6 Tempat Wisata di Kuningan yang Paling Menarik

6 Tempat Wisata di Kuningan yang Paling Menarik - Jika sudah puas mengelilingi kota Cirebon, tidak ada salahnya menyambangi kabupaten yang terletak di sebelah selatannya yaitu Kuningan. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata, dari sejarah hingga rekreasi dan kuliner. Terletak di bagian selatan Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan mempunyai banyak destinasi seru untuk wisatawan.

Mulai dari Terminal Bus Harjamukti, Anda bisa naik elf dan langsung menuju ke Kuningan. Di Kuningan, Anda bisa mengunjungi Gedung Perundingan Linggarjati, melihat Ikan Dewa di Cibulan, sampai dengan menjelajah Taman Purbakala Cipari. Berikut adalah 6 tempat wisata populer di Kuningan.

1. Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati
Di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan Anda akan menjumpai sebuah gedung yang digunakan sebagai tempat perundingan antara RI dan pemerintah Belanda pada November 1946. Perundingan ini dinamakan Perundingan Linggarjati.

Bangunan serta perabotan yang ada di gedung ini masih sama persis seperti yang digunakan dalam Perundingan Linggarjati. Terdapat sejumlah foto dokumentasi yang terpajang di dinding, termasuk foto Ketua Delegasi Indonesia yaitu Sutan Sjahrir serta beberapa delegasi Belanda seperti Ivo Samkalden, Schermerhorn dan P Sanders.

Untuk menuju gedung museum ini, Anda bisa naik elf dari Cirebon ke Kuningan dan turun di Cilimus. Kemudian naik angkot jurusan Cilimus-Linggarjati. Museum ini buka mulai jam 07.00-15.00 WIB untuk hari Senin - Jumat dan jam 08.00-17.00 WIB untuk hari Sabtu - Minggu.

Baca juga: 11 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

2. Taman Purbakala Cipari
Taman Purbakala Cipari
Taman Purbakala Cipari
Anda bisa mengunjungi sebuah situs purbakala yang menjadi destinasi wisata sejarah tepatnya di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Konon, situs purbakala ini dijadikan pemukiman masyarakat pada akhir masa Neolitikum yakni antara tahun 1.000 - 500 sebelum Masehi.

Temuan pertama situs ini adalah berupa peti kubur batu. Kemudian para peneliti menemukan temuan-temuan lainnya berupa gerabah, perkakas dapur, perunggu dan bekas pondasi bangunan. Susunan batu purba ini dalam posisi tegak yang juga tersebar di lahan terbuka. Di kawasan Taman Purbakala Cipari juga terdapat Museum Taman Purbakala Cipari.

3. Cibulan
Cibulan
Cibulan
Cibulan adalah salah satu tempat wisata tertua di Kabupaten Kuningan. Di kawasan ini, Anda bisa menjumpai beberapa tempat rekreasi seperti Kolam Linggarjati, Kolam Darma Loka dan Kolam Cigugur. Nah, di kolam-kolam ini konon katanya terdapat satu spesies ikan yang merupakan reinkarnasi prajurit Prabu Siliwangi.

Jenis ikan tersebut dinamakan Ikan Dewa dan konon jumlahnya tidak berkurang ataupun bertambah sejak dahulu. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang. Namun ketika kolam kembali diisi, Ikan Dewa tersebut akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Penasaran? Datang saja sendiri untuk melihat langsung.

4. Waduk Darma
Waduk Darma
Waduk Darma
Sebelum kembali pulang ke rumah, ada baiknya mampir dulu sejenak di Waduk Darma. Lokasi Waduk ini berada di sebelah barat Kuningan yakni tepatnya berada di Desa Jegara, Kecamatan Darma. Persis di lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis.

Area waduk ini seluas 425 hektar. Anda akan melihat pemandangan indah waduk dengan dikelilingi bukit dan lembah serta udaranya sejuk. Selain bisa bersantai di pinggir waduk, Anda juga bisa camping dan berkeliling waduk dengan naik perahu motor.

5. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai
Destinasi wisata terkenal di kuningan selanjutnya yaitu Gunung Ciremai. Gunung Ciremai ini adalah gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 3.080 Mdpl. Gunung ini juga menjadi favorit para pecinta petualang dari seluruh Tanah Air. Adapun jalur pendakian favorit yaitu dari Linggarjati.

Gunung Ciremai ini menawarkan pemandangan yang menarik, seperti matahari terbit, bunga edelweiss, kawah dan lautan alam. Apabila langit sedang bersih, Anda juga akan bisa melihat Gunung Slamet di puncak Gunung Ciremai.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Menarik di Jawa Barat dan Sekitarnya

6. Air Terjun Putri
Air Terjun Putri
Air Terjun Putri
Bagi Anda ingin berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai tapi bukan untuk melakukan pendakian gunung, Anda bisa menikmati wisata alam di Palutungan. Di tempat ini, Anda bisa menikmati segarnya air terjun Putri yang merupakan hal menarik untuk dicoba. Anda bisa mengajak keluarga, teman ataupun kerabat dekat untuk berenang, bermain sejuknya air yang jernih alami.

Dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pintu masuk Palutungan, kemudian melewati beberapa anak tangga menurun Anda pun tidak lama akan tiba di lokasi Air Terjun Putri ini. Jika Anda ingin berenang disekitar air terjun besarnya, Anda dapat menyeberangi sungai kecil dan menanjak sedikit untuk menikmati air segar yang turun langsung dari ketinggian hampir 12 meter.

Posting Komentar untuk "6 Tempat Wisata di Kuningan yang Paling Menarik"