10 Tempat Wisata di Kota Balikpapan yang Paling Favorit

Advertisement
10 Tempat Wisata di Kota Balikpapan yang Paling Favorit - Balikpapan adalah kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur, merupakan sebuah kota dengan sumber daya minyak bumi yang tinggi. Kota Balikpapan disebut sebagai kota yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbaik di negara Indonesia. Balikpapan juga memiliki udara yang kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan beberapa kota besar lainnya.

Banyak yang menarik dari Kota Balikpapan, salah satunya adalah beberapa tempat wisatanya. Seperti wisata alam mulai dari hutan hingga pantainya, ada juga landmark yang merupakan kebanggaan kota Balikpapan. Ingin tahu info tempat wisata Balikpapan lebih lanjut ? Berikut ulasannya.

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Pantai Melawai
Lokasi Pantai Melawai tak jauh dari Pantai Kemala. Pantai Melawai menawarkan suasana yang cukup jauh berbeda dengan Pantai Kemala. Pantai Kemala cenderung memberi kesan mewah dengan hidangan ala Eropa, namun di Pantai Melawai memberikan kuliner dengan harga yang terjangkau. Banyak para penjual makanan disekitar pantai, berbagai menu mereka tawarkan. Sore hari menjelang malan adalah waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini, karena saat itu penjual makanan ramai menggelar dagangannya. Bersantai di atas tikar yang sudah disediakan sambil menikmati makanan, Anda juga bisa melihat sunset.

2. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala
Pantai Kemala merupakan tempat wisata di Balikpapan yang menjadi tempat wisata favorit warga setempat maupun luar kota. Pantai Kemala berada di pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jln Jend. Sudirman, sangat mudah diakses dari mana saja. Pantai ini terkesan mirip dengan Pantai Jimbaran Bali, dari pasir putih, ombaknya yang kecil, hingga deretan pohon kelapa yang ada di sekitar pantai. Di sini, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan, antara lain jetski, banana boat, dan juga flying fox.

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Pantai Lamaru
Pantai Lamaru juga merupakan tempat wisata favorit warga sekitar maupun pengunjung dari luar kota. Berada di Ds. Teritip, lebih kurang 14 km dari kota Balikpapan, Pantai Lamaru memiliki pasir
pantai yang halus cocok untuk bersantai atau berjemur, airnya pun jernih, Anda bisa berenang dan bermain air disini. Selain itu, Anda juga bisa bermain flying fox atau banana boat. Jika kurang puas Anda bisa berkeliling pantai menggunakan andong dan menunggang kuda. Fasilitas yang disediakan, antara lain parkir yang luas, toilet, mushola, kamar ganti, sampai tempat makan. Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp. 10.000 / orang.

4. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang ramai dikunjungi. Memiliki luas lebih kurang 5 hektar, mampu menampung buaya lebih dari 1.500 ekor, terdapat juga kandang ular dan monyet, dan gajah Lampung yang bisa Anda naiki sambil berkeliling kawasan penangkaran buaya ini. Pada saat akhir pekan, Anda bisa mencoba kuliner ekstrim di sini, yakni sate buaya. Selain itu juga ada souvenir dari kulit buaya, seperti kat pinggang dan dompet. Penangkaran Buaya Teritip dibuka setiap hari, pukul 08:00 - 17:00 dengan biaya masuk Rp.10.000 / orang.

5. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai merupakan tempat wisata hutan hujan tropis yang sampai saat ini masih alami. Disebut Bukit Bangkirai karena terdapat banyak pohon bangkirai di sini. bahkan ada juga pohon bangkirai yang usianya mencapai 150 tahun, dengan tinggi 50 meter, diameter batangnya 2.3 meter. Tempat wisata ini berada di Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara. Fasilitas di sini cukup lengkap, seperti restoran, kolam renang, sampai dengan cottage dengan gaya rumah panggung. Yang paling menarik dari tempat wisata di Balikpapan ini yaitu, adanya canopy bridge yang menghubungkan 5 pohon bangkirai.

6. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata
Hutan Wanawisata
 Hutan Wanawisata merupakam salah satu kawasan hutan lindung yang banyak pepohonan khas daerah Kalimantan. Tempat wisata ini cocok sebagai lokasi piknik, menikmati udara yang sejuk. Jangan lupa membawa bekal dari rumah karena di kawasan ini tidak ada penjual makanan. Selain piknik, di kawasan Wanawisata ini Anda juga bisa jogging ataupun trekking menjelajah hutan. Ada juga permainan anak, seperti ayunan dan perosotan. Waktu tempuh menuju Hutan Wanawisata sekitar 15 menit dari kota Balikpapan. Hutan Wanawisata buka pukul 08.00 – 17.00, biaya masuk Rp. 1.000 per orang.

7. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari
Di sini, Anda dapat merasakan Venice ala kota Balikpapan yang dibangun pada tahun 2.000. Seluruh rumah dibuat dari bahan kayu dan berada di atas air. Di sini menggunakan perahu motor sebagai alat transportasi. Perkampungan ini menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan pemerintah kota Balikpapan, karena telah dianggap sukses membangun sebuah perkampungan wisata. Tersedia gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai di sini sambil berinteraksi dengan warga setempat.

8. Taman Bekapai

Taman Bekapai
Taman Bekapai
Taman Bekapai adalah landmark kebanggaan warga Balikpapan. Untuk menunjukkan rasa bangganya pada kota Balikpapan, dibangunlah Taman Bekapai yang berlokasi di pusat kota. Taman ini mempunyai sebuah monumen perunggu berbentuk abstrak yang dapat mengeluarkan air mancur dari dalamnya. Air mancur ditambah dengan bantuan pencahayaan terlihat seperti semburan minyak bumi. Di taman ini terdapat beberapa bangku untuk beristirahat, dan berteduh dibawah pepohonan rindang.

9. Pasar Klandasan

Pasar Klandasan
Pasar Klandasan
Pasar Klandasan adalah pasar tradisional dengan pemandangan indah yang ada di Balikpapan. Pasar ini berada dekat dengan pantai. Selain menjadi pusat jual beli, Pasar Klandasan juga bisa disebut sebagai tempat wisata, karena bagian belakang pasar terdapat suatu pemandangan laut yang sangat menakjubkan. Berbagai kebutuhan rumah tangga tersedia di pasar ini, mulai dari makanan, sayur, buah, ikan segar, pakaian sampai sandal. Harga barang yang dijual di sini lebih terjangkau dan masih bisa ditawar.

10. Pasar Inpres Kebun Sayur

Pasar Inpres Kebun Sayur
Pasar Inpres Kebun Sayur
Ada yang kurang rasanya jika bersiap pulang dari Balikpapan tak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Datang saja langsung ke Pasar Inpres Kebun Sayur, hanya 1 jam perjalanan dari bandara. Pasar Inpres Kebun Sayur menjual berbagai souvenir khas daerah Kalimantan, mulai dari gantungan kunci, gelang, kalung, miniatur rumah adat Dayak, sampai mandau. Pasar Inpres Kebun Sayur juga cocok bagi Anda yang gemar mengoleksi batuan permata. Aneka macam batuan dijual di sini, seperti batu akik, safir, delima, berlian dan banyak lagi.
10 Tempat Wisata di Kota Balikpapan yang Paling Favorit | Doni rochmat | 5