuk tempat wisata keluarga. Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk berwisata di pantai ini. Anak Anda pastinya akan senang berenang dan bermain pasir di tepi pantai sambil Anda mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Bila Anda mencintai keragaman biota laut, Anda bisa melakukan kegiatan menyelam. Ketika menyelam Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang, ubur-ubur, dan juga siput yang berenang hilir mudik di dalam air. Anda pun juga akan melihat beragam jenis ikan yang saling berkejaran di sela-sela terumbu karang.

Di tempat wisata ini juga terdapat tempat konservasi yang berada di tengah pantai bagi Anda yang ingin belajar cara transplantasi terumbu karang. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang baru dan tidak terlupakan.

Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk menyelam, bisa melakukan snorkeling. Dengan snorkeling Anda tidak perlu berenang, Anda hanya cukup berjalan di atas batu karang dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan. Dengan begitu, Anda sudah dapat menikmati beragam biota laut dengan lebih dekat.
Jet ski Pantai Tanjung Lesung
Jet ski Pantai Tanjung Lesung
Selain itu, Anda juga bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk naik jet ski atau banana boat. Bagi Anda yang suka kegiatan yang menguji kesabaran, Anda bisa mencoba memancing. Anda patut mencoba memancing di sini karena pantai ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Posisi Pantai Tanjung Lesung yang tidak langsung menghadap ke laut membuatnya memiliki gelombang ombak yang tidak terlalu besar, hembusan anginnya pun juga tidak terlalu kencang. Inilah salah satu yang membuat Pantai Tanjung Lesung menjadi lokasi terbaik untuk memancing.
Pantai Tanjung Lesung yang Mempesona
Pantai Tanjung Lesung yang Mempesona
Jika Anda ingin bersantai? Anda bisa duduk-duduk di pondok wisata yang terdapat di tepian pantai sambil berjemur dan menikmati secangkir kopi. Anda juga akan disuguhi pemandangan burung-burung yang terbang rendah yang mencoba menangkap ikan dari para nelayan.

Pengalaman baru yang bisa dirasakan selain mengunjungi konservasi terumbu karang adalah mengunjungi Pulau Liwungan. Untuk bisa mencapai pulau ini Anda dapat menggunakan perahu nelayan atau speedboat dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Di Pulau Liwungan, Anda akan disuguhkan pemandangan indah Selat Sunda dan Gunung Krakatau yang menjulang tinggi.

Anda pun juga bisa menyusuri perkampungan nelayan yang letaknya tidak berada jauh dari tempat wisata ini. Nama kampung nelayan tersebut adalah Kampung Cipanon. D kampung tersebut juga menawarkan paket outbond yang unik seperti: sun rise boat trip, wisata budaya nelayan, wisata konservasi terumbu karang, wisata memberi makan burung camar dan fun games di Pulau Liwungan.

Apabila Anda berkunjung ke pantai ini pada waktu hari Sabtu, Anda dapat mencoba menikmati hidangan khas yang disuguhkan di berbagai restoran yang ada di tepi pantai. Adapun hidangan spesial tersebut adalah barbeque dari beragam makanan seafood yang lezat.

Hotel di Tanjung Lesung
Ada sejumlah tempat yang bisa Anda pilih sebagai tempat untuk menginap selama berada di Tanjung Lesung, terutama bila Anda datang bersama rombongan. Tempat penginapan tersebut seperti Kalicaa Villa Tanjung Lesung, Blue Fish Hotel dan Blue Whale Sanctuary. Fasilitas akomodasi yang diberikan pun juga fasilitas standar hotel berbintang yang tidak akan mengecewakan.

Rute Perjalanan Menuju ke Tanjung Lesung
Pesona Pantai Tanjung Lesung
Pesona Pantai Tanjung Lesung
Untuk bisa sampai di kawasan wisata Banten yang satu ini, Anda bisa menempuh perjalanan melalui jalur darat dengan menggunakan bus, mobil pribadi, atau kendaraan roda dua dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam menuju kota Pandeglang. Terdapat dua rute perjalanan yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke kawasan wisata Tanjung Lesung.

Baca juga: 16 Tempat Wisata Paling Menarik di Banten dan Sekitarnya

Rute Pertama, Anda bisa mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, kemudian keluar di pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah Anda melewati Kota Serang, maka perjalanan dilanjutkan menuju arah kota Pandeglang dan Labuan hingga akhirnya Anda tiba di lokasi wisata Tanjung Lesung.

Rute Kedua, perjalanan dari jalan tol Jakarta-Merak, setelah keluar di Gerbang Tol Cilegon. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pesisir Anyer – Carita hingga ke arah Labuan dan akhirnya sampai di Tanjung Lesung.
Advertisement.
Pantai Tanjung Lesung, Wisata Bahari Banten yang Mempesona | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar