10 Wisata Terfavorit Papua yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
10 Wisata Terfavorit Papua yang Wajib Dikunjungi - Papua terletak di Indonesia timur, pulau ini memiliki keindahan alam yang cukup beragam. Daratan ataupun alam bawah laut yang menjadi surga bagi para penikmat wisata alam. Tidak hanya alamnya saja yang kaya, namun Papua juga memiliki keindahan dan keunikan budaya lokal yang masih tetap bertahan di zaman modern ini. Menjelajah Papua pastinya akan menjadi suatu pengalaman menarik yang dapat Anda ceritakan pada keluarga juga teman.Inilah 10 wisata terfavorit Papua yang harys anda kunjungi.

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman nasional mempunyai luas 1.453.500 hektar dan hampir 90% berupa perairan. Tak heran apabila Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut paling besar dan juga yang paling luas di Indonesia. Terdapat 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska.
Peresmian Taman Nasional Teluk Cenderawasih tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan.
Selain alam bawah lautnya yang eksotik untuk di nikmati, Terdapat pulau-pulau yang juga menarik untuk anda jelajahi. Seperti Pulau Mioswaar, merupakan salah satu pulau di Papua yang mempunyai gua dengan sumber air panas dan kandungan belerang yang  menarik untuk Anda kunjungi.

2. Raja Ampat Island
Raja Ampat Island
Raja Ampat Island
Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Tempat wisata di Papua yang paling menarik perhatian para wisatawan domestik dan mancanegara. Kawasan Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Misool,Waigeo, Batanta, Salawati, dan pulau kecil di sekitarnya.

Ragam biota laut serasa lengkap tersaji di Raja Ampat. Menurut laporan The Nature Conservancy, berkisar 75% spesies biota laut dunia telah ditemukan di perairan Raja Ampat. Jika anda menyelam, sekitar 1.511 jenis ikan juga penyu laut yang senantiasa menemani anda menyelam. Seru bukan? Sekedar tambahan saja, jika anda ingin menyelam di perairan Raja Ampat ini adalah pada bulan Oktober - november, karena pada bulan ini air sangat jernih dan cuaca juga sangat bagus untuk menyelam sehingga jarak pandang pada sa'at menyelam sangat jelas.
Tersedia juga berbagai macam souvenir yang dapat anda jadikan sebagai oleh - oleh.

3. Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani
Danau yang memiliki luas 9.360 hektar ini adalah danau terbesar yang ada di Papua. Letaknya sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, di Danau Sentani menawarkan berbagai keindahan yang luar biasa. Minimal ada 21 pulau yang menghiasi danau Sentani dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini mulai dari memancing, berenang, menyantap kuliner di sekitar danau hingga menyewa perahu untuk berkeliling danau. Ada juga 24 desa di sekitar tempat wisata ini yang bisa Anda kunjungi untuk berinteraksi secara langsung dengan warganya. Sederetan pemandangan rumah panggung dengan jaring ikan adalah hal yang wajar disini.

Hal menarik lainnya adalah adanya acara tahunan dengan mengadakan Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. Tempat wisata di Papua ini akan penuh dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya setempat saat festival ini. Selain bisa menikmati pertunjukan selama festival berlangsung, Anda juga dapat memuaskan lidah dan perut dengan mencicipi kuliner khas Papua yang banyak disajikan.

4. Danau Paniai
Danau Paniai
Danau Paniai
Danau Paniai tidak kalah menariknya dengan Danau Sentani. Danau ini terletak di ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut dengan luas sekitar 14.500 hektar. Ketika waktu senja, pemandangan di tempat wisata ini akan terlihat sangat cantik. Anda dapat melihat burung-burung berterbangan di atas danau, siluet tebing-tebing,  ditambah pemandangan perahu nelayan setempat yang mulai merapat untuk pulang.

Di tempat ini, Anda juga bisa memancing bersama dengan perempuan-perempuan dari suku Mee dan Moni yang biasa dipanggil ‘mama’. Danau Paniai ini merupakan salah satu danau penghasil ikan air tawar terbesar di Papua, banyak ikan yang bisa ditemukan di sini seperti ikan mas, mujaer dan nila.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di tempat wisata di Papua ini mulai dari pemandu, sewa perahu, pos jaga dan alat pancing, hingga adanya warung makan di sekitar Danau Paniai. Jika Anda ingin menikmati keindahan Danau Paniai lebih lama, bisa dengan menginap di rumah warga.

5. Lembah Baliem
Lembah Baliem
Lembah Baliem
Lembah Baliem terletak di daerah pegunungan Jayawijaya, dengan ketinggian 1.600 meter i atas permukaan laut sehingga suhu tempat ini mencapai 10 - 15 derajat Celcius sa'at malam hari. Lembah Baliem adalah tempat tinggal dari suku Dani, Lani, dan Yali yang berlokasi di sekitar Pegunungan Jayawijaya ini, jadi anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan suku yng tinggal di pegunungan.
Pada sa'at bulan agustus lembah Baliem menjadi tempat wisata yang paling menarik, karena sa'at bulan ini penduduk mengadakan festival dengan skenario yang di jalan kan.

6. Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek
Di Desa Sauwandarek anda dapat bertemu langsung dengan suku asli yang tinggal di pesisir. Desa Sauwandarek masih berlokasi di kawasan Kabupaten Raja Ampat,lebih tepatnya di Meos Mansar. Tempat tinggal suku desa sauwandarek adalah rumah tradisional terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.

Di desa sauwadarek anda dapat menyelam dan snorkeling. Selain itu, juga bisa trekking ke Telaga Yenauwyau di desa ini. Telaga ini unik karena air telaga ini asin, bukan air tawar seperti air di telaga pada umumnya. Menurut kepercayaan warga sekitar, di telaga ini terdapat penyu putih, yang barang siapa melihat penyu putih tersebut maka akan mendapat keberuntungan.

7. Pantai Bosnik
Pantai Bosnik
Pantai Bosnik
Pantai Bosnik berada 15 km dari pusat kota Biak, di hiasi dengan hamparan pasir yang luas, air yang jernih kebiruan dan juga pohon kelapa yang tumbuh berderet sehingga menjadikan pemandangan telihat lebih sempurna untuk diabadikan dengan kamera Anda. Anda dapat mengajak keluarga untuk menikmati indahnya tempat wisata di papua ini karena tempatnya yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Cukup membayar Rp. 10.000 ,- ,keindahan pantai Bosnik sudah bisa anda nikmati. Disini anda bisa bermain voli pantai ataupun menyewa saung dengan tarif Rp. 50.000 ,-, mungkin juga menikmati kuliner setempat.

8. Pantai Amai
Pantai Amai
Pantai Amai
Pantai Amai merupakan tempat wisata yang paling tepat bagi Anda yang ingin ketenangan karena pantai ini relatif sepi, tetapi bukan berarti pantai ini tak menarik. Terdapat muara sungai di ujung pantai ini, yang membuat air asin dan air tawar bertemu. Anda bisa menggunakan air tawar ini untuk membilas diri setelah selesai berenang di pantainya.
Di sini anda juga dapat bermain voli pantai, snorkeling, diving, atau sekedar bersantai di gazebo yang dapat anda sewa dengan tarif Rp. 50.000,-. Tersedia juga penginapan bergaya rumah panggung jika anda ingin menginap.

9. Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon terletak di Teluk Wondama atau sekitar 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau Rumberpon mempunyai pantai yang disebut Pantai Pasir Panjang karena garis pantainya memang sangat panjang hingga mencapai 6 km. Di sini anda bisa menyelam, berenang, snorkeling, juga memancing. jika anda ingin pengalaman yang sedikit berbeda, anda bisa mengunjungi hutan bakau yang terdapat di pesisir pulau ini, atau mungkin ke padang alang - alang untuk melihat rusa atau burung.

10. Tugu MacArthur
Tugu MacArthur
Tugu MacArthur
Tugu MacArthur adalah suatu tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yakni jenderal besar Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Tugu ini terletak di Ifar Gunung Jayapura.
Di sini, terdapat museum yang menyimpan foto-foto dan juga perjalanan sejarah militer Jenderal MacArthur. Tempat wisata Papua ini adalah saksi kejayaan jenderal besar yang menyusun strategi di beberapa perang besar. Berada pada ketinggian 325 m di atas permukaan laut.
Advertisement.
10 Wisata Terfavorit Papua yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Poskan Komentar