15 Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatra Barat

Advertisement
15 Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatra Barat - Sumatera Barat mempunyai berbagai jenis daearah dan juga tempat wisata, yaitu wisata alam dan wisata sejarah, Diantara ragam wisata Sumatra Barat yang sering dikunjungi wisatawan adalah sebagai berikut :

1. Danau Singkarak
Danau Singkarak
Danau Singkarak
Danau Singkarak adalah danau yang terbesar yang ada di Sumatera Barat dengan panjang sekitar 21 KM berlokasi di pinggir jalan raya Padang Panjang. Di sekitar area danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat ataupun bersantai dan tersedia juga berbagai fasilitas hotel, boat, dan sampan. Juga tersedia fasilitas yang dapat anda nikmati yaitu mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.

2. Danau Maninjau
Danau Maninjau
Danau Maninjau
Danau Maninjau adalah danau yang indah juga menarik terletak lebih kurang 36 KM dari Kota Bukittinggi, Untuk menuju Danau Maninjau anda harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan yang berkelok-kelok  dan jalan ini dikenal dengan sebutan kelok 44 (kelok ampek-ampek). Di danau Maninjau menyediakan fasilitas untuk memancing, berenang, juga sepeda air yang menyenangkan. Tersedia hotel dan homestay jika anda ingin bermalam di Danau Maninjau.

3. Benteng De Kock
Benteng De Kock
Benteng De Kock
Benteng De Kock berlokasi di puncak di kota Bukittinggi tahun 1825 sa'at terjadi perlawanan rakyat dan dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol terhadap Belanda. Anda dapat melihat - lihat meriam kuno pada abad XIX di sekitar Benteng ini. Tempat ini cukup luas sehingga telah di hiasi dengan taman untuk tempat ketinggian menyaksikan Ngarai Sianok dan juga bukit sekitar yang terdapat meriam kuno dan juga benteng.

4. Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta
Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta
Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta
Gedung Tri Arga atau yang di sebut Istana Bung Hatta ini terletak di kota Bukittinggi , semasa dahulu Gedung Tri Arga merupakan pusat pemerintahan darurat Republik Indonesia pada tahun 1947. Karena semasa dahulu agresi Belanda ingin memecah belah bangsa kita. Nama Gedung Tri Arga diganti dengan Istana Bung Hatta untuk mengenang jasa proklamator.

5. Terowongan (Gua) Jepang
Terowongan (Gua) Jepang
Terowongan (Gua) Jepang
Terowongan ini memiliki panjang lebih dari 1.400 meter. Pada periode 1942 tentara jepang mendirikan terowongan ini dengan bentuk berkelok - kelok, terletak di tengah - tengah taman panorama Ngarai Sianok di kota Bukittinggi, memiliki lebar lebih dari 2 meter. Terdapat berbagai keperluan untuk kantor, makanan, rumah sakit, dan juga persenjataan. Pintu masuk gua ada pada beberapa tempat, seperti di Panorama, di Ngarai Sianok, di kebun Binatang Bukittinggi, dan di samping Istana Bung Hatta, sehingga rakyat setempat menamakan ini adalah Lobang Jepang.

6. Lembah Anai
Lembah Anai
Lembah Anai
Lingkungan Lembah Anai amat sangat mengagumkan. Kawasan hutan tropis yang lebat begitu mengesankan dan merupakan hutan di lindungi. Di dasar hutan mengalir Sungai Batang Anai dengan air yang bening dan terlihat sebuah air terjun dengan tinggi 40 meter dan dekat sekali dengan jalan raya.

7. Ngalau Indah
Ngalau Indah
Ngalau Indah
Sekitar 2 KM sebelum memasuki kota Payakumbuh arah dari Bukitinggi, kita akan sampai pada sebuah gua alam yang memiliki stalagtit dan stalagmit yang terdapat pada langit-langit gua yang sangat menarik. Kita bisa mendengar suara kelelawar di dalam gua ini, yang sedang berterbangan di sekitar kita. Kita dapat merasakan adanya kelelawar tanpa bisa melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan dan keindahan alam.

8. Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung Batusangkar dengan ciri khas Minangkabau. Tersimpan benda - benda peninggalan kerajaan di dalam istana yang masih terpelihara dengan baik. Dapat anda nikmati indahnya alam dengan udaranya yang sangat sejuk yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar.

9.  Lembah Harau
Lembah Harau
Lembah Harau
Lembah Harau merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam, memiliki ketinggian 100 hingga 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Disini ditemui 5 air terjun yang selalu mencurahkan air jernihnya. Tersedia juga fasilitas berkemah bagi wisata remaja dan juga kegiatan berkeliling cagar alam melewati jalan setapak.

10. Pulau Sikuai
Pulau Sikuai
Pulau Sikuai
Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera, berlokasi kira - kira setengah mil laut dari kota Padang. Untuk mencapai pulau ini dapat menggunakan kapal angkutan khusus, dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dari dermaga airud Bungus. Tersedia penginapan dengan fasilitas hotel berbintang 2, dan menyediakan 21 buah cottage berkapasitas 45 kamar. Selain menyajikan panorama pantai dan wisata bahari, kegiatan lain yang juga tak kalah menyenangkan bisa anda nikmati, Seperti, trekking menjelajahi hutan atau pulau, sampai panjat tebing.

11. Kawasan Bukit Langkisau
Kawasan Bukit Langkisau
Kawasan Bukit Langkisau
Bukit Langkisau terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan, dengan ketinggian yaitu 1000 kaki. Di sini anda bisa menikmati pemandangan indah laut lepas, kawasan di bukit langkisau dimanfaatkan untuk sarana olahraga, yaitu terbang layang dengan lokasi pendaratan berada di pantai Carocok atau pantai Salido.

12. Pulau Cubadak
Pulau Cubadak
Pulau Cubadak
Pulau Cubadak merupakan salah satu pulau di kawasan Mandeh – Pesisir Selatan yang sudah dikelola menjadi sebuah objek wisata yang berskala internasional oleh investor asal Italia. Resor ini mempunyai 13 bungalows dan 1 suite dengan arsitektur alam yang didukung oleh sarana penunjang untuk kegiatan fishing, snorkeling, dan diving. Resor ini juga dilengkapi dengan motor boat, dermaga juga beberapa fasilitas bahari lainnya.

13. Wisata Pantai di Mentawai
Wisata Pantai di Mentawai
Wisata Pantai di Mentawai
Kabupaten Kepulauan Mentawai berada lebih kurang 135 km dari  pusat Kota Padang, perjalanan dapat dicapai melalui jalur laut kira - kira memakan waktu antara 6 hingga10 jam. Selain pantai yang indah dan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata bahari yang pealing terkenal adalah selancar (surfing) yang bisa dilakukan di wilayah pulau Siberut dan Sipora.

14. Bunga Rafflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia Arnoldi
Untuk dapat menemukan dimana lokasi bunga Rafflesia Arnoldi, anda harus menempuh perjalanan kira - kira 20 menit dari kota bukittinggi dengan menggunakan mobil.
Berlokasi di sebuah kecamatan batang palupuh, disini anda akan dijumpai beberapa bunga bangkai yang disebut bunga Rafflesia dan disekitar itu banyak ditemui Binatang musang yg disebut Luwak yang sering memetik kebun kopi milik warga di daerah setempat.

15. Embun Pagi
Embun Pagi
Embun Pagi
Embun Pagi terletak di desa Padang Gelanggang, yaitu sekitar 24 KM dari Bukittinggi. Sebelum mencapai danau maninjau, anda akan berhenti sejenak di Embun Pagi. Di sini anda bisa menikmati udara yang sangat sejuk sambil melihat - lihat pemandangan Danau Maninjau yang indah,dengan warana air yang membiru dan bukit hijuau yang mengelilingi.
15 Tempat Wisata Paling Menarik di Sumatra Barat | Doni rochmat | 5