11 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
11 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi - Bangka Belitung adalah sebuah kawasan kepulauan yang memiliki sekitar 470 pulau, namun hanya 50 pulau yang berpenghuni. Inilah sebab potensi wisata bahari di sini mampu memberikan Anda pengalaman wisata bahari yang sangat berkesan, seperti memancing, snorkeling, dan berlayar. Provinsi ini merupakan gabungan dari 2 buah pulau, yakni Bangka dan Belitung. Pesona wisata dari Bangka Belitung adalah wisata baharinya yang begitu memikat. Provinsi ini mempuyai banyak pantai yang begtiu mengagumkan. Selain memiliki pesona pantai yang indah, di sini juga terdapat beberapa pulau menarik yang ada di kawasan pulau ini. Misalnya Pulau Memperak dan Pulau Lengkuas di Belitung.

Daerah ini juga terkenal dengan hasil timahnya yang cukup besar di Indonesia. Apabila Anda berkunjung ke sini dan menjumpai banyak klenteng yang digunakan sebagai tempat ibadah, itu adalah hal yang biasa karena sebagian peghuni Bangka Belitung ini adalah dari etnis China. Ingin tahu daftar wisata lebih lanjut? simak info tempat wisata berikut.

1. Gunung Menumbing
Gunung Menumbing
Gunung Menumbing
Gunung Menumbing adalah tempat pengasingan Bung Karno dan juga Bung Hatta pada tahun 1948-1949 oleh Belanda di Pulau Bangka. Gunung Menumbing berada di daerah Mentok arah Barat Laut Bangka, dengan ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Terdapat wisma yang  menjadi tempat diasingkannya Proklamator RI, dan hingga kini kondisinya masih tetap terawat. Wisma ini dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta hingga generasi ke generasi yang dari awal mempunyai tanggung jawab menjaga Bug Karno dan Bung Hatta selama berada di pengasingan Bangka.

2. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Jarak Pantai Parai Tenggiri jika dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang sekitar 40 km. Pantai ini merupaka pantai yang paling indah di Bangka Belitung dan memiliki karakter ombak yang lembut serta permukaan yang landai. Panorama Pantai Bangka yang satu ini sangat eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti yang ada pada pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri ini juga mempunyai bebatuan granit dengan ukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan jumlah yang banyak.

Panorama pantai yang indah bisa Anda saksikan ketika menaiki bebatuan granit tersebut, disini Anda akan disuguhkan keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Banyak sekali kegiatan wisata menarik yang bisa Anda lakukan, di antaranya seperti parasailing, banana boat hingga bermain snorkel di Parai Tenggiri.

Tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini juga memiliki fasilitas akomodasi yang lengkap, adanya hotel hingga ressort yang bisa Anda tempati serta berbagai fasilitas permainan air. Untuk bisa masuk, Anda diharuskan membayar tiket masuk ke Pantai Parai Tenggiri yaitu Rp 25.000 per orang dan tiket ini nantinya bisa Anda tukarkan dengan makanan atau minuman di restoran pinggir pantai.

3. Pulau Memperak
Pulau Memperak
Pulau Memperak
Pulau Memperak merupakan salah satu tempat wisata di Belitung yang Indah dan belum begitu banyak diketahui wisatawan, tapi terkenal dengan pesona pulaunya yang memikat. Pulau Memperak berlokasi di Kabupaten Belitung Timur yang menawarkan keindahan air laut yang biru kehijauan dan bersih. Indahnya alam bawah laut di Pulau Memperak ini adalah suatu hal yang tak boleh dilewatkan. Inilah salah satu sebab mengapa Pulau Memperak dijadikan tempat snorkel di Bangka Belitung yang mempesona.

Tempat snorkeling terbaik di pulau ini ada di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak.Tempat itulah spot snorkel yang paling menarik untuk menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai aneka makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Dan tidak lupa, sebaiknya gunakan alas kaki ketika snorkel karena ada bulu babi yang tajam. Pulau Memperak adalah pulau yang sepi, yang tinggal disini hanyalah penjaga pulau saja. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa perbekalan sendiri agar bisa menikmati pesona wisata di Bangka Belitung ini.

4. Pantai Tikus
Pantai Tikus
Pantai Tikus
Pantai Tikus merupakan pantai di Pulau Bangka yang tergolong masih alami. Indahnya panorama pantai ini bisa dilihat melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan warna air laut yang kebiruan. Di puncak bukit, Anda juga akan bisa menyaksikan sebuah kuil peribadatan dengan bangunan cukup megah d pemandangan yang indah. Bentuk kuil atau kelenteng yang bulat, menjadi sebuah ciri khas di Pantai Tikus ini.

5. Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk berlokasi di Bangka bagian utara. Pantai ini memiliki panorama yang indah. Disini Anda akan menjumpai tumpukan batu granit yang seolah-olah membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Apalagi adanya pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai dankeberadaan 4 buah pulau yang berjajar indah.

Salah satu destinasi tempat wisata di Bangka Belitung yang cukup populer di kalangan masyarakat Bangka ini mempunyai ombak laut yang tenang. Oleh karena itu, berenang dan bermain air laut di pantai ini adalah kegiatan yang paling favorit. Bila Anda ingin mengunjungi pulau-pulau yang ada di sana, Anda bisa menyewa perahu nelayan yang menampung hingga 10 orang, untuk kisaran harga Rp 150 ribu sampai dengan 250 ribu.

Pulau yang paling favorit untuk dikunjungi adalah Pulau Lampu. Pulau ini memegang fungsi sebagai mercusuar. Di tempat inilah banyak para wisatawan menghabiskan waktunya dengan berenang dan bermain air laut.

6. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi
Jika dari kota Pangkalpinang Pantai Pasir Padi ini berjarak sekitar 7 km. Pantai yang satu ini memmpunyai pasir yang menyerupai bulir-bulir padi sehingga dinamakan sebagai pasir padi. Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi adalah Rp 10 ribu per orang. Di kawasan sekitar pantai juga tersedia fasilitas publik yang lengkap. Seperti hotel berbintang, restoran, hingga warung makan yang jumlahnya cukup banyak.

7. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas
Salah satu yang khas dari Pulau Lengkuas ini adalah adanya keberadaan mercusuar yang usianya sangat tua dan hingga kini masih akitf, yaitu mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Pesona yang memikat ada pada hamparan laut biru dan jernih dengan bebatuan granit yang sangat mempesona. Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektar, Pulau Lengkuas mampu menyuguhkan panorama laut yang memikat. Anda hanya cukup menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, untuk bisa menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas.

8. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang terletak sekitar 27 km jika dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung. Di kalangan wisatawan domestik dan internasional, pantai ini adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer. Bebatuan granit yang menawan yang salah satu membentuk formasi kepala burung, dan hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona dari keindahan panorama pantai Tanjung Kelayang ini. Di kawasan pantai ini seringkali ada berbagai penyelenggaraan event akbar maritim internasional salah satunya yang belum lama berlangsung adalah Sail Wakatobi – Belitong.

9. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat di Pulau Bangka. Jika dari kota Sungailiat, maka untuk mencapai Pantai Tanjung Pesona, Anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit tapi jika dari Pangkalpinang butuh waktu sekitar 45 menit . Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini mempunyai banyak wahana permainan yang seru. Tentu hal ini akan sangat menyenangkan khususnya anak-anak, oleh karena itu tujuan wisata ini adalah salah satu wisata keluarga yang favorit di Bangka.

Selain itu, ada berbagai permainan dan olahraga air yang juga ikut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka ini seperti berenang, banana boat, bermain kano, jetski, bermain pasir, hingga memancing.

10. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan pantai di Belitung yang paling menawan dan terpopuler, apalagi setelah dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi terletak sekitar 30 km jika dari pusat kota Tanjungpandan. Di Pantai Tanjung Tinggi ini juga memiliki panorama pantai yang memikat dengan pasirnya yang putih dan bebatuan granit seperti pada pantai-pantai lainnya yang ada di Bangka Belitung.

Berbagai olahraga air tersedia di pantai ini. Beberapa kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan di antaranya adalah berenang, memancing, berjemur, snorkel, bermain jetski, hingga berjelajah dengan menggunakan kano. Tentunya fasilitas publik dan akomodasi juga akan mudah Anda temukan di kawasan pantai indah ini yakni dari rumah makan hingga hotel dan resort.

11. Pantai Penyak
Pantai Penyak
Pantai Penyak
Pantai Penyak adalah pantai di Bangka Belitung yang memiliki garis pantai terpanjang, panjangnya mencapai hingga 3 km. Pesona Pantai Penyak ini ada pada permukaan pantainya yang landai dan keberadaannya yang tepat di pinggir jalan raya penghubung Pangkalpinang dengan Koba. Pada hari libur dan waktu akhir pekan, kawasan pantai ini akan ramai dikunjungi masyarakat Bangka Belitung. Menikmati air kelapa muda adalah cara yang seringkali dilakukan wisatawan di Pantai Penyak.
Advertisement.
11 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5