5 Spot Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Anda Coba

5 Spot Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Anda Coba - Sebagian besar penduduk di Pulau Jawa mungkin jarang mendengar mengenai kota Labuan Bajo. Membahas tentang Labuan Bajo, adalah kota nelayan yang berada di ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Selain dikenal sebagai kota nelayan, Labuan Bajo juga menjadi salah satu obyek wisata teramai di Flores. Kota ini merupakan titik singgah bagi yang akan melakukan perjalanan menuju Pulau Komodo.

Jumlah wisatawan yang meningkat, membuat para pengelola Pulau Komodo mendirikan banyak fasilitas tambahan yang disediakan untuk para pengunjung, salah satunya adalah hotel berbintang di Labuan Bajo, yakni sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kenyamanan para wisatawan.
Yang paling menarik dari Labuan Bajo ini adalah panorama sunset, yang mulai mengubah warna langit cerah menjadi jingga. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Saat matahari mulai tenggelam, saat itulah pertunjukan dimulai. matahari yang perlahan tenggelam akan menciptakan siluet dramatis dengan pulau-pulau kecil yang dekat pelabuhan.

Selain menikmati indahnya panorama sunset. Inilah 5 kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Labuan Bajo.

1. Berkunjung ke Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu obyek wisata yang sudah diakui dunia, bahkan banyak wisatawan dari luar negeri yang datang di sini dibanding dengan wisatawan Indonesia.

Air Terjun Cunca Wulang berlokasi sekitar 300 m timur kota Labuan Bajo. Di sini tedapat 3 air terjun di Cunca Wulang, tetapi untuk bisa mencapai dan bisa melihat keindahan air terjun Cuanca Wulung Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu, melalui hutan lebih kurang 30 menit. trekking ini bukan kegiatan yang berat. jadi Anda tidak perlu khawatir.

Setelah melalui trekking selama lebih kurang 30 menit, Anda akan menyaksikan pemandangan tebing-tebing yang tinggi menyerupai tebing Green Canyon serta air sungai yang berwarna biru jernih. Untuk bisa menikmati keindahan dari tebing - tebing ini, Anda harus berenang di sungai jernih ini terlebih dahulu.

Suka dengan kegiatan ekstrim? Anda bisa mencoba melompat dari tebing dengan tinggi 3 - 10 m. Tak perlu kawatir sakit, Anda tidak akan merasakan sakit. Malah Anda akan merasakan kegembiraan, merasa lebih fresh. Menyenangkan bukan ?

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal

2. Trekking Di Taman Nasional Loh Liang
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo
Di sinilah lokasi tepat untuk Anda yang ingin melihat habitat asli dari hewan khas Indonesia, Di Taman Nasional Loh Liang, Pulau Rinca, Manggarai Barat, Flores. Anda bisa menyaksikan kehidupan Komodo yang sesungguhnya.

Untuk bisa mencapai lokasi Taman Nasional Loh Liang Anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan boat terlebih dahulu selama 3 - 4 jam. Namun Anda tak usah kawatir dan merasa jenuh dengan lamanya perjalanan, semua akan terbayar lunas ketika anda tiba di Taman Nasional Loh Liang. Taman Nasional ini menawarkan keindahan pemandangan savana, yang tak kalah indah dari Taman Nasional Baluran.

Di sini Anda akan dipandu para ranger untuk trekking menyusuri savana di beberapa lokasi yang disinggahi oleh komodo. Di sini Anda juga bisa melihat komodo dengan jarak dekat, antara 2 - 3 m. Perjalanan ini memang cukup melelahkan jadi Anda harus benar-benar menyiapkan stamina untuk berpetualang di Taman Nasional Loh Liang ini.

3. Menikmati indahnya sunset di Pulau Kalong
Sunset di Pulau Kalong
Sunset di Pulau Kalong
Berkunjung ke pulau Kalong ini, Anda akan bisa melihat populasi kelelawar yang super besar. Waktu terbaikketika akan mengunjungi pulau ini adalah pada saat matahari mulai terbenam. Ya, sambil merebahkan diri di atas kapal sembari memandangi pemandangan kelelawar bertebangan di langit jingga.

4. Mencoba Scuba Diving, Snorkeling, dan Berkeliling menggunakan kapal
Diving di Labuan Bajo
Diving di Labuan Bajo
Berkunjung ke Labuan Bajo sangat sayang jika melewatkan kesempatan untuk mencoba scuba diving dan snorkeling, karena di tempat ini Anda akan menemui keragaman biota laut yang masih terbilang alami.

Di sini Anda akan bisa menyelam bersama dua orang instruktur dalam 1 group untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Namun, sebelum menyelam Anda akan terlebih dahulu di-briefing mengenai lokasi-lokasi yang menarik untuk menyelam, rencana menyelam dan topografi.

Nantinya selama menyelam, Anda dapat menemukan banyak sekali hewan laut yang menarik. Mulai dari ikan tuna, ikan pari manta, ikan pari tutul biru, cumi-cumi, hiu, ikan kerapu, napoleon wrasse, belut, ular laut, gurita, nudibranch, kepiting orangutan, kepiting, dan masih ada banyak lagi.

Beberapa pilihan pelatihan diving terbaik dan telah tersertifikasi secara internasional diantaranya adalah Divine Diving, Komodo Dive Center, Flores Diving Centre dan Blue Marlin Komodo. Nah, Bagi Anda yang ingin diving di Labuan Bajo bisa menghubungi salah satu dari pelatihan diving tersebut.

Selain menyediakan fasilitas untuk diving di pelatihan diving tersebut juga menyediakan paket berkeliling menggunakan kapal. Tentunya kegiatan ini patut untuk Anda coba, Anda bisa melihat jernihnya air laut serta terumbu karang yang tumbuh di dalamnya dari atas kapal ini .

5. Bersantai di Pulau Kanawa
Pulau Kanawa
Pulau Kanawa
Pulau Kawana berada di Labuan Bajo. Pulau ini mempunyai pasir yang putih dengan perpaduan air laut jernih bergradasi biru hingga warna hijau toska. Nah, bagi Anda yang ingin bersantai, dapat menikmati keindahan pulau ini sembari memesan makanan yang ada di restoran.

Anda juga dapat mencoba hiking di bukit yang terdapat di pulau ini. Untuk Anda yang tak ingin hanya berdiam diri di pulau ini, Anda bisa mencoba melakukan snorkeling. Ya, Pulau Kanawa ini merupakan habitat dari terumbu karang jadi dsini Anda akan menjumpai beragam warna dan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya.

Posting Komentar untuk "5 Spot Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Anda Coba"