Lokasi dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas - Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah tapi ingin mencari suasana wisata baru, maka bisa berkunjung ke Curug Jenggala yang ada di Kabupaten Banyumas. Ya, curug ini tengah ramai diperbincangkan di sosial media terutama instagram. Tidak hanya pemandangan air terjunnya yang indah, namun daya tarik Curug Jenggala ini juga karena adanya Gimmick kekinian yang ada di lokasi air terjun.

Curug Jenggala memiliki pemandangan yang masih asri dan alami dengan suasana segar sehingga cocok untuk melepas penat dari keramaian kota. Selain itu, untuk menambah daya tarik wisatawan, pengelola Curug Jenggala juga memberikan spot selfie yang bagus dan unik berupa altar cinta yang berada tepat di depan air terjun. Nama lain Curug Jenggala ini adalah Curug Tempuan karena merupakan tempat pertemuan aliran 3 sungai. Curug dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memang menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat berkunjung ke Banyumas.
Curug Jenggala Banyumas
Curug Jenggala Banyumas

Lokasi Curug Jenggala

Mungkin bagi sebagian wisatawan, nama Curug Jenggala ini masih terdengar asing di telinga. Ya, memang karena tempat ini termasuk wisata baru di Banyumas. Selain itu, Banyumas juga belum seterkenal Jogja, Magelang atau Kebumen yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Namun, bukan berarti banyumas tidak punya spot-spot wisata yang indah ya. Sebenarnya ada banyak tempat indah di Banyumas, hanya saja belum terekspos dan dikembangkan secara maksimal.

Lokasi Curug Jenggala berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Baturaden karena masih satu kawasan di lahan Perhutani KPH Banyumas Timur.

Selain Curug Jenggala, masih ada beberapa Curug atau air terjun yang bisa anda jumpai di Dusun Kalipagu yaitu Curug Bayan, Curug Gedhe dan Curug Penganten. Namun yang paling populer adalah Curug Jenggala

Kunjungi juga: 5 Tempat Wisata Populer di Baturaden

Akses dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Akses menuju ke Curug Jenggala cukup mudah mengingat lokasinya yang tidak berada jauh dari Taman Wisata Baturaden. Jadi untuk rutenya menuju ke arah Baturaden lalu ikuti arah ke Curug Bayan. Nanti disana akan ada sebuah Homestay yang sebelhnya ada jalan cukup sempit dan menanjak. Ikuti saja jalan tersebut hingga menjumpai plang-plang atau penunjuk jalan menuju Curug jenggala.

Setelah tiba di lokasi parkir yang disediakan warga setempat, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter. Jalannya masih tanah yang jika musim hujan berlumpur atau becek, disarankan memakai sandal gunung agar lebih nyaman.

Peta lokasi Curug Jenggala :

Selfie Deck di Curug Jenggala

Saat berlibur ke Curug Jenggala, jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda di selfie deck yang berlambang hati. Suasana romantis akan terasa saat berfoto di selfie deck. Selain itu, suara gemuruh air terjun ditambah rindangnya pepohonan yang masih alami semakin membuat syahdunya suasana. Selfie deck berlambang hati ini, seolah-olah menjadi tempat wajib saat berkunjung ke Curug Jenggala.
Lokasi Curug Jenggala Banyumas
Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Fasilitas di Curug Jenggala

Mengingat Curug Jenggala masih terbilang wisata baru, maka beberapa fasilitas penunjang wisata belum semuanya tersedia. Selain akses jalan yang perlu dikembangkan, minimnya pedagang yang menjajakan makanan membuat pengunjung juga harus repot membawa bekal. Curug Jenggala mungkin akan terus dikembangkan sehingga kedepannya akan memiliki fasilitas yang lengkap.

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala Banyumas

Untuk bisa masuk ke kawasan lokasi Curug Jenggala, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi masuk Rp 5000 per orang dan biaya parkir sepeda motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000.
Curug Jenggala Banyumas yang Alami
Curug Jenggala Banyumas yang Alami

Tips Berwisata ke Curug Jenggala

  • Jangan lupa membawa uang yang cukup ya.
  • Ada baiknya membawa bekal dari rumah, karena di lokasi Curug Jenggala masih minim warung makanan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan aman karena jalur menuju Curug lumayan jauh dan cukup menanjak.

Posting Komentar untuk "Lokasi dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas"