15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Terkenal

Advertisement
15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Terkenal - Sulawesi selatan adalah provinsi yang kaya akan suku dan budaya, yakni terdiri tediri dari beberapa suku besar : bugis, toraja , mandar, dan juga makassar. Selain kaya akan suku dan budayanya, sulawesi selatan juga mempunyai banyak situs wisata yang dapat di kunjungi para pembaca di seluruh Indonesia. Berikut daftar tempat wisata yang paling menarik yang harus anda kunjungi.

1. Pantai Losari
Pantai Losari
Pantai Losari
Pantai Losari adalah tempat wisata di sulawesi selatan tepatnya di Kota Makassar. Di tempat ini anda dapat menikmati kuliner khas kota Makassar, seperti pisang epe serta menikmati keindahan pantai Losari. Pantai Losari juga mempunyai sebuah Masjid terapung, selain itu juga terdapat patung raja - raja Sulawesi Selatan yang terkenal, seperti Patung Aru Palaka, Sultan Hasanuddin, dan lain sebagainya. Ada beberapa obyek wisata lain yang tersambung engan pantai Losari yaitu, Pulau Lae - Lae, Tanjung Bayang, Pulau Salamona, Pulau kayangan, dan Tanjung Merdeka.

2. Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira
Tanjung Bira adalah pantai pasir putih dengan air lautnya yang jernih, juga pasir yang bersih dan halus. Pantai ini sangat di kenal di Sulawesi Selatan. Di sini para pengunjung dapat menyaksikan sunset dan sunrise serta keindahan 2 pulau yang ada didepannya (pulau Liukang loe dan pulau Kambing) namun kedua pulau ini tidak berpenghuni. Letak Tanjung Bira kira - kira sekitar 200 KM dari pusat kota Makassar. Tersedia berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati, seperti penginapan, villa, bungalow, hotel, restaurant, dan masih banyak lagi. Terdapat pelabuhan fery yang ada di kawasan pantai, yang siap mengantar anda berwisata ke pulau Selayar.

3. Pulau Samalona
Pulau Samalona
Pulau Samalona
Pulau Samalona adalah wilayah Kota Makassar yang memiliki luas sekitar 2,34 hektar. Pulau ini merupakan objek wisata bahari yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Kawasan di pulau ini sangat cocok utuk menyelam, karena terdapat karang laut di sekeliling pulau ini yang di huni beraneka ragam biota laut  dan ikan tropis yang beraneka ragam. Pulau ini berjarak kira - kira 6,8 KM dari kota Makassar. Dengan waktu tempuh sekitar 20 - 30 menit dengan menggunakan speed boot. Terdapat beberapa penginapan sederhana yang berbentuk rumah panggung dan bisa menampung lebih kurang 20 orang.

4. Fort Rotterdam
Fort Rotterdam
Fort Rotterdam
Fort Rotterdam merupakan bangunan berbentuk Benteng yang dibangun masa kolonial Belanda. Dahulu Fort Rotterdam dibangun oleh Raja Gowa X yang pada awalnya dinamakan Benteng Ujung Pandang.  Sa'at ini Benteng Fort Rotterdam menjadi pusat kebudayaan dan seni. Terdapat beberapa ruang di dalam Fort Rotterdam yang memamerkan koleksi prasejarah seperti, naskah, sejarah, numismatic, dan etnografi. Di dalam Fort Rotterdan juga terdapat ruang tahanan yang digunakan untuk menahan Pangeran Diponegoro.

5. Air Terjun Bissapu
Air Terjun Bissapu
Air Terjun Bissapu
Tempat wisata selanjutnya yakni Air Terjun Bissapu. Air Terjun Bissapu adalah Air Terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Bantaeng. Dengan ketinggian hampir 50 meter. Berlokasi di Desa Bonto Salluang Kecamatan Bissapu kira - kira 5 KM dari kab. Bantaeng. Sulawesi Selatan.

6. Taman Purbakala Batupake
Taman Purbakala Batupake
Taman Purbakala Batupake
Taman Purbakala Batupake terdapat di Kabupaten Sinjai dan merupakan Taman Wisata Alam & budaya yg berlokasi di atas bukit, Batu Pake Gojeng ini dikenal dengan kuburan batu. Pada lokasi taman ini dilengkapi dngan sarana pendukung (Caravanning Sites) seperti tempat pemandian tua yang diyakini sebagai tempat pemandian para raja, selain itu juga renovasi rumah adat, refreshing kids dan berbagai jenis burung seperti Burung Beo, Rajawali Sumatra, Kutilang, Nuri Kalimantan, dan berbagai spesies lainnya.

7. Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung
Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung
Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung
Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung adalah Objek Wisata alam yang terletak di Kabupaten Maros, Bantimurung dan merupakan tempat admin Bermukim, Objek Wisata alam yang satu ini sangatlah menarik karena disini anda bisa menikmati air yang mengalir langsung dari gunung yang dingin, selain itu anda juga dapat melihat air terjun bantimurung yang sangat indah,

8. Tana Toraja
Tana Toraja
Tana Toraja
Tana Toraja adalah Salah Satu Kabupaten yang terdapat di sulawesi selatan dan merupakan kabupaten yang kaya akan budayanya, jika ada seseorang berasal dari keluarga bangsawan meninggal di kabupaten ini akan diadakan upacara yang di sebut Rambu Solo, yang harus anda lihat karena upacara Rambu Solo merupakan upacara langka yang cukup sulit anda temui.

9. Balla Lompoa
Balla Lompoa
Balla Lompoa
Balla Lompoa adalah sebuah situs wisata yakni berupa Rumah yang menyimpan berbagai peninggalan kerajaan gowa-tallo. Pada dasarnya balla lompoa merupakan pusat pemerintahan dari kerjaan gowa-tallo pada masa dulu, di Balla Lompoa anda dapat melihat berbagai macam peninggalan kerjaan gowa-tallo, Balla Lompoa terdapat Di Kabupaten Gowa.

10. Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin
Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin
Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin
Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin merupakan makam yang telah menjadi situs wisata di provinsi sulawesi selatan karena disini raja - raja pernah memerintah kerajaan gowa-tallo seperti Immallombassi Dg.Matawang (Sultan Hasanuddin) dan masih banyak lagi para raja yang dimakamkan disini. Makam ini berlokasi di Kabupaten Gowa.

11. Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar telah menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota Makassar. Dibuka tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan dengan luas 2,7 hektar. Di dalam Trans Studio Makassar terdapapat 21 wahana dan 4 zona permainan seperti Studio Central, Lost City, cartoon city, dan Magic Corner.

12. Taman Laut Taka Bonerate
Taman laut Taka Bonerate
Taman laut Taka Bonerate
Taman laut Taka Bonerate terletak di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Tempat wisata ini adalah surga bagi para penyelam dan bagi Anda yang menyukai snorkeling. Saat menyelam, Anda dapat berenang bersama ratusan jenis ikan, kura-kura dan penyu. Anda akan semakin betah berlama-lama menyelam karena kecantikan terumbu karang yang begitu menakjubkan di sini.

13. Malino
Malino
Malino
Malino adalah tempat wisata yang berada di dataran tinggi dan menawarkan panorama khas pegunungan. Kawasan ini berada sekitar 90 km dari pusat kota Makassar. Selama perjalanan menuju Malino, Anda akan melewati pemandangan hutan pinus dan batu kapur yang indah.

14. Danau Tempe
Danau Tempe
Danau Tempe
Danau Tempe terletak di bagian sebelah barat Kab. Wajo yang terkenal sebagai penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Disini Anda akan banyak melihat pemandangan rumah apung milik nelayan setempat dengan jala-jalanya.

Di tempat wisata ini, Anda dapat memancing atau berkeliling dengan cara menyewa perahu nelayan. Anda juga bisa membeli ikan dan sayuran yang ditanam di sekitar danau Tempe.

15. Jalan Somba Opu
Jalan Somba Opu
Jalan Somba Opu
Menikmati liburan di Sulawesi Selatan rasanya tidak lengkap bila tidak mengunjungi pusat oleh-oleh khas kota Makassar. Jalan Somba Opu ini tempatnya tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam. Di jalan ini, Anda bisa mencari oleh-oleh khas Makassar seperti kerajinan, makanan khas hingga dengan minyak gosok cap tawon.
15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Terkenal | Doni rochmat | 5