11 Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Dikunjungi

11 Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Dikunjungi - Lembang merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling populer di Bandung. Daerah wisata dengan udara dinginnya ini selalu menjadi pilihan utama warga kota Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur saat akhir pekan, sehingga bukan sesuatu yang aneh jika saat akhir pekan jalanan menuju Lembang dipadati kendaraan bernomor polisi B (kendaraan kota Jakarta). Ragam tempat wisata di Lembang yang menarik dan cocok untuk keluarga adalah alasan mengapa Lembang sangat populer. Apa saja tempat wisata menarik di Lembang? Berikut ulasannya.

1. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata terpopuler di Lembang. Hampir setiap orang yang datang ke Lembang ingin mengunjungi gunung yang bentuknya seperti perahu terbalik ini. Lokasi tempat wisata ini berada sekitar 20 Km di utara kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu memiliki tinggi 2,000 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya

2. De Ranch
De Ranch
De Ranch
De Ranch merupakan tempat wisata keluarga yang bernuansa ala koboi. Tempat wisata ini terletak di Lembang. Di sini, Anda dapat memainkan berbagai jenis permainan yang menyenangkan bersama anak, selain itu Anda juga bisa mencoba menunggang kuda, baik di dalam lahan De Ranch ataupun i luar. De Ranch juga sering dijadikan tempat untuk acara perusahaan yang memiliki kegiatan, karena lahannya yang luas.

3. Maribaya
Maribaya
Maribaya
Maribaya merupakan tempat wisata di Lembang yang mempunyai air terjun,  sumber mata air panas, dan taman. Tempat ini dikenal dengan wisata alam dan juga wisata air panas belerangnya, jadi jangan heran bila tempat ini sering dipadati pengunjung pada akhir pekan. Maribaya berlokasi lebih kurang sekitar 22 Km dari kota Bandung. Di sini anda dapat berendam air panas, dan trekking, yang merupakan kegiatan favorit dari Maribaya ini.

4. Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha adalah tempat yang sangat menarik karena jarang ditemui di Indonesia. Observatorium Bosscha merupakan satu-satunya tempat pengamatan bintang yang ada di Lembang. Observatorium Bosscha sering mendapat kunjungan dari sekolah dan universitas karena memiliki unsur pendidikan yang berguna. Jika anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Anda tak bisa langsung datang begitu saja, melainkan Anda harus konfirmasi terlebih dahulu.

5. Sapu Lidi
Sapu Lidi
Sapu Lidi
Sapu Lidi adalah sebuah tempat unik dengan suasana pedesaan yang asri. Banyak pengunjung yang tertarik ingin datang ke tempat ini, menikmati suasana yang tenang ala pedesaan dengan sawah yang mengelilingi pedesaan ini. Di sini Anda dapat menaiki perahu tradisional di danau. Di tempat ini juga terdapat wisata kuliner restoran yang tak kalah menarik dari wisata kuliner di kota, karena di sini memberikan suasana yang berbeda. Jika Anda ingin menginap, Sapu Lidi juga menyediakan fasilitas penginapan, namun harganya lumayan mahal.

6. Air Panas Ciater
Air Panas Ciater
Air Panas Ciater
Air Panas Ciater merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Tempat wisata ini menawarkan wisata air panasnya, yakni air panas yang alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata ini banyak diminati untuk kegiatan berendam karena banyak kandungan mineral alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, juga banyak orang yang mengatakan bahwa Air Panas Ciater bisa membuat lebih cantik dan tampan.

7. Kampung Daun
Kampung Daun
Kampung Daun
Gemar berwisata kuliner? Kampung Daun adalah tempat yang cocok karena aneka menu makanan di sini mencangkup makanan Indonesia sampai dengan makanan khas dari barat. Tempat dengan suasana pedesaan khas sunda ini juga dilengkapi dengan air terjun. Suasana Kampung Daun menjadi romantis pada saat malam hari. Sangat cocok untuk pasangan muda.

8. Floating Market
Floating Market
Floating Market
Floating Market merupakan tempat wisata unik yang lainnya yang ada di Lembang. Di sini, Anda akan menjumpai sebuah pasar, dimana penjualnya berada di atas perahu yang terapung. Di tempat ini yang dijual bukanlah barang pasar pada umumnya. melainkan berbagai makanan lezat khas kota Bandung, tempat ini sangat cocok bagi para pecinta kuliner.

9. Kampung Gajah
Kampung Gajah
Kampung Gajah
Kampung Gajah adalah sebuah tempat wisata yang unik. Walaupun namanya "Kampung Gajah", di sini Anda tidak akan menemukan hewan gajah. Tempat ini memiliki luas lebih dari 60 hektar, dan mempunyai lahan luas yang sanggup menampung lebih dari 30 wahana permainan. Wahana ini cocok untuk dewasa maupun anak-anak. Selain itu, Kampung Gajah juga memiliki fasilitas water boom dan juga restoran.

10. Jendela Alam
Jendela Alam
Jendela Alam
Jendela Alam merupakan tempat wisata dengan udaranya sejuk, sangat cocok untuk mengenalkan kepada anak Anda dengan tumbuh-tumbuhan dan binatang. Jendela Alam menjadi alternatif wisata keluarga di Lembang yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri. Di sini Anak-anak bisa belajar bagaimana cara merawat hewan dengan baik, cara berinteraksi dengan hewan, cara beternak, cara berkebun, mempelajari cara memetik buah dan sayur, berpetualang,hingga bermain air.

11. Situ Lembang
Situ Lembang
Situ Lembang
Situ Lembang adalah sebuah tempat wisata di Lembang yang menawarkan kegiatan memancing, untuk anda yang hobi memancing. Jumlah ikan di sini cukup banyak. Selain itu, Anda juga dapat berkemah ataupun camping di area Situ Lembang. Medan menuju Situ Lembang sangat sulit, sehingga mengharuskan Anda menggunakan mobil atau motor yang tangguh. Di tempat wisata ini Anda akan menjumpai panorama indah dari Lembang Bandung.