10 Tempat Wisata di Padang yang Terkenal

10 Tempat Wisata di Padang yang Terkenal - Kota Padang adalah ibukota provinsi Sumatera Barat. Kota ini dikenal dengan legendanya, yaitu Malin Kundang dan Siti Nurbaya. Kota Padang berbatasan langsung dengan laut dan perbukitan, sehingga secara otomatis kota ini mempunyai beragam tempat wisata yang sangat menarik. Apa saja tempat wisata di Padang yang harus anda kunjungi, berikut info tempat wisatanya.

1. Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana merupakan salah satu tempat wisata yang paling disukai karena akses yang mudah dan jarak yang tidak jauh, ditambah suasana fresh yang ditawarkan. Lokasi Pantai Nirwana lebih kurang sekitar 14 km sebelah selatan kota Padang, dan tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini, karena anda akan dapat menikmati indahnya sunset dan pemandangan lampu sorot dari Pelabuhan Teluk Bayur.

2. Museum Adityawarman
Museum Adityawarman
Museum Adityawarman
Museum Adityawarman adalah salah satu tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi dan sudah menjadi ikon dari kota Padang. Museum ini dibangun pada tahun 1974 dan merupakan museum paling terkenal di kota Padang. Museum Adityawarman berada di atas tanah dengan luas 2,6 hektar, secara singkat museum ini adalah Taman Mini-nya kota Padang. Di dalam museum ini banyak menyimpan benda bersejarah kota Padang, sehingga dapat dijadikan museum untuk melestarikan kebudayaan khas kota Padang.

3. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Pantai Aie Manih atau yang sering disebut Pantai Air Manis adalah salah satu tempat wisata kota Padang yang terkenal. Pantai Air Manis terkenal dengan legendanya, yaitu Malin Kundang, dan dipercaya bahwa legenda tersebut benah adanya. Kisah Malin Kundang sendiri bercerita tentang seorang anak yang durhaka karena tidak mengakui ibu kandungnya sendiri setelah Ia menjadi seseorang yang kaya. Kemudian Ia dikutuk menjadi batu, dan batu tersebut ada di Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis). Selain dikenal akan legendanya, pantai ini juga menawarkan panorama pantai yang sangat indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya.

4. Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat
Disebut Air Terjun Tiga Tingkat karena air terjun ini memang bertingkat tiga, cocok bagi penggemar wisata alam dan juga petualangan, yang berlokasi di Ds. Cendikar. Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata di kota Padang yang misterius karena tak banyak orang mengetahui tempat wisata alam ini, tak banyak juga informasi yang beredar mengenai Air Terjun Tiga Tingkat. Tidak semua orang dapat menikmati ketiga tingkat tersebut, sebab perjalanan menuju tingkat ketiga cukup berat.

5. Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu tempat wisata kota Padang yang paling disukai para muda-mudi karena panorama yang ditawarkan begitu indah dan romantis, terutama pemandangan matahari terbenamnya. Pantai Pasir Jambak berlokasi lebih kurang sekitar 17 km dari kota Padang. Lama waktu menuju Pantai Pasir Jambak hanya dibutuhkan lebih kurang 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

6. Miniatur Makkah
Miniatur Makkah
Miniatur Makkah
Miniatur Makkah merupakan obyek wisata religi yang berada di Lubuk Minturun. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 2010 dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di kota Padang yang paling unik karena benar-benar mirip dengan aslinya. Miniatur Makkah ini sering digunakan untuk berlatih untuk mereka yang akan pergi ke tanah suci. Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa jenis satwa seperti ular, ikan, dan unta.

7. Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya merupakan jembatan ikonik dan nama dari jembatan tersebut diambil dari sebuah cerita karya sastrawan Sumatera Barat, yaitu Marah Rusli. Jembatan Siti Nurbaya ini menawarkan pemandangan yang menyejukan mata, pada siang hari banyak kapal kayu berlalu lalang, menikmati panorama sunet pada sore hari, dan wisata kuliner yang lengkap saat malam hari, menyebabkan para pengunjung seakan tiada habisnya setiap hari.

8. Lembah Anai
Lembah Anai
Lembah Anai
Lembah Anai merupakan maskot dari kota Padang dan Sumatra Barat. Lokasi Lembah Anai berada di pinggir jalan trans Sumatera. Di lembah ini memiliki 3 buah air terjun, salah satunya yang terkenal adalah air terjun dengan ketinggian 35 meter dan berada di pinggir jalan. Air terjun ini sering disebut Air Terjun Lembah Anai. Jarak lokasi wisata ini lebih kurang sekitar 60 km dari kota Padang, atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

9. Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik atau yang sering disebut Padang Scenic Point, adalah sebuah tempat yang berketinggian lebih kurang 1.000 meter di atas permukaan laut. Kegiatan wisata yang paling disukai di sini adalah  menikmati pemandangan yang luas dan juga hijau, ditambah dengan pemandangan Samudera Hindia dari kejauhan. Terdapat juga tempat permandian umum bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Apabila anda datang pada saat malam hari, maka anda akan dapat menikmati pemandangan kota Padang yang berkelap-kelip.

10. Pantai Padang
Pantai Padang
Pantai Padang
Pantai Padang sangat cocok bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Pantai ini tidak memiliki pasir, namun di sini tersedia area bermain anak sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga. Pantai ini berlokasi di pusat kota Padang. Untuk mencapai Pantai Padang sangatlah mudah, sehingga Pantai Padang selalu dipadati warga kota Padang.