10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Palembang

10 Tempat Wisata Paling Menarik di Kota Palembang - Palembang adalah ibukota provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera. Dulu Palembang terkenal akan keberadaan kerajaan Sriwijaya, yakni kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara. Selain terkenal dengan makanan khas pempeknya, Palembang juga memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan kota lain yang ada di Sumatera. Berikut info tempat wisata paling menarik di Palembang.

1. Sungai Musi
Sungai Musi
Sungai Musi
Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang yang mencapai 750 Km. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian yang dulunya adalah sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi ini terdapat beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi. di antaranya Kampung Arab, restoran terapung, dan Benteng Kuto Besak.

2. Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan tempat wisata yang berupa hutan wisata. Hutan wisata ini adalah satu-satunya yang ada di Palembang dan tidak ada hutan wisata lain. Terletak sekitar 7 Km dari kota Palembang, Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan tempat wisata keluarga paling favorit di Palembang.

Memiliki luas sektiar 50 hektar, dan mempunyai fasilitas wisata yang cukup lengkap disertai juga dengan penangkaran buaya dan kebun binatang. Di sini  selain berenang, berpiknik, bermain di taman, dan bermain perahu, Anda juga bisa menyaksikan atraksi gajah dan menunggang kuda. Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan hutan pinus kota terbesar di Indonesia. Untuk biaya tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu cukup Rp. 5,000, buka jam 09.00 - 16.00.

3. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera merupakan sebuah jembatan yang telah menjadi ikon dan juga lambang kota Palembang. Di bangun tahun 1962 dan selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan Ampera ini menghubungkan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisah oleh Sungai Musi. Lebih kurang sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera terdapat sebuah pasar pusat souvenir dan makanan, sehingga dengan mudah anda bisa membeli oleh-oleh dan berwisata kuliner di sini.

4. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro ini terletak di tengah Sungai Musi, lebih kurang sekitar 6 Km dari Jembatan Ampera. Sekarang ini Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Palembang. Terdapat sebuah vihara di Pulau Kemaro yang banyak dikunjungi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Anda juga akan menemui sebuah makam dari seorang putri Palembang. Putri ini memiliki cerita tersendiri, Putri Palembang menikah dengan putra raja dari China dengan mas kawin 9 guci emas, tapi pada akhirnya pasangan ini menerjunkamn diri ke sungai an akhirnya tenggelam.

5. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan sebuah masjid terbesar di kota Palembang. Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah gabungan arsitektur Indonesia, China, dan, Eropa. Masjid Agung Sultan Mahmud Baaruddin ini adalah tempat yang sangat cocok untuk wisata budaya dan religi di Palembang. Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Anda bisa menjumpai 2 pasar yang menawarkan berbagai macam souvenir, kerajinan kayu, makanan, dan kain tenun.

6. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak merupakan bangunan kebanggan kota Palembang. Berbahan batu dan berdiri kokoh, Benteng Kuto Besak adalah saksi perjuangan melawan penjajah. Dari Benteng Kuto Besak, Anda bisa melihat banyak kapal yang berlayar di Sungai Musi. Benteng Kuto Besak merupakan salah satu obyek wisata di Palembang yang telah menjadi ikon unik karena keindahan yang ditawarkan, terlebih pada sa'at sore hari.

7. Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak adalah salah satu peninggalan sejarah sejak masa penjajahan Belanda. Dulu, Taman Kambang Iwak dipergunakan untuk tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di area sekitar Taman Kambang Iwak. Dan sekarang ini,

Taman Kambang Iwak merupakan salah satu obyek wisata di Palembang yang paling disukai. Banyak orang yang beraktifitas sa'at pagi hari di sini, berlari pagi di taman ini, berkeliling kolam dengan panjang yang lebih dari 800 meter. Selain mempunyai berbagai fasilitas permainan, Taman Kambang Iwak juga memiliki banyak restoran yang cocok dan menyenangkan untuk berkumpul anak muda.

8. Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah terletak di kota Pagar Alam dan merupakan salah satu obyek wisata alam paling terkenal di Palembang. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter, walaupun tak terlalu tinggi, air terjun ini memiliki lingkungan sekitar yang masih asri sehingga pengunjung betah berlama - lama disini karena pemandangan dan suasana yang sejuk dan mengasyikkan.

Di setiap perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah, anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah pula, jadi ana tak akan bosan sa'at perjalanan menuju air terjun. Biaya masuk Air Terjun Lematang Indah hanya Rp. 4000,-.

9. Gelora Sriwijaya
Gelora Sriwijaya
Gelora Sriwijaya
Gelora Sriwijaya merupakan sebuah stadion sepak bola terbesar ke 3 di Indonesia dengan kapasitas pengunjung 40,000 orang. Selain besar, Gelora Sriwijaya diakui sebagai stadion yang berkelas internasional. Gelora Sriwijaya merupakan bangunan kebanggaan kota Palembang. Saat ini Gelora Sriwijaya dipakai oleh Sriwijaya FC untuk markas dan tempat pertandingan sepak bola. Gelora Sriwijaya juga sering digunakan sebagai tempat untuk acara - acara tertentu karena luas dan juga kapasitas yang besar.

10. Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho merupakan masjid unik dan tiada duanya. Kenapa? karena Masjid Cheng Ho memiliki nuansa khas budaya China. Sa'at ini, Masjid Cheng Ho tak hanya sekedar tempat untuk ibadah, tetapi sudah menjadi salah satu obyek wisata terfavorit di Palembang. Para pengunjung Masjid Cheng Ho tak hanya dari wilayah Palembang saja, melainkan  dari Medan, Malaysia, Jakarta, Taiwan, dan Singapura.